5 Kiper Belgia yang Berkiprah di Luar Negeri pada 2022/2023

Salah satunya jadi andalan Timnas Belgia

Tim Nasional Belgia memasuki masa-masa keemasannya dalam 1 dekade terakhir. Negara dari Eropa Barat ini juga selalu ikut serta di Piala Dunia dalam tiga edisi berturut-turut (2014, 2018, dan 2022). 

Penampilan impresif Belgia tentu tidak dapat dilepaskan dari peran pemain andalannya. Meskipun tidak sebanyak pemain di posisi lain, tetapi beberapa kiper asal Belgia juga mampu bersaing di klub besar Eropa saat ini. 

Berikut lima kiper Belgia yang berkiprah di luar negeri pada 2022/2023, kebanyakan bermain di liga top Eropa.

1. Kjell Peersman (PSV Eindhoven)

5 Kiper Belgia yang Berkiprah di Luar Negeri pada 2022/2023Kjell Peersman ketika membela PSV Eindhoven. (instagram.com/kjell_peersman)

Kjell Peersman merupakan kiper Belgia yang berkarier di tim junior klub Belanda, PSV Eindhoven, sejak 2014. Ia sudah tampil sejak usianya baru 10 tahun.

Sebelum itu, ia tercatat sebagai pemain tim junior Westerlo. Kini usianya sudah menginjak 18 tahun. Ia menjadi pilihan utama di skuad Boeren U-21 musim ini.

Sayangnya, Peersman terkena cedera. Itu mengharuskannya absen dalam beberapa pertandingan divisi dua Liga Belanda.

2. Thomas Kaminski (Blackburn Rovers)

5 Kiper Belgia yang Berkiprah di Luar Negeri pada 2022/2023Thomas Kaminski ketika membela Blackburn Rovers. (instagram.com/thomaskaminski1)

Thomas Kaminski tercatat sebagai pemain Blackburn Rovers sejak 2020. Kiper yang baru saja menginjak usia 30 tahun ini bergabung ke skuad Rovers setelah dibeli dari KAA Gent senilai 550 ribu dolar AS (Rp8,5 miliar).

Sebelum itu, ia pernah membela Anderlecht, FC Copenhagen, dan KV Kortrijk. Kaminski kini dikenal sebagai kiper utama Blackburn Rovers pada 2022/2023.

Kaminski sudah menorehkan delapan clean sheet. Sayangnya, ia tidak pernah dipanggil untuk membela Timnas Belgia di berbagai kompetisi.

Baca Juga: 5 Pemain Top Prancis yang Berkiprah di Premier League 2022/2023

3. Koen Casteels (VfL Wolfsburg)

5 Kiper Belgia yang Berkiprah di Luar Negeri pada 2022/2023Koen Casteels saat membela Wolfsburg di Bundesliga. (instagram.com/koencasteels1)

Berpindah ke Jerman, ada Koen Casteels yang tengah memperkuat VfL Wolfsburg sejak musim panas 2015 silam. Sebelum membela Wolfsburg, ia tercatat pernah berseragam KAA Gent, Hoffenheim, dan Werder Bremen. 

Pemain berusia 30 tahun ini masuk sebagai kiper utama di skuad Die Woelfe pada 2022/2023. Pemain sepak bola jebolan akademi KAA Gent ini berhasil menorehkan 4 clean sheet dari 13 pertandingan Bundesliga pada musim ini.

4. Matz Sels (RC Strasbourg)

5 Kiper Belgia yang Berkiprah di Luar Negeri pada 2022/2023Matz Sels ketika memperkuat Strasbourg di Ligue 1. (instagram.com/matzsels)

Beralih ke Prancis, ada nama Matz Sels yang sudah berkarier bersama RC Strasbourg sejak musim panas 2018. Pemain berusia 30 tahun ini sebelumnya berseragam Lierse SK, KAA Gent, Newcastle United, dan Anderlecht. 

Bersama Le Racing, Sels sudah ditempatkan sebagai kiper utama dan berhasil menorehkan satu clean sheet. Akan tetapi, ia tidak menjadi pilihan utama di Timnas Belgia dan hanya mengoleksi dua caps sejak debut pada 2021.

5. Thibaut Courtois (Real Madrid)

5 Kiper Belgia yang Berkiprah di Luar Negeri pada 2022/2023Thibaut Courtois saat memperkuat Real Madrid di LaLiga. (instagram.com/thibautcourtois)

Terakhir, ada nama Thibaut Courtois yang dikenal sebagai kiper utama di skuad Real Madrid. Sebelum itu, pemain berusia 30 tahun ini dikenal sebagai kiper utama Chelsea dan sempat dipinjamkan selama 3 musim ke Atletico Madrid. 

Di samping berprestasi di level klub, Courtois berhasil menunjukkan performa terbaiknya bersama Timnas Belgia. Tak heran jika ia selalu menjadi pilihan utama di skuad Red Devils dan sudah mencatatkan 96 caps sejak pertama kali membela timnas pada 2011. 

Selain Courtois, ternyata ada beberapa kiper Belgia yang mampu menunjukkan kemampuannya dan bersaing di kompetisi top Eropa. Selain nama di atas, ada kiper senior Simon Mignolet yang pernah membela Liverpool pada 2013—2019.

Baca Juga: 5 Pemain Polandia yang Berkiprah di Serie A pada Musim 2022/2023

Brahm Photo Verified Writer Brahm

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya