6 Pemain Terakhir yang Memakai Nomor 14 Real Madrid sebelum Joselu

Ada pelatih Persib Bandung!

Bermain gemilang dengan mencetak 16 gol untuk Espanyol pada musim 2022/2023 membuat Joselu Mato Sanmartin disorot publik. Penyerang asal Spanyol ini akhirnya finis sebagai pencetak gol terbanyak ketiga LaLiga 2022/2023 di bawah Robert Lewandowski dan Karim Benzema. Hal tersebut tentu sangat membanggakan bagi penyerang medioker seperti Joselu.

Seiring dengan kepergian Karim Benzema ke Al-Ittihad, Joselu Mato dipilih sebagai salah satu gantinya. Ia datang ke Real Madrid dari Espanyol dengan status pemain pinjaman hingga akhir musim. Hal ini cukup mengejutkan karena Los Galacticos sebetulnya jarang mendatangkan penyerang medioker. Terlebih, tujuannya untuk mengganti penyerang sekelas Benzema.

Joselu yang juga merupakan jebolan La Fabrica (tim akademi Real Madrid) ini langsung memilih nomor punggung 14 ketika bergabung dengan Real Madrid. Nomor tersebut pernah digunakan oleh beberapa pemain hebat, terutama yang bermain di posisi gelandang. Sebagai gambaran, berikut ini ulasan performa enam pemain terakhir yang pernah menggunakan nomor punggung 14 di Real Madrid.

1. Raul Gonzalez 

6 Pemain Terakhir yang Memakai Nomor 14 Real Madrid sebelum JoseluRaul Gonzalez (realmadrid.com)

Raul Gonzalez merupakan legenda Los Galacticos yang kerap disebut sebagai Pangeran Kota Madrid. Pria asal Spanyol ini cukup akrab dengan nomor punggung 7. Namun, faktanya, Raul pun pernah menggunakan beberapa nomor punggung lain di Real Madrid, salah satunya ialah nomor punggung 14. Momen tersebut terjadi pada musim pertamanya (1994/1995) di Real Madrid. Raul sendiri mampu mencetak 324 gol dan 112 assist dalam 741 pertandingan selama bermain untuk El Real (1994--2010).

2. Luis Milla Aspas

6 Pemain Terakhir yang Memakai Nomor 14 Real Madrid sebelum JoseluLuis Milla (mobile.twitter.com/Luismillacoach)

Luis Milla Aspas kini dikenal sebagai mantan pelatih Timnas Indonesia dan pelatih Persib Bandung. Jauh sebelum itu, Luis Milla merupakan pesepak bola profesional yang pernah membela beberapa tim elite Spanyol. Salah satunya ialah Real Madrid, tim yang dibela Milla selama 7 tahun (1990--1997). Kala itu, ia mampu mencatat 4 gol dan 1 assist dari 215 laga sebagai gelandang. Saat bermain untuk Real Madrid, Milla pernah menggunakan beberapa nomor punggung, salah satunya nomor punggung 14.

Baca Juga: Coach Luis Milla Pastikan Persib Masih Mencari Satu Pemain Asing

3. Guti Hernandez

6 Pemain Terakhir yang Memakai Nomor 14 Real Madrid sebelum JoseluGuti Hernandez (realmadrid.com)

Jika dua pemain sebelumnya hanya numpang lewat menggunakan nomor punggung 14 Real Madrid, hal tersebut tak sama dengan Guti Hernandez. Gelandang jebolan La Fabrica ini justru sangat dikenal dengan nomor punggung 14. Ia menggunakannya selama 13 musim (1997--2010) dari pengabdiannya selama 15 tahun (1995--2010) di Real Madrid. Selama pengabdiannya di Real Madrid, Guti memainkan 542 laga dengan sumbangan 77 gol dan 82 assist.

4. Xabi Alonso

6 Pemain Terakhir yang Memakai Nomor 14 Real Madrid sebelum JoseluXabi Alonso (bayer04.de)

Setelah ditinggal Guti Hernandez, nomor punggung 14 Real Madrid pun diwariskan kepada Xabi Alonso. Pria yang kini menjadi pelatih Bayer Leverkusen ini sempat memilih nomor punggung 22. Namun, ia akhirnya memilih nomor punggung 14 karena nomor itu merupakan favoritnya. Xabi Alonso sendiri bermain sangat apik selama 6 tahun (2009--2015) di Real Madrid. Dalam kurun waktu tersebut, Alonso menyumbang 6 gol dan 31 assist dari 236 laga.

5. Chicharito Hernandez

6 Pemain Terakhir yang Memakai Nomor 14 Real Madrid sebelum JoseluChicharito Hernandez (realmadrid.com)

Chicarito Hernandez hanya bermain semusim (2014/2015) untuk Real Madrid. Kala itu, ia datang sebagai pemain pinjaman dari Manchester United dan langsung memakai nomor punggung 14 di Real Madrid. Serupa dengan Xabi Alonso, nomor punggung 14 juga merupakan nomor yang paling sering dipakai pemain berkebangsaan Meksiko ini. Selama berseragam Real Madrid, Chicarito mampu mencetak 9 gol dan 9 assist dari 33 laga.

6. Casemiro

6 Pemain Terakhir yang Memakai Nomor 14 Real Madrid sebelum JoseluCasemiro (twitter.com/realmadriden)

Casemiro merupakan gelandang tangguh yang memiliki peran besar membawa Real Madrid juara Liga Champions sebanyak lima kali. Permainannya sangat apik dalam menjegal serta mengalirkan bola. Oleh karena itu, Casemiro dipercaya 336 kali untuk bermain dengan sumbangan 31 gol dan 29 assist. Saat bermain untuk Real Madrid, Casemiro paling sering memakai nomor punggung 14.

 

Sebetulnya sulit untuk memprediksi kiprah Joselu di Real Madrid nanti. Pasalnya, tak banyak penyerang medioker yang bisa tumbuh berkembang bersama klub ini. Di samping itu, Real Madrid pun belum banyak bergeliat untuk mencari penyerang bitang pada bursa transfer musim panas 2023.

Baca Juga: 4 Kekalahan Terbesar yang Pernah Dialami Casemiro, Dibantai Rival!

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya