7 Pemain Espanyol yang Pergi ke Divisi Utama pada 2023

Mayoritas pergi ke klub Spanyol

RCD Espanyol harus kembali merasakan kompetisi kasta kedua pada 2023/2024 setelah 2 musim berada di divisi utama. Kegagalan ini diakibatkan performa tidak konsisten mereka selama mengarungi LaLiga Spanyol 2022/2023. Bahkan, tim asal Barcelona ini hanya menang dalam delapan laga musim lalu.

Setelah dipastikan terdegradasi, sejumlah pemain bintang Espanyol berusaha untuk mencari opsi bermain di klub lain dan menunggu tawaran yang lebih baik. Sebagai pemain bintang, mereka ingin bermain di kasta tertinggi yang jauh lebih kompetitif dibandingkan Segunda Division.

Pada musim panas 2023, terdapat tujuh pemain Espanyol yang memutuskan untuk pergi. Beberapa di antaranya pergi dengan status pinjaman. Inilah pemain Espanyol yang pergi ke divisi utama pada 2023.

1. Tonny Vilhena memilih pergi ke Panathinaikos

7 Pemain Espanyol yang Pergi ke Divisi Utama pada 2023Tonny Vilhena saat bergabung dengan Panathinaikos. (instagram.com/ttdv.10)

Tonny Vilhena merupakan pemain asal Belanda yang memutuskan hengkang ke klub Yunani, Panathinaikos. Ia ditebus dengan banderol sebesar 3 juta euro (Rp49,3 miliar) dan menyetujui kontrak selama 4 tahun sampai 2027. Vilhena sendiri memang tidak mendapat tempat utama di Espanyol, sehingga harus dipinjamkan ke Salernitana. Sebelum itu, ia sempat membela Krasnodar dan Feyenoord.

2. Víctor Gómez merapat ke SC Braga

7 Pemain Espanyol yang Pergi ke Divisi Utama pada 2023Víctor Gómez saat membela Sporting Braga. (instagram.com/vgperea)

Víctor Gómez memutuskan pergi dari Espanyol setelah dibeli SC Braga dengan harga 7 juta euro (Rp115,1 miliar). Gomez mendapat tawaran setelah bermain apik selama menjalani masa pinjaman di skuad Os Arcebispos pada 2022/2023. Kini, ia pun menjadi bek kiri utama di SC Braga.

3. Joselu dipinjamkan ke Real Madrid

7 Pemain Espanyol yang Pergi ke Divisi Utama pada 2023Joselu (biru) saat membela Real Madrid. (instagram.com/joselumato)

Joselu sebelumnya merupakan juru gedor utama RCS Espanyol pada 2022/2023. Usai terdegradasi, ia pun mendapat tawaran bermain di Real Madrid sebagai pemain pinjaman. Keputusan mendatangkan Joselu merupakan bagain dari strategi El Real untuk mengisi slot penyerag setelah ditinggal pergi striker andalannya, Karim Benzema. 

Baca Juga: 5 Jebolan Akademi RCD Espanyol Terbaik yang Pernah Bermain di EPL

4. Adrià Pedrosa hengkang ke Sevilla

7 Pemain Espanyol yang Pergi ke Divisi Utama pada 2023Adrian Pedrosa saat membela Sevilla. (instagram.com/adripedrosa_)

Adrià Pedrosa memutuskan tidak memperpanjang kontrak bersama klub masa kecilnya, Espanyol, usai dipastikan terdegradasi. Ia pun mendapat tawaran untuk membela Sevilla yang mencari pelapis Marcos Acuna. Pada beberapa laga LaLiga terakhir, Pedrosa pun dimainkan sebagai starter setelah Acuna mengalami cedera.

5. Landry Dimata dibeli Samsunspor

7 Pemain Espanyol yang Pergi ke Divisi Utama pada 2023Landry Dimata (kiri) saat bergabung ke Samsunspor. (instagram.com/nanylandrydimata)

Landry Dimata menjadi salah satu pemain yang dijual Espanyol setelah dipastikan terdegradasi. Pasalnya, pemain asal Belgia itu tidak mendapat slot di tim inti Periquitos dalam 2 musim terakhir. Klub Turki, Samsunspor, pun tertarik mendatangkannya dengan harga sebesar 1,5 juta euro (Rp24,6 miliar).

6. Sergi Darder menerima pinangan RCD Mallorca

7 Pemain Espanyol yang Pergi ke Divisi Utama pada 2023Sergi Darder saat membela Espanyol. (instagram.com/sergidarder)

Sergi Darder tercatat sebagai pemain termahal kedua yang dijual Espanyol pada musim panas 2023. Pemain jebolan akademi Espanyol ini dijual ke RCD Mallorca dengan harga sebesar 8 juta euro (Rp131,5 miliar). Sebelum bergabung di skuad Periquitos, Darder sempat membela beberapa klub, seperti Malaga dan Olympique Lyon. 

7. Cesar Montes hengkang ke UD Almeria

7 Pemain Espanyol yang Pergi ke Divisi Utama pada 2023Cesar Montes saat berlatih bersama Almeria. (instagram.com/udalmeria)

Cesar Montes akhirnya hengkang pada detik-detik terakhir bursa transfer musim panas 2023. Setelah mendapat beberapa opsi tawaran, pemain asal Meksiko ini memilih tawaran dari Almeria untuk memperkuat lini belakangnya. Ia pun menjadi pemain termahal yang dijual Espanyol pada musim panas ini dengan harga sebesar 14 juta euro (Rp230,2 miliar).

Ketujuh pemain Espanyol yang hengkang pada bursa transfer musim panas 2023 di atas adalah yang mendapat tawaran dari klub-klub di divisi utama Eropa. Selain ketujuh pemain di atas, masih ada lima pemain lain yang dilepas ke klub divisi kedua dan ketiga Spanyol. Ada juga Simo Keddari yang memutuskan hengkang ke klub Qatar, Al-Arabi SC.

Baca Juga: 5 Didikan Terbaik Akademi Espanyol yang Pernah Berlaga di Serie A

Brahm Photo Verified Writer Brahm

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya