5 Perbedaan Prediksi Juara Piala Dunia 2022 oleh Beragam Platform

Siapa yang paling diunggulkan?

Piala Dunia 2022 Qatar sudah berlangsung mulai tanggal 20 November hingga 18 Desember 2022. Turnamen sepak bola empat tahunan tersebut kali ini dihelat di Qatar, sekaligus kali kedua Benua Asia menjadi tuan rumah setelah Jepang dan Korea Selatan pada tahun 2002.

Seperti edisi-edisi sebelumnya, sejumlah prediksi muncul untuk menentukan siapa yang akan meraih trofi Piala Dunia 2022. Ada yang memakai data statistik, simulasi game, dan ada pula yang berdasarkan nilai pemain. Siapa yang paling diunggulkan lewat prediksi juara Piala Dunia 2022 oleh berbagai platform ini?

1. BCA Research 

5 Perbedaan Prediksi Juara Piala Dunia 2022 oleh Beragam PlatformTimnas Argentina (twitter.com/intchampionscup)

Sebuah lembaga penelitian bernama BCA Research membuat prediksi pemenang Piala Dunia 2022 berdasarkan simulasi di sistem superkomputer. Hasilnya, Lionel Messi dkk. bakal membawa Timnas Argentina menjadi juara sekaligus titel ketiga mereka setelah Piala Dunia 1978 dan 1986.

Dilansir As, BCA Research mendasarkan hasil turnamen pada statistik pemain dari simulasi pertandingan di game FIFA 23. Mereka juga mengambil sampel 192 pertandingan fase grup dan 64 fase sistem gugur yang dimainkan dalam empat Piala Dunia terakhir.

2. EA Sports 

5 Perbedaan Prediksi Juara Piala Dunia 2022 oleh Beragam PlatformTimnas Argentina (twitter.com/fifaworldcup)

Senada dengan BCA Research, EA Sports sebagai game pengembang FIFA 23 juga memperkirakan Argentina akan menjuarai Piala Dunia 2022. Mereka memakai teknologi HyperMotion2 dan peringkat khusus Piala Dunia FIFA 2022 dalam mode Kick-Off dan Turnamen FIFA World Cup untuk simulasi 64 pertandingan.

Tidak cuma juara, EA Sports juga berani mengatakan bahwa Brasil akan menjadi runner-up turnamen, sementara Prancis bakal menduduki peringkat ketiga. Sekadar informasi, EA Sports memprediksi dengan tepat pemenang Piala Dunia edisi 2010, 2014, dan 2018. Bagaimana dengan tebakan mereka kali ini?

Baca Juga: Prediksi Juara Piala Dunia 2022 versi EA Sports, Argentina Pemenangnya

3. Opta 

5 Perbedaan Prediksi Juara Piala Dunia 2022 oleh Beragam PlatformTimnas Brazil Piala Dunia 2002 (twitter.com/fifaworldcup)

Berbeda dengan dua prediksi sebelumnya, Opta, perusahaan analisis data olahraga di Inggris, menyebutkan bahwa Brazil akan keluar sebagai juara dunia 2022. Dilansir BBC, Tim Samba memiliki peluang 15,8 persen menggondol trofi, disusul Argentina dan Prancis.

Model prediksi memperkirakan probabilitas setiap hasil laga menggunakan peluang pasar taruhan dan peringkat tim Stats Perform. Model kemudian mempertimbangkan kekuatan lawan dan kesulitan jalur masing-masing tim ke partai final menggunakan probabilitas hasil pertandingan.

4. CIES Football Observatory 

5 Perbedaan Prediksi Juara Piala Dunia 2022 oleh Beragam PlatformTimnas Spanyol Piala Dunia 2010 (twitter.com/fifaworldcup)

CIES Football Observatory, grup riset yang menganalisis statistik sepak bola, juga memberikan prediksi mereka tentang siapa yang bakal merajai Piala Dunia 2022. Hasilnya, seperti dikutip situs resmi CIES Football Observatory, mereka menjagokan Spanyol untuk mengangkat trofi Piala Dunia 2022 lewat mengungguli Brazil.

CIES memakai exclusive power index untuk menentukan pemenang. Indeks ini menilai persentase rata-rata partai yang dimainkan di tingkat liga domestik sejak Juli 2017 oleh 23 pemain yang paling banyak diturunkan negara selama kualifikasi. Hasilnya, pemain Spanyol rata-rata memainkan 81,1 persen pertandingan.

5. Lloyd's of London 

5 Perbedaan Prediksi Juara Piala Dunia 2022 oleh Beragam PlatformTimnas Inggris (twitter.com/england)

Semua orang memang boleh membuat prediksi sepak bola, demikian juga dengan ekonom. Nah, Lloyd's of London, pasar untuk solusi risiko perusahaan, memperkirakan Inggris akan memenangkan Piala Dunia 2022. Sebelumnya, mereka menebak dengan tepat juara Piala Dunia 2014 dan 2018.

Dikutip Forbes, Lloyd's of London mendasarkan prediksinya pada nilai yang dapat diasuransikan dari setiap pemain. Apakah kali ini tebakan mereka kembali tepat?

Prediksi Piala Dunia memang sah-sah saja dan dapat dilakukan oleh siapa saja. Menurutmu, siapa yang akhirnya pulang sebagai juara Piala Dunia 2022 Qatar?

Baca Juga: 5 Peserta Piala Dunia 2022 dengan Pengalaman Minim di Piala Dunia

Binar Photo Verified Writer Binar

Penggemar Radiohead dan kopi

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya