Performa 5 Pemain Jebolan Akademi di Tim Senior AZ Alkmaar 2023/2024

Antarkan AZ Alkmaar juarai UEFA Youth League

AZ Alkmaar dikenal sebagai salah satu klub yang berhasil menelurkan pemain-pemain bintang berbakat. Sudah ada dua pemain alumnus akademi AZ Alkmaar yang terbukti akan kualitasnya, yakni Teun Koopmeiners (Atalanta) dan Myron Boadu (AS Monaco).

Kualitas akademi AZ Alkmaar kian melejit setelah tim asal Alkmaar itu mampu keluar sebagai perengkuh gelar juara UEFA Youth League 2022/2023. Pada pertandingan pemungkas, tim berjuluk De Kaasboeren ini berhasil menumbangkan tim Kroasia, Hadjuk Split, dengan skor telak 5-0.

Pada 2023/2024, tercatat ada lima pemain jebolan akademi sepak bola AZ Alkmaar yang dipromosikan ke tim senior. Lantas, seperti apa penampilan mereka pada awal musim ini? Mampukah mereka masuk ke tim inti AZ Alkmaar?

1. Wouter Goes masih jadi bek pelapis di AZ Alkmaar

Performa 5 Pemain Jebolan Akademi di Tim Senior AZ Alkmaar 2023/2024Wouter Goes saat membela AZ Alkmaar. (instagram.com/azjeugd)

Wouter Goes merupakan bek tengah andalan AZ Alkmaar U-19 ketika bertanding di UEFA Youth League 2022/2023. Meski masih berusia 19 tahun, ia terbukti memiliki jiwa pemimpin sehingga dipilih sebagai kapten tim. Sebagai bek tengah, ia punya kegigihan untuk mengamankan pertahanan timnya. 

Pada 2023/2024, Goes belum mendapatkan tempat utama di skuad senior AZ Alkmaar. Sepanjang awal musim ini, ia baru diturunkan dalam 1 pertandingan Eredivisie Belanda dan 1 pertandingan Liga Europa. Tak hanya membela tim senior, Goes juga diturunkan dalam membela AZ Alkmaar U-21.

2. Rome Jayden Owusu-Oduro belum jadi kiper utama

Performa 5 Pemain Jebolan Akademi di Tim Senior AZ Alkmaar 2023/2024Rome Jayden Owusu-Oduro saat membela Timnas Belanda. (instagram.com/rjowusu_o)

Rome Jayden Owusu-Oduro merupakan kiper utama di skuad AZ Alkmaar U-19 pada ajang UEFA Youth League. Kepiawaiannya berhasil ditunjukkan ketika menggagalkan tendangan penalti pemain Sporting Lisbon di semifinal. Ia pun mencapai rekor lima pertandingan clean sheet di kompetisi junior paling bergengsi di Eropa tersebut. 

Sayangnya, pemain asal Belanda keturunan Ghana ini belum mendapatkan tempat utama di AZ Alkmaar. Ia bahkan belum diturunkan membela tim senior De Kaasboeren dalam sebelas pertandingan Eredivisie terakhir. Namun, Owusu-Oduro jadi pilihan utama di skuad AZ Alkmaar U-21.

Baca Juga: 5 Penjualan Termahal AZ Alkmaar Sepanjang Masa

3. Lewis Schouten belum dimainkan di tim senior AZ Alkmaar

Performa 5 Pemain Jebolan Akademi di Tim Senior AZ Alkmaar 2023/2024Lewis Schouten saat memperkuat AZ Alkmaar di Eredivisie. (instagram.com/lewisschouten)

Lewis Schouten menjadi pemain tengah andalan AZ Alkmaar U-19 di UEFA Youth League musim lalu. Ia memiliki peran vital sebagai penyalur bola dari belakang ke depan dan kerap membantu pertahanan maupun serangan. Dengan postur tinggi, ia punya keunggulan dalam duel udara. 

Meski sudah dipromosikan ke tim senior AZ Alkmaar, Schouten belum diturunkan di tim senior. Ia baru dimainkan sebagai gelandang tengah utama AZ Alkmaar U-21 sepanjang awal 2023/2024. Makin banyaknya jam terbang yang didapat, bukan tidak mungkin ia akan dimainkan di tim senior.

4. Ernest Poku masih jadi striker cadangan AZ Alkmaar

Performa 5 Pemain Jebolan Akademi di Tim Senior AZ Alkmaar 2023/2024Ernest Poku saat memperkuat AZ Alkmaar. (instagram.com/ernestpoku._)

Ernest Poku merupakan striker andalan AZ Alkmaar U-19 pada 2022/2023. Ia dipromosikan ke tim senior karena mampu mencetak 8 gol dalam 9 pertandingan UEFA Youth League musim lalu. Atas hasil itu, ia berhasil masuk dalam daftar top skor kompetisi junior antarklub Eropa tersebut. 

Pada 2023/2024, Poku sudah diturunkan dalam 5 pertandingan AZ Alkmaar di Eredivisie dan 1 pertandingan UEFA Conference League. Mayoritas, ia hanya dikeluarkan sebagai pemain pengganti di tim senior. Meski begitu, ia turut berkontribusi memperkuat tim AZ Alkmaar U-21.

5. Mexx Meerdink belum dimainkan di tim senior AZ Alkmaar

Performa 5 Pemain Jebolan Akademi di Tim Senior AZ Alkmaar 2023/2024Mexx Meerdink saat merayakan kemenangan AZ Alkmaar di UEFA Youth League 2023. (instagram.com/azjeugd)

Mexx Meerdink berhasil memuncaki top skor UEFA Youth League 2022/2023 dengan torehan 9 gol dan 2 assist. Striker asal Belanda ini jadi salah satu pemain kunci AZ Alkmaar U-19 untuk memenangi kejuaraan bergengsi tersebut. Bersama Ernest Poku, ia mampu membuat lini depan timnya begitu tajam. 

Pemain yang baru menginjak usia 20 tahun ini sudah dipromosikan di tim senior AZ Alkmaar. Sayangnya, ia sama sekali belum diberi kesempatan membela tim senior dan baru ditunjuk mengisi tim U-21. Bersama tim junior, ia berhasil mencetak dua gol meski sempat dirundung cedera pada awal musim. 

Dari kelima pemain jebolan akademi AZ Alkmaar di atas baru ada dua pemain yang diberikan kesempatan untuk memperkuat tim senior. Seiring berjalannya waktu kemampuan mereka akan terus terasah. Bukan tidak mungkin mereka akan dipercaya mengisi skuad inti De Kaasboeren dalam beberapa tahun ke depan.

Baca Juga: 4 Pemain AZ Alkmaar yang Hengkang ke Serie A pada Musim Panas 2023

Brahm Photo Verified Writer Brahm

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya