Performa 5 Klub Besar Eropa Paling Irit pada Awal 2023/2024

Mayoritas tampil konsisten

Klub besar Eropa dikenal memiliki kemampuan finansial untuk mendatangkan pemain bintang berharga selangit. Sejumlah klub raksasa di Benua Biru pun rela mengeluarkan uang begitu besar untuk merombak klubnya pada bursa transfer tiap musim. 

Pada musim panas 2023, terdapat anomali karena klub sepak bola Arab Saudi dan Timur Tengah lainnya muncul sebagai pesaing klub Eropa. Mereka ikut berburu pemain bintang di Liga Eropa untuk memperkuat timnya yang notabene bermain di liga yang kurang terkenal. 

Di sisi lain, terdapat lima klub besar Eropa yang justru berhemat dan enggan menggelontorkan dana besar untuk mendatangkan pemain bintang. Beberapa di antaranya mampu tampil konsisten, tetapi ada pula yang tersungkur pada awal 2023/2024.

1. AZ Alkmaar mampu duduk di papan atas Eredivisie

Performa 5 Klub Besar Eropa Paling Irit pada Awal 2023/2024Pemain AZ Alkmaar saat merayakan gol. (instagram.com/azalkmaar)

AZ Alkmaar termasuk salah satu klub besar Eropa yang tidak banyak membelanjakan uangnya. Klub Belanda itu hanya mengeluarkan uang sebesar 13,7 juta euro (Rp224,5 miliar) pada musim panas 2023. Dengan uang itu, Kaaskoppen membeli empat pemain baru dengan harga yang miring. 

Meski ditinggal pemain bintangnya, seperti Tijjani Reijnders, Jesper Karlsson, dan Milos Kerkez, AZ Alkmaar tetap tampil konsisten pada 2023/2024. Tim asuhan Pascal Janssen ini berhasil bertengger di posisi runner-up klasemen Eredivisie dengan 5 kemenangan dari 5 laga terakhir. Klub asal Alkmaar itu mampu bersaing ketat dengan PSV Eindhoven yang sementara menjadi pemuncak klasemen. 

2. Valencia tampil mengejutkan usai menumbangkan Atletico Madrid dan Sevilla

Performa 5 Klub Besar Eropa Paling Irit pada Awal 2023/2024Pemain Valencia saat merayakan gol. (instagram.com/valenciacf)

Valencia adalah klub raksasa Spanyol yang tengah mengalami kemerosotan. Klub yang dijuluki Los Che ini pun cukup seret dalam urusan mendatangkan pemain baru pada musim panas 2023. Totalnya, Valencia hanya membeli tiga pemain baru yang dihargai sebesar 10,4 juta euro (Rp170,45 miliar). 

Meski cukup irit, penampilan Valencia pun tidak bisa dianggap remeh pada awal musim 2023/2024. Mereka mampu meraih 2 kekalahan, 1 imbang, dan 3 kemenangan, termasuk saat bersua tim besar, seperti Atletico Madrid dan Sevilla. Ini membuktikan bahwa Valencia mulai bangkit dari keterpurukan dengan bertengger di posisi keenam klasemen pada jornada keenam.

Baca Juga: 5 Pemain yang Didatangkan Valencia pada Musim Panas 2023

3. AS Roma tampil kurang meyakinkan pada awal 2023/2024

Performa 5 Klub Besar Eropa Paling Irit pada Awal 2023/2024Pemain AS Roma saat melakukan selebrasi gol. (instagram.com/officialasroma)

AS Roma melanjutkan mode hematnya seperti bursa transfer musim panas tahun lalu. Totalnya, I Giallorossi hanya mengeluarkan dana sebesar 9,3 juta euro (Rp152,4 miliar) pada musim panas 2023. Mayoritas pemain mereka datang sebagai pinjaman atau bebas transfer. Leandro Paredes jadi satu-satunya pembelian klub.

Klub kebanggaan ibu kota Italia itu masih belum menampilkan performa gemilangnya seperti musim lalu. Tim asuhan Jose Mourinho ini hanya duduk di posisi ke-13 pada giornatta kelima Serie A Italia. Sejauh ini, mereka baru meraih 1 kemenangan, 2 kekalahan, dan 2 hasil seri.

4. Werder Bremen belum dapat bertengger di papan atas Bundesliga

Performa 5 Klub Besar Eropa Paling Irit pada Awal 2023/2024Werder Bremen saat merayakan selebrasi gol. (instagram.com/werderbremen)

Werder Bremen mengalami kemunduran dalam beberapa tahun terakhir dan sempat terdepak dari Bundesliga. Akibatnya, mereka harus mengurangi alokasi belanja pada musim panas 2023. Totalnya, Die Werderaner hanya menghamburkan uangnya sebesar 6 juta euro (Rp104,3 miliar). 

Dengan transfer itu, Die Werderaner belum tampil optimal dan harus menelan tiga kekalahan pada awal Bundesliga 2023/2024. Mereka harus puas duduk di posisi ke-10 pada spieltag kelima dengan torehan 2 kemenangan dan 3 kekalahan. Tim asuhan Ola Werner ini harus segera berbenah jika ingin kembali ke masa kejayaannya seperti pada 2000-an.

5. Athletic Bilbao tampil begitu perkasa pada awal musim 2023/2024

Performa 5 Klub Besar Eropa Paling Irit pada Awal 2023/2024Pemain Athletic Bilbao saat merayakan gol. (instagram.com/athleticclub)

Bicara mengenai klub paling hemat, tentu tak bisa dipisahkan dari Athletic Bilbao. Klub asal Basque Country ini tidak mengeluarkan uang sepeser pun untuk mendatangkan pemain baru. Pada musim panas 2023, klub ini hanya mendatangkan dua pemain yang berstatus bebas transfer. 

Menariknya, semua pemain Athletic Bilbao pergi dengan status bebas transfer dan lewat skema peminjaman. Meskipun demikian, Los Leones tetap mampu duduk di posisi ke-4 klasemen sementara LaLiga 2023/2024 pada jornada keenam. Mereka pun baru menelan 1 kekalahan, 1 hasil imbang, dan 4 kemenangan.

Suatu klub memilih berhemat karena berbagai faktor, salah satunya mengalami masalah finansial yang memaksanya mengerem pengeluaran. Meski begitu, mayoritas klub Eropa di atas terbukti tetap dapat tampil konsisten. Beberapa di antaranya tetap bercokol di papan atas kompetisi domestik masing-masing. 

Baca Juga: 5 Pemain Aktif Athletic Bilbao dengan Masa Bakti Terlama, Loyal!

Brahm Photo Verified Writer Brahm

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya