5 Pemain Pinjaman yang Tampil Optimal di LaLiga pada Awal 2023/2024

Mendapat kepercayaan di tim barunya

Pada bursa transfer musim panas 2023, klub Spanyol mengerem pengeluaran dan hanya mendatangkan segelintir pemain baru. Bahkan, sejumlah klub besar pun tidak jor-joran untuk membeli pemain bintang. Mereka bahkan memilih mendatangkan pemain dengan status bebas transfer dan pinjaman. 

Kerap dipandang sebagai pemain buangan di klub aslinya, ternyata ada pemain pinjaman di LaLiga Spanyol yang mampu tampil optimal pada awal 2023/2024. Bahkan, beberapa di antara pemain pinjaman tersebut mampu menduduki posisi inti di tim barunya. 

Siapa saja dan seperti apa penampilan lima pemain pinjaman terbaik di LaLiga pada awal 2023/2024? Simak ulasannya berikut ini!

1. Joselu berhasil mencetak lima gol di Real Madrid

5 Pemain Pinjaman yang Tampil Optimal di LaLiga pada Awal 2023/2024Joselu saat membela Real Madrid. (instagram.com/joselumato)

Joselu adalah striker baru Real Madrid yang didatangkan dengan status pinjaman dari Espanyol. El Real harus membayar biaya pinjaman sebesar 500 ribu euro (Rp8,4 miliar) selama semusim. Apabila penampilannya baik, pemain asal Spanyol ini punya opsi untuk dipermanenkan. 

Meski tak selalu dijadikan pilihan utama, Joselu tetap dapat membuktikan ketajamannya. Selama diturunkan dalam 11 pertandingan, ia tercatat mampu mencetak 5 gol dan 2 assist. Ia pun dapat beradaptasi cepat di kubu Los Blancos dan dapat diduetkan dengan Vinicius Junior ataupun Rodrygo. 

2. Marc Roca jadi gelandang bertahan andalan Real Betis

5 Pemain Pinjaman yang Tampil Optimal di LaLiga pada Awal 2023/2024Marc Roca saat membela Real Betis. (instagram.com/marcroca_21)

Marc Roca dipinjam Real Madrid dari Leeds United setelah timnya terdegradasi ke Championship 2023/2024. Ia setuju untuk pindah karena tetap dapat bermain di divisi utama Liga Spanyol. Sesuai kontraknya, status peminjamannya dapat diperpanjang apabila mampu tampil baik. 

Sepanjang awal 2023/2024, Roca terbukti mampu menunjukkan performa terbaiknya bersama Los Verdiblancos. Ia bahkan sudah masuk dalam starting line-up rancangan Manuel Pellegrini. Pemain jebolan akademi Espanyol ini juga berperan penting dalam penampilan baik Real Betis musim ini. 

Baca Juga: 6 Pemain Terakhir yang Memakai Nomor 14 Real Madrid sebelum Joselu

3. Chadi Riad jadi pengisi lini belakang utama Real Betis

5 Pemain Pinjaman yang Tampil Optimal di LaLiga pada Awal 2023/2024Chadi Riad saat membela Real Betis. (instagram.com/chadiriad17)

Chadi Riad adalah pemain pinjaman di Real Betis yang berfungsi menambal lini belakang yang kurang kokoh. Ia didatangkan dari Barcelona lantaran tidak pernah diberikan kesempatan bermain. Dalam kontraknya, terdapat opsi untuk dipermanenkan di Los Verdiblancos jika mampu bermain apik. 

Mulanya, Riad hanya dipilih sebagai pelapis di skuad racikan Manuel Pellegrini. Pada pekan ketujuh dan seterusnya, ia berhasil dipilih sebagai bek tengah inti. Pemain asal Maroko ini terbukti mampu membuat pertahanan Los Verdiblancos lebih kokoh dibanding sebelumnya. 

4. Julián Araujo jadi bek kanan utama Las Palmas

5 Pemain Pinjaman yang Tampil Optimal di LaLiga pada Awal 2023/2024Julian Araujo ketika memperkuat Las Palmas. (instagram.com/julian__araujo)

Julián Araujo memilih dipinjamkan ke Las Palmas karena ia tahu tidak akan mendapat tempat utama di skuad senior Barcelona. Pemain jebolan akademi Los Angeles Galaxy ini rencananya hanya dipinjamkan selama semusim. Peminjaman ini kemungkinan untuk menambah pengalamannya bermain di LaLiga.  

Sejak awal 2023/2024, Araujo sudah dipercaya masuk dalam starting line-up Las Palmas untuk mengisi pos bek kanan. Sayangnya, ia terkena cedera otot pada jornada kesembilan dan terpaksa absen. Pada laga terakhir, ia masih dijadikan cadangan karena masih dalam masa pemulihan.

5. Kepa Arrizabalaga mampu gantikan peran Thibaut Cortouis

5 Pemain Pinjaman yang Tampil Optimal di LaLiga pada Awal 2023/2024Kepa Arrizabalaga saat menyapa pendukung Real Madrid. (instagram.com/kepaarrizabalaga)

Kepa Arrizabalaga dipinjam Real Madrid untuk menggantikan peran Thibaut Cortouis yang mengalami cedera. Dalam kontraknya, ia rencananya akan dipinjam selama semusim penuh. Namun, belum diketahui secara pasti apakah El Real akan memermanenkannya atau tidak. 

Pada dua pertandingan perdana LaLiga, Arrizabalaga hanya dipasang sebagai cadangan Andriy Lunin. Setelah itu, Carlo Ancelotti pun memilih untuk mengisi pos penjaga mistar gawang Los Blancos. Ia pun mampu tampil baik dan mampu mencatatkan empat laga tanpa kebobolan atau clean sheet

Kelima pemain pinjaman di atas menunjukkan bahwa mereka tetap dapat berprestasi dan membuktikan kemampuan yang sebenarnya. Pasalnya, mereka mendapat jam terbang yang lebih banyak untuk unjuk gigi. Mereka pun mampu menunjukkan bahwa mereka dapat beradaptasi dengan cepat di tim barunya

Baca Juga: 5 Pengguna Nomor Punggung 25 Real Madrid sebelum Kepa Arrizabalaga

Brahm Photo Verified Writer Brahm

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya