5 Pemain Liverpool yang Didatangkan Langsung dari Fulham

Ada yang sukses, ada juga yang gagal

Liverpool dan Fulham secara tradisi bukan musuh bebuyutan di pentas Liga Inggris. Jadi, tidak heran banyak pemain The Cottagers, julukan Fulham, yang menyeberang ke The Reds, sebutan Liverpool. Begitu pula sebaliknya.

Sejak kompetisi Premier League masih memakai nama Football League First Division, Liverpool memang sudah kerap meminang pesepak bola Fulham. Ada yang sukses, ada juga yang kurang berkembang. Berikut pemain Fulham yang pindah langsung ke Liverpool.

1. Richard Money raih titel Eropa bareng Liverpool

5 Pemain Liverpool yang Didatangkan Langsung dari FulhamRichard Money (canaries.co.uk)

Richard Money datang ke Fulham pada November 1977 setelah bermain gemilang untuk Scunthorpe United. Bersama klub London Barat itu, ia juga tampil solid dan membuatnya dipanggil Timnas Inggris B. Setelah memainkan 106 pertandingan liga untuk The Cottagers, Money memutuskan hengkang ke Liverpool pada Mei 1980.

Bersama The Reds, sayangnya performa Money cenderung menurun. Meski demikian, ia menjadi anggota Liverpool ketika menjuarai European Cup 1980/1981 (sekarang UEFA Champions League). Saat ini, Money berprofesi sebagai pelatih dan sempat membesut Luton Town, Cambridge United, dan Hartlepool United.

2. Steve Finnan banjir trofi bersama The Reds

5 Pemain Liverpool yang Didatangkan Langsung dari FulhamSteve Finnan (liverpoolfc.com)

Steve Finnan dipinang Fulham pada November 1998 setelah tampil gemilang bersama Notts County. Bek asal Irlandia itu langsung menjadi andalan lini belakang The Cottagers. Ia memainkan 172 pertandingan di liga domestik dan sempat mempersembahkan trofi UEFA Intertoto Cup 2002 untuk timnya.

Setelah lima musim membela Fulham, Finnan menerima pinangan Liverpool pada musim panas 2003. Bersama The Reds, ia mampu mengumpulkan lebih banyak trofi. Yang paling diingat tentu saja gelar UEFA Champions League 2004/2005 yang diikuti trofi UEFA Super Cup 2005.

Baca Juga: 4 Bek Liverpool yang Sudah Mencetak Gol pada 2023/2024

3. Paul Konchesky gagal berkembang di Anfield

5 Pemain Liverpool yang Didatangkan Langsung dari FulhamPaul Konchesky (gillinghamfootballclub.com)

Nama Paul Konchesky mungkin kurang populer, tetapi tidak dengan fans Fulham. Ia menjadi bagian integral klub tersebut sejak menginjakkan kaki pada 2007. Membela The Cottagers selama tiga musim, bek kiri asal Inggris ini sempat membawa klubnya lolos ke final UEFA Europa League 2009/2010.

Selepas Fulham, Konchesky mendarat di Liverpool pada Agustus 2010. Sayangnya, ia gagal bersaing menembus tim inti The Reds. Cuma bertahan semusim dan memainkan 15 pertandingan Premier League, Konchesky dipinjamkan ke Nottingham Forest sebelum akhirnya dilepas permanen ke Leicester City.

4. Harvey Elliott sudah moncer meski masih belia

5 Pemain Liverpool yang Didatangkan Langsung dari FulhamHarvey Elliott (liverpoolfc.com)

Harvey Elliot merupakan jebolan akademi Fulham. Ia melakukan debut untuk tim utama Fulham di putaran ketiga EFL melawan Millwall pada September 2018 ketika masih 15 tahun. Sementara itu, debutnya di Premier League terjadi pada Mei 2019 saat menghadapi Wolverhampton di usia 16 tahun 30 hari.

Dianggap punya masa depan cerah, Liverpool datang meminang Elliott pada Juli 2019. Perlahan tetapi pasti, ia mendapatkan kepercayaan pelatih Jurgen Klopp mengisi sayap kanan The Reds. Sejauh ini, Elliott sudah memenangkan EFL Cup, FA Community Shield, UEFA Super Cup, dan FIFA Club World Cup bersama Liverpool.

5. Fabio Carvalho perlu usaha keras menembus tim utama Liverpool

5 Pemain Liverpool yang Didatangkan Langsung dari FulhamFabio Carvalho (instagram.com/_fabio.10)

Fabio Carvalho merupakan penyerang asal Portugal yang bergabung dengan akademi Fulham pada 2015. Lima tahun kemudian, ia dipanggil ke tim utama dan merasakan turun di Premier League. Penampilannya semakin berkembang saat Fulham menjuarai Divisi Championship 2021/2022, yang membuat Liverpool kepincut.

Pemain kelahiran 2002 ini setuju pindah ke Anfield pada Mei 2022. Sayangnya, mungkin karena masih berusia muda dan minim pengalaman, Carvalho lebih sering menjadi penghangat bangku cadangan. Pada Juni 2023, manajemen The Reds memutuskan meminjamkannya ke RB Leipzig.

Seperti kebanyakan klub papan tengah lainnya, pemain Fulham memang sering menjadi incaran tim besar, termasuk Liverpool. Biasanya, yang dilirik adalah mereka yang masih berusia muda. Siapa lagi pesepak bola The Cottagers yang pindah ke Anfield?

Baca Juga: Fulham Cetak 16 Gol dalam 4 Laga Terakhir di EPL 2023/2024, Kok Bisa?

Binar Photo Verified Writer Binar

Suka Radiohead

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya