6 Klub Promosi Eropa dengan Belanja Termahal pada Musim Panas 2023

Didominasi klub Inggris

Bursa transfer musim panas selalu jadi ajang perombakan skuad bagi klub promosi Eropa dengan mendatangkan pemain baru berkualitas. Ini ditujukan untuk meningkatkan performa timnya pada musim depan agar tidak jatuh ke jurang degradasi. 

Meski dipandang sebelah mata, ternyata ada klub promosi yang mampu menggelontorkan banyak uang untuk belanja pemain. Bahkan, beberapa di antaranya mampu menyamai tim-tim yang sudah malang melintang bermain di kasta tertinggi. 

Pada jendela transfer musim panas 2023, tercatat ada enam klub Eropa yang rela mengeluarkan banyak uang untuk memperbaiki penampilan timnya pada 2023/2024. Siapa saja klubnya? Berikut daftarnya!

1. Granada membelanjakan Rp210,8 miliar

6 Klub Promosi Eropa dengan Belanja Termahal pada Musim Panas 2023Pemain Granada saat merayakan juara Segunda Division 2022/2023. (instagram.com/granadacf)

Granada masuk salah satu tim promosi yang tak segan menggelontorkan uang untuk berbelanja selama bursa transfer musim panas 2023. Totalnya, Nazaríes sudah membelanjakan 12, 8 juta euro (Rp210,8 miliar). Klub asal Spanyol selatan itu sudah mendatangkan total delapan pemain. 

Pemain termahal yang didatangkan Granada kali ini adalah Lucas Boye yang dibeli seharga 7 juta euro (Rp115,3 miliar) dari Elche. Melihat daftar pembelian Granada, manajemen tim berupaya keras untuk merombak seluruh lini. Namun, mereka berfokus pada lini serang dengan memboyong tiga striker.  

2. Cagliari mengeluarkan uang Rp346 miliar

6 Klub Promosi Eropa dengan Belanja Termahal pada Musim Panas 2023Pemain Cagliari saat merayakan kemenangan. (instagram.com/cagliaricalcio)

Cagliari menggelontorkan uang sebesar 21 juta euro (Rp346 miliar) untuk berbelanja pemain pada musim panas 2023. Totalnya, klub asal Sardinia itu mendatangkan 12 pemain yang terdiri dari 9 pembelian dan 3 pinjaman. Namun, Cagliari pun meminjamkan sebanyak tujuh pemain ke klub lain. 

Pemain termahal yang didatangkan Cagliari adalah Mateusz Wieteska dari klub Prancis, Clermont Foot dengan tebusan 5 juta euro (Rp82,3 miliar). Ia diboyong untuk menambal tembok pertahanan Cagliari yang dipandang rapuh. Pada musim panas ini, Cagliari memang lebih berfokus pada pembenahan lini bertahanan. 

3. Luton Town belanja sebesar Rp374,9 miliar

6 Klub Promosi Eropa dengan Belanja Termahal pada Musim Panas 2023Pemain Luton Town saat menyapa pendukungnya. (instagram.com/lutontown)

Luton Town mengeluarkan uang sebesar 22,75 juta euro (Rp374,9 miliar) untuk mendatangkan pemain baru. Sedikitnya, terdapat 12 pemain baru di skuad the Hatters, di mana 6 pemain diboyong hasil pembelian dan 6 sisanya adalah pemain pinjaman. Klub ini bahkan, tidak menjual satu pemain pun, tetapi tidak memperpanjang kontrak beberapa pemainnya. 

Pemain termahal yang didatangkan Luton Town adalah Ryan Giles yang dibanderol sebesar 5,85 juta euro (Rp96,3 miliar). Selain itu, Tahith Chong menjadi pemain termahal kedua di skuad the Hatters musim ini yang diboyong dengan harga 4,7 juta euro (Rp77,3 miliar) dari Birmingham. Namun, mayoritas pemain Luton Town didatangkan dari klub Inggris. 

Baca Juga: 5 Pemain Termahal yang Pernah Dijual Cagliari, Nicolo Barella Teratas

4. Genoa menggelontorkan uang Rp466,8 miliar

6 Klub Promosi Eropa dengan Belanja Termahal pada Musim Panas 2023Pemain Genoa saat merayakan gol. (instagram.com/genoacfc)

Tak mau kembali terperosok ke dalam jurang degradasi seperti musim 2021/2022, Genoa kini mendatangkan 15 pemain baru. Tak tanggung-tanggung, Genoa menggelontorkan uang sebesar 28,35 juta euro (Rp466,8 miliar). Mereka pun sudah menjual dua pemain bintangnya dengan total pemasukan 10,8 juta euro (Rp177,8 miliar). 

Melihat banyaknya pemain yang tiba, Genoa sepertinya ingin mengadakan perombakan besar-besaran di skuadnya. Namun, mereka cenderung berfokus pada lini serang yang dipandang kurang tajam. Pemain termahal yang didatangkan Il Grifone pada musim panas ini adalah Mateo Retegui yang dibeli seharga 12 juta euro (Rp197,6 miliar) dari klub Argentina, Tigre.

5. Sheffield United membelanjakan Rp1,062 triliun

6 Klub Promosi Eropa dengan Belanja Termahal pada Musim Panas 2023Pemain Sheffield United setelah pertandingan. (instagram.com/sheffieldunited)

Setelah 2 musim berada di kasta kedua, Sheffield United tak mau menyia-nyiakan kesempatan bertahan di English Premier League. Mereka pun memboyong 10 pemain baru dengan total harga sebesar 64,45 juta euro (Rp1,062 triliun). Tim berjuluk the Blades itu menjual dua pemainnya seharga 30,9 juta euro (Rp509,3 miliar). 

Dari kesepuluh pemain yang datang dapat dilihat Sheffield United berniat kuat untuk merombak seluruh lini. Namun, tim asuhan Paul Heckingbottom cenderung fokus pada pemain tengah dan depan. Pemain termahal yang didatangkannya adalah Cameron Archer dari Aston Villa dengan harga sebesar 21,55 juta euro (Rp355 miliar).

6. Burnley FC menghabiskan uang sebesar Rp1,8 triliun

6 Klub Promosi Eropa dengan Belanja Termahal pada Musim Panas 2023Pemain Burnley FC saat menjalani sesi latihan. (instagram.com/burnleyofficial)

Burnley FC didapuk menjadi klub promosi dengan belanja paling jor-joran pada bursa transfer musim panas 2023. Klub yang berkandang di Turf Moor ini sudah membelanjakan uang sebesar 111,05 juta euro (Rp1,8 triliun) untuk mendapatkan 14 pemain baru. Mereka bahkan hanya menjual satu pemainnya yang dihargai 2,3 juta euro (Rp37,9 miliar).

Pemain termahal yang merapat ke skuad Burnley adalah Zeki Amdouni dengan banderol sebesar 18,6 juta euro (Rp306 miliar) dari FC Basel. Dilihat dari posisi pemain yang tiba, pelatih Vincent Kompany berniat merombak semua lini. Ia pun ingin tim asuhannya bertahan di kasta tertinggi Liga Inggris 2023/2024. 

Mengingat besarnya dana yang digelontorkan tim-tim promosi Eropa pada musim panas 2023 menunjukkan bahwa mereka serius ingin membenahi timnya. Pasalnya, mereka sadar akan persaingan ketat di kasta tertinggi dan tidak ingin kembali terdepak dari kompetisi elite.

Baca Juga: 6 Pemain yang Dibeli Burnley pada Musim Panas 2023, Ada Koleosho!

Brahm Photo Verified Writer Brahm

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya