Kontribusi 4 Penggawa Baru Newcastle United pada Awal 2023/2024

Ada yang berstatus sebagai pinjaman

Newcastle United sukses berada di peringkat keempat di English Premier League (EPL) 2022/2023. Ini membuat mereka berhak untuk mentas lagi di Liga Champions Eropa setelah penantian kurang lebih selama 20 tahun. Meski telah menjelma sebagai tim kaya raya setelah berhasil diakuisisi oleh Public Invesment Fund (PIF), The Magpies tidak terlalu jor-joran mengubah skuad pada musim panas 2023 yang lalu.

Newcastle United hanya mendatangkan beberapa penggawa baru pada musim panas 2023 yang lalu. Tim asuhan Eddie Howe ini percaya dengan komposisi skuad yang ada untuk mengarungi ketatnya kompetisi 2023/2024. Siapa saja tenaga baru yang dimaksud dan seperti apa kinerjanya pada awal musim untuk The Magpies? Berikut ulasannya!

1. Sandro Tonali tersandung kasus perjudian

Kontribusi 4 Penggawa Baru Newcastle United pada Awal 2023/2024Sandro Tonali (nufc.co.uk)

Sandro Tonali membuat keputusan yang mengejutkan setelah meninggalkan AC Milan dan setuju untuk berseragam Newcastle United pada musim panas 2023. Gelandang bertahan ini telah menandatangani kontrak jangka panjang hingga 2028 untuk bertahan di St James' Park. Kehadirannya tentu menambah kekuatan lini tengah dan membantu area pertahanan dari The Magpies.

Benar saja, Sandro Tonali sering mendapat kepercayaan dari Eddie Howe untuk turun jadi starter Newcastle United pada 2023/2024. Selain gelandang bertahan, dirinya juga beberapa kali ditugaskan sebagai gelandang tengah The Magpies. Meski telah menjadi bagian penting tim, dia harus absen selama 10 bulan setelah terbukti terlibat kasus perjudian. Hal tersebut tentu menghambat perkembangan kariernya. Sampai pekan ke-11, Tonali sudah berkontribusi dalam 12 pertandingan dengan menyumbang 1 gol di berbagai kompetisi.

2. Harvey Barnes tengah mengalami cedera kaki

https://www.youtube.com/embed/aE_TQ-Lvb9Q

Harvey Barnes gagal menyelamatkan Leicester City dari jurang degradasi EPL 2022/2023. Hal tersebut membuat namanya menjadi incaran beberapa tim pada musim panas 2023. Penyerang sayap kelahiran Burnley ini lantas setuju untuk menerima tawaran dari Newcastle United. Dirinya dianggap sebagai rekrutan penting sehingga langsung dipagari kontrak jangka panjang sampai 2028 untuk bertahan di St James' Park.

Harvey Barnes ternyata kesulitan mendapat kesempatan secara reguler bersama Newcastle United pada 2023/2024. Dirinya lebih sering memulai pertandingan dari bangku cadangan. Penyerang sayap ini juga tengah mengalami cedera kaki sehingga membuatnya makin tersisih dari skuad utama The Magpies. Hingga minggu ke-11, pesepak bola 25 tahun ini sudah tampil dalam 7 laga dengan mengukir 1 gol dan 1 assist di berbagai kompetisi.

Baca Juga: FIFA Pastikan Sandro Tonali Langsung Dihukum 10 Bulan

3. Tino Livramento sering jadi pelapis Kieran Trippier di sisi kanan pertahanan Newcastle United

https://www.youtube.com/embed/Rmx_tav0DVs

Tino Livramento mampu menunjukkan performa menjanjikan ketika masih berseragam Southampton. Namun, dia gagal menyelamatkan The Saints dari degradasi EPL 2022/2023. Ini membuatnya jadi target beberapa tim pada musim panas 2023. Bek kanan 20 tahun ini kemudian memilih melanjutkan karier dengan membela Newcastle United. Dirinya setuju untuk menandatangani kontrak jangka panjang sampai 2028 bersama The Magpies.

Tino Livramento sulit menembus ketatnya persaingan skuad utama Newcastle United pada 2023/2024. Sejauh ini, dia kalah bersaing dengan Kieran Trippier untuk menjaga sisi kanan pertahanan The Magpies. Ini membuat Livramento menjadi minim kontribusi terhadap tim. Sampai pekan ke-11, dirinya dimainkan oleh Eddie Howe dalam 8 pertandingan dengan mencetak 1 assist di berbagai ajang.

4. Lewis Hall lebih sering duduk di bangku cadangan Newcastle United

Kontribusi 4 Penggawa Baru Newcastle United pada Awal 2023/2024Lewis Hall (nufc.co.uk)

Lewis Hall kesulitan menembus skuad utama Chelsea sehingga dipinjamkan ke Newcastle United pada musim panas 2023. Pemain kebangsaan Inggris ini rencananya akan membela The Magpies hingga 2024 dengan opsi pembelian. Dirinya diproyeksikan untuk menambah kedalaman kekuatan di area pertahanan tim.

Lewis Hall ternyata lebih sering mengisi bangku cadangan dari Newcastle United pada 2023/2024. Sejauh ini, dia menjalankan peran sebagai pelapis dari Dan Burn untuk memperkuat sisi kiri pertahanan The Magpies. Ini membuatnya mendapat menit bermain yang sedikit. Sampai pekan ke-11, Hall baru tampil dalam 4 pertandingan dengan menyumbang 1 gol.

Keempat penggawa baru Newcastle United di atas telah menunjukkan kontribusi pada awal 2023/2024. Kehadiran mereka mampu menambah kekuatan di beberapa posisi sehingga memudahkan Eddie Howe untuk meracik strategi. Sebenarnya, The Magpies juga membeli Yankuba Minteh pada musim panas 2023 yang lalu. Namun, penyerang kebangsaan Gambia ini langsung dipinjamkan ke Feyenoord Rotterdam demi mendapat jam terbang.

Baca Juga: 3 Catatan Unik dari Kemenangan Dortmund Atas Newcastle

Tio Wahyu Utomo Photo Verified Writer Tio Wahyu Utomo

Kursi bisa mengakibatkan celana menjadi basah saat duduk, karena kursi adalah benda chair.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya