10 Pemain yang Cetak Hattrick di Pekan Perdana Premier League

Ada bintang Chelsea, Liverpool, dan Manchester United

Pertandingan Premier League memang dinantikan banyak fans sepak bola. Pasalnya, selain menampilkan sejumlah klub top, kompetisi teratas di Liga Inggris tersebut juga menyuguhkan aksi banyak pemain hebat. Tidak sedikit nama populer yang memilih membela klub seperti Arsenal, Chelsea, Liverpool, Manchester City, atau Manchester United.

Pekan perdana Premier League biasanya dimulai pada bulan Agustus setiap musimnya. Meski baru permulaan, minggu pertama kompetisi ini tidak jarang menghadirkan suguhan spektakuler, termasuk pemain yang membuat hattrick untuk timnya. Ini sederet pemain yang sukses mencetak tiga gol di pekan pertama Premier League.

1. Micky Quinn

10 Pemain yang Cetak Hattrick di Pekan Perdana Premier LeagueMicky Quinn (ccfc.co.uk)

Micky Quinn adalah pemain pertama yang membuat hattrick pada pembukaan musim Premier League. Ia mencetak tiga gol kemenangan mengejutkan Coventry City atas Arsenal tanggal 14 Agustus 1993 silam. Hebatnya, hasil tersebut diraih di Stadion Highbury, markas lawas The Gunners.

2. Matthew Le Tissier

10 Pemain yang Cetak Hattrick di Pekan Perdana Premier LeagueMatthew Le Tissier (southamptonfc.com)

Matthew Le Tissier memborong tiga gol saat timnya, Southampton, meladeni Nottingham Forest di pekan perdana Premier League 1995/1996. Sayangnya, lesakan mantan gelandang Timnas Inggris ini gagal menyelematkan timnya dari kekalahan. Saat itu, The Saints dipaksa menyerah dengan skor tipis 3-4 di kandang sendiri.

3. Kevin Campbell

10 Pemain yang Cetak Hattrick di Pekan Perdana Premier LeagueKevin Campbell (twitter.com/Arsenal)

Ada dua pemain yang membuat hattrick pada pekan perdana Premier League 1996/1997, salah satunya Kevin Campbell. Ia menciptakan semua gol kemenangan Nottingham Forest 3-0 atas Coventry City. Sayangnya, mantan penyerang Arsenal ini gagal menolong Forest dari jeratan degradasi di akhir musim.

4. Fabrizio Ravanelli

10 Pemain yang Cetak Hattrick di Pekan Perdana Premier LeagueFabrizio Ravanelli (premierleague.com)

Pemain lainnya yang juga membuat trigol pada pekan pertama Premier League 1996/1997 adalah Fabrizio Ravanelli. Striker dengan rambut keperakan ini memborong tiga gol Middlesbrough saat imbang 3-3 kontra Liverpool. Apesnya, ia pun gagal menyelamatkan The Boro dari jurang degradasi.

5. Dion Dublin

10 Pemain yang Cetak Hattrick di Pekan Perdana Premier LeagueDion Dublin (ccfc.co.uk)

Dion Dublin mereplikasi pencapaian Mick Quinn pada pekan perdana Premier League 1997/1998. Saat itu, ia mencetak tiga gol saat Coventry City mengalahkan Chelsea 3-2 di Highfield Road. Salah satu golnya dihasilkan melalui sepakan setengah voli yang indah ke gawang The Blues yang dijaga Ed de Goey.

Baca Juga: Gustavo Almeida, Pencetak Hattrick Pertama di Liga 1 2023/2024 

6. Gabriel Agbonlahor

10 Pemain yang Cetak Hattrick di Pekan Perdana Premier LeagueGabriel Agbonlahor (twitter.com/AVFCOfficial)

Setelah Dion Dublin, butuh waktu lama untuk melihat pemain lainnya mencetak hattrick di pekan pertama Premier League. Gabriel Agbonlahor melakukannya saat membela Aston Villa melawan Manchester City pada 17 Agustus 2008. Kala itu, tiga golnya membantu The Villans menang dengan skor 4-2.

7. Didier Drogba

10 Pemain yang Cetak Hattrick di Pekan Perdana Premier LeagueDidier Drogba (twitter.com/chelseafc)

Chelsea tampil superior ketika menghadapi West Bromwich Albion pada minggu pertama Premier League 2010/2011. Saat itu, The Blues menghancurkan lawannya dengan skor telak 6-0 di Stamford Bridge. Didier Drogba menjadi pahlawan pasukan London Biru setelah melesakkan tiga gol.

8. Raheem Sterling

10 Pemain yang Cetak Hattrick di Pekan Perdana Premier LeagueRaheem Sterling (twitter.com/championsleague)

Sebagai juara bertahan, Manchester City mengawali Premier League 2019/2020 dengan meyakinkan. The Sky Blues melumat West Ham United 5-0 di kandang lawan. Saat itu, Raheem Sterling tampil dominan setelah menyumbangkan tiga gol dan semuanya dihasilkan pada babak kedua.

9. Mohamed Salah

10 Pemain yang Cetak Hattrick di Pekan Perdana Premier LeagueMohamed Salah (twitter.com/ChampionsLeague)

Mohamed Salah membuat hattrick ketika Liverpool menaklukkan Leeds United pada minggu pertama Premier League 2020/2021. Dua dari tiga gol pemain berpaspor Mesir ini dihasilkan dari titik putih. Saat itu, The Reds berhasil mengalahkan tamunya dengan skor ketat 4-3.

10. Bruno Fernandes

10 Pemain yang Cetak Hattrick di Pekan Perdana Premier LeagueBruno Fernandes (twitter.com/ChampionsLeague)

Bruno Fernandes juga menciptakan trigol pada pekan pertama Premier League. Ia melakukannya saat Manchester United membantai Leeds United 5-1 pada 14 Agustus 2021. Itu sekaligus menjadikannya sebagai pemain Portugal keempat yang mencetak hattrick di Premier League setelah Cristiano Ronaldo, Diogo Jota, dan Bernardo Silva.

Membuat tiga gol dalam satu pertandingan di kompetisi sekelas Premier League memang bukan perkara yang gampang. Selain kualitas pemain dan tim, tentu saja dibutuhkan faktor keberuntungan. Jadi, siapa pemain spesial lainnya yang bisa mengikuti jejak nama-nama di atas?

Baca Juga: Hubungan Bruno Fernandes dan Maguire Tetap Harmonis

Binar Photo Verified Writer Binar

Penggemar Radiohead dan kopi

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya