6 Pemain Baru FC Metz pada Musim Panas 2023

Semua didapat dengan banderol murah

FC Metz berhasil kembali ke kasta tertinggi setelah memastikan diri sebagai runner-up Ligue 2 2022/2023. Klub berjuluk Les Grenats ini bahkan mampu menggeser klub raksasa Prancis, FC Bordeaux, menjelang berakhirnya musim. Mereka menemani Le Havre promosi ke divisi utama Liga Prancis.

Pada uji coba pramusim, Metz berhasil tampil cukup baik dan meraih 4 kemenangan dan 2 hasil imbang. Sayangnya, di laga perdana, Les Grenats harus menghadapi tim kuat Stade Rennais dan dihancurkan dengan skor 1-5. Pada laga berikutnya, mereka sukses memperbaiki penampilan dengan menahan imbang tim kuat, Olympique Marseille dan Stade Reims.

Demi mendongkrak penampilannya sepanjang gelaran Ligue 1 2023/2024, FC Metz sudah mendatangkan enam pemain baru. Namun, karena keterbatasan finansial keenam pemain yang datang dibeli dengan harga miring dan sebagian datang secara cuma-cuma.

1. Óscar Estupiñán bergabung dari Hull City

6 Pemain Baru FC Metz pada Musim Panas 2023Oscar Estupinan saat masih membela Hull City. (instagram.com/oscar.estupinan19)

Oscar Estupiñán merupakan satu-satunya pemain pinjaman FC Metz pada musim panas 2023. Pemain asal Kolombia itu didatangkan dari klub divisi kedua Inggris, Hull City, dengan masa peminjaman selama setahun. Ia tiba di Stade Saint-Symphorien untuk mempertajam lini serang FC Metz. 

Sebelum bergabung dengan FC Metz dan Hull City, ia pernah memperkuat beberapa klub Eropa dan Amerika Selatan, meliputi Vitoria Guimaraes (Portugal), Denizlispor (Turki), Barcelona SC (Ekuador), dan Once Caldas (Kolombia). Sayangnya, Estupinan belum dipilih untuk membela tim barunya di Ligue 1. 

2. Maxime Colin merapat dari Birmingham

6 Pemain Baru FC Metz pada Musim Panas 2023Maxime Colin saat bergabung dengan FC Metz. (instagram.com/fcmetz)

Maxime Colin merapat ke Stade Saint-Symphorien setelah kontraknya bersama Birmingham berakhir pada musim panas 2023. Sebelum itu, Colin pernah membela beberapa klub Eropa, termasuk Brentford, Anderlecht, Troyes, dan US Boulogne. Pengalamannya bermain di berbagai klub membuatnya jadi daya tarik tersendiri bagi pelatih Laszlo Boloni. 

Colin didatangkan manajemen FC Metz untuk mengisi pos bek kiri usai kepergian Sofiane Alakouch ke Paris FC. Dalam dua laga perdana, ia dipercaya masuk dalam starting line-up Les Grenats. Namun, pada laga keempat menghadapi Stade Reims, ia hanya dijadikan pemain cadangan. 

Baca Juga: 5 Produk Akademi FC Metz yang Pernah Berlaga di Bundesliga

3. Simon Elisor datang untuk mempertajam lini serang FC Metz

6 Pemain Baru FC Metz pada Musim Panas 2023Simon Elisor saat resmi bergabung dengan FC Metz. (instagram.com/elisor_simon_22)

Simon Elisor didatangkan untuk menambah amunisi lini serang FC Metz untuk menghadapi Ligue 1 2023/2024. Ia diboyong dengan tebusan sebesar 400 ribu euro (Rp6,5 miliar) dari klub Belgia, RFC Seraing. Ia pun sudah menyetujui kontrak sampai 2026.

Kedatangan Elisor ke dalam skuad Les Grenats ini untuk menggantikan peran dari Georges Mikautadze yang hengkang ke Ajax Amsterdam. Elisor baru diturunkan pada laga ketiga dan keempat. Pada dua laga awal, ia belum dipercaya mengisi skuad inti.

4. Joel Asoro diboyong dari klub Swedia, Djurgardens

6 Pemain Baru FC Metz pada Musim Panas 2023Joel Asoro saat bergabung dalam skuad FC Metz. (instagram.com/asoro_99)

Joel Asoro didatangkan dari klub Swedia, Djurgardens dengan tebusan sebesar 1,2 juta euro (Rp19,7 miliar). Pemain asal Swedia itu juga sudah menyetujui kontrak sampai 2027. Ia bergabung untuk menambah daya gedor FC Metz jelang dimulainya Ligue 1 2023/2024.

Kedatangan Asoro menjadi salah satu upaya pelatih Boloni untuk menambah amunisi lini serang. Ia pun sudah diturunkan pada laga keempat melawan Stade Reims. Asoro pun sukses menyumbang sebuah umpan gol pada laga itu.

5. Benjamin Tetteh datang untuk menambah amunisi lini serang FC Metz

6 Pemain Baru FC Metz pada Musim Panas 2023Benjamin Tetteh saat bergabung dengan FC Metz. (instagram.com/b_t__19)

Benjamin Tetteh merupakan striker ketiga yang tiba di Stade-Saint Symphorien pada musim panas 2023. Ia didatangkan dengan banderol sebesar 1,8 juta euro (Rp29,6 miliar) dari Hull City. Pemain asal Ghana ini pun setuju menandatangani kontrak hingga 2026.

Tetteh masuk dalam skuad FC Metz untuk menambah juru gedor usai kepergian Mikautadze. Namun, pemain asal Ghana ini belum dijadikan striker utama. Ia baru diturunkan dalam dua laga Ligue 1 sebagai pemain pengganti.

6. Kevin Van Den Kerkhof akan memperkuat lini belakang FC Metz

6 Pemain Baru FC Metz pada Musim Panas 2023Kevin Van Den Kerkhof saat resmi berkostum FC Metz. (instagram.com/vedekss)

Terakhir, sekaligus pemain termahal yang didatangkan FC Metz pada musim panas 2023 adalah Kevin Van Den Kherkof. Ia diboyong dengan harga 2,5 juta euro (Rp41 miliar) dari SC Bastia dan menyetujui kontrak hingga 2026. Sebelum itu, ia pernah membela beberapa klub, yakni F91 Dudelange, Olympique Charleroi, UR La Louvière, SC Feignies, dan tim junior FC Lorient.

Van Den Kherkof didatangkan sebagai upaya mengisi pos bek kanan Les Grenats yang dipandang masih lemah. Selain menjadi bek kanan, ia pun juga cocok untuk ditempatkan untuk mengisi bek tengah. Sayangnya, ia belum mendapat kesempatan untuk membela tim barunya dalam empat laga terakhir.

Melihat keenam penggawa baru di skuad FC Metz pada bursa transfer musim panas 2023 ini, bisa dilihat bahwa Boloni sedang mengupayakan penguatan sektor serangan. Pasalnya, mereka baru saja kehilangan striker terbaiknya musim lalu, Georges Mikautadze. Dengan mendatangkan tiga striker baru, mereka kemungkinan dapat meningkatkan ketajamannya selama mengarungi kompetisi Ligue 1.

Baca Juga: 5 Pemain Bintang yang Pernah Memperkuat FC Metz, Siapa Saja?

Brahm Photo Verified Writer Brahm

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya