5 Pemain Pinjaman yang Tampil Apik di Scottish Premiership 2023/2024

Semuanya dipinjam dari klub Inggris

Opsi mendatangkan pemain pinjaman kerap dipilih untuk meniminalisasi pengeluaran suatu klub sepak bola. Ini umumnya dilakukan klub-klub dengan kemampuan finansial kecil dan menengah agar dapat merombak timnya tanpa membuat pengeluarannya membengkak.

Klub-klub kecil umumnya akan berusaha menggaet pemain bintang dari klub besar yang gagal masuk tim inti. Di sisi lain, cara ini dapat menjadi alternatif positif bagi pemain muda dari tim junior untuk menambah pengalaman bermain di kompetisi senior. 

Pada 2023/2024, terdapat lima pemain pinjaman yang tampil apik di Scottish Premiership. Menariknya, mayoritas dari mereka dipinjam dari klub-klub di Liga Inggris.

1. Will Dennis dipilih jadi kiper andalan Kilmarnock

5 Pemain Pinjaman yang Tampil Apik di Scottish Premiership 2023/2024Will Dennis ketika membela Kilmarnock. (instagram.com/will_jdennis40)

Will Dennis merupakan kiper muda yang dipinjam Kilmarnock dari AFC Bournemouth pada musim panas 2023. Keputusan ini untuk meningkatkan pertahanan klub berjuluk Killie yang hampir terdegradasi pada musim lalu. Ia pun menerima tawaran itu untuk menambah pengalaman bermainnya. 

Sejak awal kedatangannya, Dennis sudah dipilih sebagai penjaga gawang utama Kilmarnock. Ia pun menjadi salah satu faktor di balik apiknya penampilan tim asuhan Derek McInnes pada 2023/2024. Ia bahkan sudah mencetak 8 clean sheet dalam 21 pertandingan terakhir. 

2. Will Fish didapuk sebagai bek tengah utama Hibernian

5 Pemain Pinjaman yang Tampil Apik di Scottish Premiership 2023/2024Will Fish saat resmi bergabung dengan Hibernian. (instagram.com/hibernianfootballclub)

Will Fish memilih tawaran peminjaman ke Hibernian sejak musim panas 2023. Keputusan ini dipilih karena tahu bahwa ia tidak akan dipilih menjadi bek tengah utama di Manchester United. Langkah ini juga menjadi cara untuk menambah jam terbang dan pengalaman bermain. 

Sejak awal kedatangannya di Easter Road, Fish sudah didapuk sebagai bek tengah utama The Cabbage. Ia bahkan belum pernah sekalipun absen dalam gelaran Scottish Premiership 2023/2024. Ia pun kerap disandingkan bersama Rocky Bushiri untuk menjadi pilar utama pertahanan tim asal Edinburgh itu. 

Baca Juga: 5 Fakta Ben Doak, Bintang Masa Depan Liverpool asal Skotlandia

3. Jamie McGrath terpilih sebagai gelandang serang Aberdeen

5 Pemain Pinjaman yang Tampil Apik di Scottish Premiership 2023/2024Jamie McGrath saat membela Aberdeen. (instagram.com/jamie_mcg10)

Jamie McGrath memilih tawaran bermain dari Aberdeen sejak musim panas 2023 setelah melihat peluang bermain di Wigan kian minim. Pada musim lalu, pemain asal Irlandia ini juga sudah dipinjamkan ke Dundee United. Hal ini bersamaan dengan kepentingan The Dandies untuk merombak lini serangnya. 

Pada 2023/2024, McGrath sudah diturunkan sebagai gelandang serang utama klub asal Aberdeen ini. Dalam 14 pertemuan terakhir Scottish Premiership, ia sudah menyumbangkan 4 gol dan 1 assist untuk timnya. Melihat performanya saat ini, bukan tidak mungkin ia akan dipermanenkan Aberdeen musim depan. 

4. Abdallah Sima diandalkan mengisi lini serang Rangers

5 Pemain Pinjaman yang Tampil Apik di Scottish Premiership 2023/2024Abdalah Sima saat membela Rangers. (instagram.com/sima_abdalah)

Abdallah Sima adalah pemain pinjaman di skuad Rangers FC yang didatangkan dari Brighton Hove & Albion pada musim panas 2023. Peminjaman ini bertujuan menambah pemain di lini serang Rangers usai kepergian sejumlah strikernya. Sesuai kontraknya, ia akan kembali ke klub lamanya pada musim panas 2024. 

Penampilan Sima selama membela Rangers pada paruh pertama 2023/2024 ini begitu mengesankan. Pemain yang mengisi pos sayap kanan ini berhasil menyumbangkan 9 gol dan 2 assist dalam 19 pertandingan terakhir. Ia pun masuk dalam daftar top skor Scottish Premiership sejauh ini.

5. Mika Biereth jadi striker andalan Motherwell

5 Pemain Pinjaman yang Tampil Apik di Scottish Premiership 2023/2024Mika Biereth ketika memperkuat Motherwell. (instagram.com/mikabiereth)

Mika Biereth memilih tawaran sebagai pemain pinjaman di Motherwell pada musim panas 2023. Pilihan ini tepat karena ia dapat menambah jam terbang dan pengalaman membela tim senior. Pada musim lalu, ia juga sudah dipinjamkan ke RKC Waalwijk, tetapi gagal bersinar karena mengalami cedera. 

Pada awal musim ini, pemain asal Denmark ini juga sempat terdampak cedera lutut dan terpaksa absen. Setelah pulih, ia pun langsung dipilih menjadi striker utama Motherwell di bawah arahan Stuart Kettlewell. Di sini, Biereth berhasil menunjukkan ketajamannya dengan mencetak 6 gol dan 3 assist

Mayoritas pemain berstatus pinjaman di Scottish Premiership termasuk pemain muda yang belum mendapat banyak kesempatan bermain di tim asalnya. Peminjaman ini jadi langkah tepat untuk menambah pengalaman pemain muda dan merasa langsung atmosfer liga senior di Skotlandia. 

Baca Juga: 3 Jebolan Akademi MU asal Skotlandia Terbaik Sepanjang Sejarah

Brahm Photo Verified Writer Brahm

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya