8 Pemain Newcastle United yang Didatangkan dari Chelsea

Ada yang sudah sukses, ada juga yang terbuang

Meski sama-sama bermain di Premier League, secara tradisi, Newcastle United dan Chelsea bukan rival utama. The Magpies, julukan Newcastle United, punya lawan utama Sunderland, sedangkan The Blues memiliki persaingan sengit dengan sesama klub London. Tidak heran kedua tim ini cukup "bersahabat", terutama dalam hal transfer.

Banyak pemain Newcastle United yang didatangkan dari Chelsea, baik secara permanen maupun pinjaman. Rata-rata mereka mampu tampil reguler di St James Park, kandang Newcastle United, walau berlangsung singkat. Ini deretan pemain Newcastle United yang ditransfer dari klub London Biru.

1. Lewis Hall sudah mencetak gol untuk Newcastle United

8 Pemain Newcastle United yang Didatangkan dari ChelseaLewis Hall (instagram.com/lewishall_10)

Lewis Hall adalah salah satu pemain baru Newcastle United yang dipinjam dari Chelsea pada Agustus 2023. Ia melakukan debut untuk The Magpies ketika menghadapi Sheffield United pada 24 September 2023. Sementara itu, gol perdanya lahir saat mengalahkan Manchester United 3-0 pada ajang EFL Cup.

2. Christian Atsu awalnya cuma berstatus pinjaman

8 Pemain Newcastle United yang Didatangkan dari ChelseaChristian Atsu (instagram.com/chris_atsu)

Christian Atsu didatangkan Chelsea dari Porto pada September 2013. Sayangnya, ia gagal menembus skuad utama dan lebih sering dipinjamkan, salah satunya ke Newcastle United. Mampu membawa The Magpies menjuarai EFL Cup 2016/2017, pemain kelahiran Ghana ini akhirnya dikontrak permanen dan bertahan di St James Park hingga 2021.

3. Kenedy juga dipinjam dari klub London

8 Pemain Newcastle United yang Didatangkan dari ChelseaKenedy (twitter.com/NUFC)

Nasib Kenedy mirip dengan Christian Atsu. Dibeli Chelsea dari Fluminense pada 2015, winger asal Brasil ini gagal tampil reguler. Ia pun lebih sering dipinjamkan, termasuk ke Newcastle United pada Januari 2018. Selama membela The Magpies, Kenedy menggelontorkan 3 gol dalam 38 pertandingan Premier League.

4. Patrick van Aanholt menjadi pengganti Jose Enrique yang cedera

8 Pemain Newcastle United yang Didatangkan dari ChelseaPatrick van Aanholt (instagram.com/patrickvanaanholt)

Populer sebagai pemain Crystal Palace, Patrick van Aanholt ternyata merupakan jebolan akademi Chelsea dan dipanggil tim senior pada 2009. Namun, ia gagal bersaing dan akhirnya kerap dipinjamkan. Salah satu yang sempat memakai jasanya adalah Newcastle United yang meminjamnya selama sebulan karena Jose Enrique cedera.

Baca Juga: Kontribusi 4 Penggawa Baru Newcastle United pada Awal 2023/2024

5. Geremi Njitap sempat menjuarai Premier League bareng Chelsea

8 Pemain Newcastle United yang Didatangkan dari ChelseaGeremi Njitap (fifpro.org)

Sering dipanggil Geremi saja, pemain asal Kamerun ini pernah memperkuat Chelsea pada 2003–2007. Ia menjadi bagian The Blues yang merajai Premier League 2004/2005 dan 2005/2006. Selepas itu, mantan pemain Real Madrid ini melanjutkan karier di Newcastle United dan sempat merebut Football League Championship 2009/2010.

6. Damien Duff pernah merebut Intertoto Cup bersama Newcastle United

8 Pemain Newcastle United yang Didatangkan dari ChelseaDamien Duff (twitter.com/ChelseaFC)

Seperti Geremi, Damien Duff juga menjadi anggota Chelsea yang menjuarai Premier League 2004/2005 dan 2005/2006. Setelah itu, pemain sayap asal Irlandia ini hengkang ke Newcastle United pada Juli 2006. Sempat merebut trofi Intertoto Cup 2006, Duff sayangnya harus menjadi bagian The Magpies yang terdegradasi pada 2008/2009.

7. Scott Parker akhirnya menjadi bintang di West Ham United

8 Pemain Newcastle United yang Didatangkan dari ChelseaScott Parker (twitter.com/WestHam)

Scott Parker didatangkan Chelsea dari Charlton Athletic pada Januari 2004. Sayangnya, kariernya bersama The Blues tidak berlangsung lama karena dilego ke Newcastle pada Juli 2005. Setelah membawa The Magpies menjuarai Intertoto Cup 2006, Parker pindah ke West Ham United dan menjadi bintang di klub berjuluk The Hammers tersebut.

8. Celestine Babayaro raih banyak trofi selama membela The Blues

8 Pemain Newcastle United yang Didatangkan dari ChelseaCelestine Babayaro (chelseafc.com)

Celestine Babayaro cukup lama membela Chelsea, yakni pada 1997–2005. Selama kurun waktu tersebut, ia memenangi UEFA Cup Winners' Cup, UEFA Super Cup, FA Cup, dan FA Charity Shield. Setelah mengabdi di London, pemain asal Nigeria ini hengkang ke Newcastle dan bertahan di klub tersebut hingga Januari 2008.

Selain Chelsea, Newcastle United juga kerap menjadi pelabuhan berikutnya bagi pemain buangan klub Premier League lainnya, termasuk Manchester United. Namun, sejak diakuisisi oleh Saudi Arabia Public Investment Fund, mereka sekarang menjadi klub kaya dan sering mendatangkan pemain mahal. Ke depan, apakah masih ada pesepak bola Chelsea yang akhirnya juga berseragam The Magpies?

Baca Juga: Sinyal Chelsea Bangkit Mulai Terlihat Usai Imbangi ManCity

Binar Photo Verified Writer Binar

Penggemar Radiohead dan kopi

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya