6 Klub Serie B yang Berpeluang Promosi pada 2022/2023

Masih ketat sampai laga terakhir

Jelang akhir 2022/2023, sudah tampak klub Italia yang memantapkan diri sebagai penghuni papan atas Serie A dan Serie B. Di Serie A tidak ada persaingan ketat dan Napoli tinggal selangkah lagi merebut scudetto. Namun, di Serie B persaingan ketat sepertinya masih akan terlihat hingga akhir musim nanti. 

Beberapa tim penghuni papan atas Serie B masih berpeluang besar mencuri tiket otomatis promosi ke kasta tertinggi musim depan. Belum lagi enam sisanya yang duduk di zona playoff. Menariknya, persaingan kali ini juga diperebutkan klub besar yang terperosok ke kasta kedua 2021/2022.

1. Cagliari

6 Klub Serie B yang Berpeluang Promosi pada 2022/2023Pemain Cagliari saat merayakan selebrasi gol. (instagram.com/cagliaricalcio)

Terperosok pada detik-detik terakhir musim lalu, Cagliari rupanya tak mau mengulangi kesalahan yang sama. Mereka sudah menargetkan untuk tak berlama-lama di kasta kedua Liga Italia. Sayangnya, penampilan mereka baru konsisten menjelang akhir 2022/2023. 

Pada giornatta ke-34, Gli Isolani menduduki posisi ke-6 klasemen sementara dengan raihan 48 poin. Mereka pun baru saja digeser Parma usai kalah 1-2 di laga terakhir. Sepertinya, tim asal Sardinia ini harus puas berada di zona playoff dan berfokus pada laga playoff promosi. 

2. Parma

6 Klub Serie B yang Berpeluang Promosi pada 2022/2023Pemain Parma saat merayakan kemenangan. (instagram.com/parmacalcio1913)

Terjerembap selama 2 musim di Serie B, Parma juga punya keinginan kuat kembali ke kasta tertinggi. Tim berjuluk I Crociati ini mampu tampil konsisten mulai pertengahan hingga menjelang akhir 2022/2023. Mereka juga sukses menggeser Cagliari usai menekuk tim asal Sardinia itu dengan skor 2-1. 

Pada giornatta ke-34, Parma berhasil duduk di posisi ke-5 klasemen sementara. Tim ini juga berhasil memperoleh 51 poin dan hanya terpaut 2 poin dari FC Suedtirol yang berada di atasnya. Akan tetapi, Parma sepertinya akan kesulitan merebut tiket otomatis ke Serie A dan harus berpikir pada laga playoff promosi.

Baca Juga: 5 Pemain Terakhir yang Dipinjam Inter Milan dari Sesama Klub Serie A

3. FC Suedtirol

6 Klub Serie B yang Berpeluang Promosi pada 2022/2023Pemain FC Suedtirol saat merayakan gol. (instagram.com/fcsuedtirol)

FC Suedtirol mengawali 2022/2023 dengan buruk. Tim asal Italia Utara ini sempat menghuni dasar klasemen Serie B pada awal musim. Lambat laun mereka mulai menemukan ritme permainan yang sesungguhnya. Alhasil, mereka bisa menembus papan atas dan berpeluang promosi ke Serie A musim depan. 

Pada giornatta ke-34, tim berjuluk Biancorossi ini duduk di posisi ke-4 dan sudah mengantongi 53 poin. Sayangnya, klub ini sepertinya akan kesulitan mencuri tiket otomatis ke kasta tertinggi. Sebab, Suedtirol terpaut jarak poin yang cukup jauh dengan Bari di atasnya. 

4. Bari

6 Klub Serie B yang Berpeluang Promosi pada 2022/2023Pemain Bari saat menyapa pendukungnya. (instagram.com/sscalciobari)

Bari masuk jadi tim yang berpeluang besar promosi ke Serie A 2023/2024. Pada giornatta ke-34, I Galletti mampu duduk di posisi ke-3 klasemen dengan mengantongi 60 poin. Jika ingin lolos promosi dengan mudah, Bari harus memanfaatkan kesempatan emas untuk merebut tiket otomatis. 

Sejak awal 2022/2023, Bari sudah tancap gas. Mereka secara konsisten duduk di papan atas klasemen untuk promosi. Pasalnya, klub asal Italia Selatan ini sudah lama tidak pernah mencicipi atmosfer Serie A. Mereka terakhir kali berkompetisi di kasta tertinggi pada 2010/2011. 

5. Genoa

6 Klub Serie B yang Berpeluang Promosi pada 2022/2023Pemain Genoa saat merayakan kemenangan. (instagram.com/genoacfc)

Genoa terpantau tampil impresif sepanjang 2022/2023. Sebab, mereka punya misi besar untuk kembali ke Serie A setelah terperosok ke jurang degradasi musim lalu. Namun, salah satu klub tertua di Italia ini masih harus bersaing ketat dengan Frosinone untuk merebut gelar juara Serie B. 

Pada giornatta ke-34, Genoa bercokol sebagai runner-up Serie B dengan perolehan 66 poin. Tim berjuluk Il Grifone ini hanya terpaut 2 poin dari Frosinone di posisi puncak. Meski begitu, Genoa tidak boleh lengah dan harus tetap meraih hasil positif. Pasalnya, Bari berniat mengambil alih posisi runner-up

6. Frosinone Calcio

6 Klub Serie B yang Berpeluang Promosi pada 2022/2023Pemain Frosinone saat merayakan gol. (instagram.com/frosinonecalcio)

Frosinone sukses memuncaki klasemen Serie B berkat penampilan impresif sejak awal musim. Tim asuhan Fabio Grosso ini bahkan sudah bercokol di posisi pertama sejak pekan ke-10 hingga saat ini. Tinggal selangkah lagi, mereka dapat merebut gelar juara Serie B dan otomatis promosi ke Serie A. 

Pada giornatta ke-34, tim berjuluk I Canarini ini sudah mendapatkan 68 poin. Namun, klub asal Provinsi Frosinone ini tidak boleh lengah sedikit pun hingga akhir musim. Sebab, Genoa sudah mengincar posisinya dan bisa menjegalnya kapan saja.  

Selain keenam klub Italia di atas, Pisa dan Reggina masih punya kans promosi ke Serie A lewat playoff. Sementara, persaingan ketat ke depannya akan berfokus pada Frosinone, Genoa, dan Bari untuk memperebutkan gelar juara dan runner-up demi meraih tiket otomatis Serie A. 

Baca Juga: 5 Klub Serie A yang Terancam Degradasi pada 2022/2023

Brahm Photo Verified Writer Brahm

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya