8 Klub Serie B Italia Paling Berpotensi Promosi per Awal April 2024

Dua di antaranya adalah tim relegasi musim lalu

Mendekati pengujung musim, persaingan antarklub di Serie B Italia 2023/2024 makin panas. Beberapa tim sudah menunjukkan performa yang apik dan konsisten bertahan di papan atas. 

Sistem promosi di Serie B Italia cukup berbeda dengan liga-liga lainnya. Di sini, hanya ada 2 tim teratas yang berhak meraih tiket langsung ke Serie A. Sedangkan klub yang berada di posisi ketiga hingga kedelapan harus melakoni laga playoff untuk meraih satu tiket tersisa. 

Per awal April 2024, sudah ada delapan klub Italia di Serie B dengan kans besar untuk melaju ke kasta tertinggi. Menariknya, dua di antaranya termasuk tim besar yang terjerembab di kasta kedua Liga Italia

1. Sampdoria ingin kembali ke habitat aslinya di Serie A

8 Klub Serie B Italia Paling Berpotensi Promosi per Awal April 2024Pemain Sampdoria saat melakukan selebrasi gol. (instagram.com/sampdoria)

Sampdoria adalah tim relegasi yang terbuang dari Serie A musim lalu. Sayangnya, performa I Blucerchiati cenderung jatuh bangun sepanjang 2023/2024. Klub ini sempat terperosok di papan bawah pada awal musim. Mereka bahkan pernah merasakan terdampar di dasar klasemen. Kini, tim asuhan Andrea Pirlo itu sukses bertengger di posisi ketujuh pada giornatta ke-32 dengan raihan 44 poin. Namun, posisi mereka masih belum aman karena hanya berjarak dua angka saja dari Cittadella di belakang mereka. 

2. Brescia Calcio sempat terseok-seok di awal

8 Klub Serie B Italia Paling Berpotensi Promosi per Awal April 2024Pemain Brescia saat melakukan selebrasi gol. (instagram.com/brescia_calcio)

Brescia Calcio tampil cukup meyakinkan sepanjang 2023/2024. Awalnya, Le Rondinelle sempat terperosok di papan bawah. Lambat laun, tim ini akhirnya mampu menapak ke papan atas. Hingga giornatta ke-32, klub asuhan Rolando Maran duduk di posisi ketujuh dan masuk di zona playoff promosi. Namun, posisi Brescia masih belum aman karena masih berpotensi tergeser oleh tim-tim di bawahnya. 

3. Palermo masih punya asa untuk kembali ke Serie A

8 Klub Serie B Italia Paling Berpotensi Promosi per Awal April 2024Pemain Palermo saat merayakan gol. (instagram.com/palermofficial)

Palermo mampu tampil apik dan konsisten bertahan di papan atas Serie B 2023/2024. Klub berjuluk I Rosanero ini mampu duduk di posisi keenam dengan perolehan 50 poin pada giornatta ke-32. Melihat poin yang mereka capai, tim asuhan Michele Mignani cukup sulit menembus setidaknya runner-up untuk memperoleh tiket emas ke Serie A. Namun, mereka bisa mulai berfokus mempertahankan posisinya untuk mengarungi laga playoff

3. US Catanzaro berpeluang tampil di Serie A untuk pertama kalinya

8 Klub Serie B Italia Paling Berpotensi Promosi per Awal April 2024Pemain US Catanzaro saat menyapa pendukungnya. (instagram.com/uscatanzaro1929official)

US Catanzaro bisa dibilang sebagai klub dengan perkembangan yang pesat. Meski menyandang status sebagai tim promosi, tim ini sudah berhasil duduk di papan atas Serie B Italia. Klub berjuluk Aquile del Sud ini duduk di posisi kelima dengan perolehan 52 poin pada giornatta ke-32. Tim asal Italia bagian selatan ini pun masih berpeluang menembus Serie A untuk pertama kalinya dalam sejarah. 

5. Venezia konsisten berada di papan atas Serie B

8 Klub Serie B Italia Paling Berpotensi Promosi per Awal April 2024Pemain Venezia saat merayakan gol. (instagram.com/veneziafc)

Venezia sudah tampil mengesankan sejak awal musim. Alhasil, tim yang dijuluki I Leoni alati ini terus bertahan di papan atas Serie B dan belum pernah tergeser ke papan tengah klasemen. Hingga giornatta ke-32, klub asuhan Paolo Vanoli ini mampu duduk di posisi keempat dengan perolehan 58 poin. Venezia masih punya potensi besar untuk setidaknya duduk di posisi runner-up.

6. US Cremonese berharap dapat kembali ke divisi utama

8 Klub Serie B Italia Paling Berpotensi Promosi per Awal April 2024Pemain US Cremonese saat merayakan kemenangan. (instagram.com/uscremonese)

US Cremonese termasuk salah satu klub yang terdegradasi dari Serie A musim lalu. Menyandang status tim relegasi, La Cremo tentunya punya harapan besar untuk dapat kembali ke kasta tertinggi. Namun, jalan mereka tak semulus yang dibayangkan. Bahkan, mereka sempat bersusah payah di awal musim. Pada pekan ke-32, Cremonese akhirnya berhasil merangsek ke posisi ketiga dengan perolehan 59 poin. Mereka harus bersaing ketat dengan Como 1907 untuk mendapat tiket emas lolos langsung ke Serie A musim depan. 

7. Como 1907 berpeluang kembali ke Serie A usai 11 tahun lamanya

8 Klub Serie B Italia Paling Berpotensi Promosi per Awal April 2024Pemain Como saat merayakan gol. (instagram.com/spaziocomo)

Como 1907 mengalami perkembangan yang cukup pesat sejak musim lalu. Klub asal perbatasan Italia-Swiss ini awalnya sempat terseok-seok dan hanya duduk di zona degradasi. Lambat laun, klub berjuluk I Lariani ini terus menghuni papan atas dan bersaing ketat untuk memperebutkan tiket masuk otomatis ke divisi utama. Pada giornatta ke-32, Como berhasil menduduki posisi runner-up dengan perolehan 61 poin. Mereka punya kans besar tampil lagi di Serie A setelah 11 tahun lamanya. 

8. Parma sudah dipastikan naik kasta ke Serie A Italia

8 Klub Serie B Italia Paling Berpotensi Promosi per Awal April 2024Pemain Parma saat menyapa pendukungnya. (instagram.com/parmacalcio1913)

Parma tampil luar biasa sepanjang 2023/2024. Bahkan, tim asal Emilia-Romagna ini tidak pernah sama sekali meninggalkan posisi empat besar dan mampu bertengger di posisi puncak sejak giornatta ke-11 sampai ke-32. Dengan perolehan 66 poin dan terpaut jauh dari US Cremonese dan Como 1907 di bawahnya, sepertinya tim ini hanya tinggal menunggu waktu saja untuk menetapkan diri sebagai juara Serie B 2023/2024. Klub ini akan kembali ke divisi utama setelah mendekam di Serie B selama 3 musim terakhir. 

Kedelapan klub di atas masih punya peluang besar untuk melaju ke kasta tertinggi Liga Italia musim depan. Parma sepertinya sudah dipastikan melaju ke Serie A, sedangkan US Cremonese, Como 1907, dan Venezia masih saling sikut untuk merebut posisi runner-up. Di sisi lain, empat tim di bawahnya harus mulai fokus untuk melakoni laga playoff promosi.  

Baca Juga: 3 Pelatih AS Roma Peraih Poin Tertinggi dalam 11 Laga Awal di Serie A

Brahm Photo Verified Writer Brahm

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya