Perjalanan Atalanta Bergamo Tembus Final Coppa Italia 2023/2024

Berpotensi menjuarai Coppa Italia dan Liga Europa

Atalanta Bergamo mencapai kesuksesan besar pada 2023/2024. Meski begitu, klub asuhan Gian Piero Gasperini ini sempat meredup pada 2021/2022. Mereka gagal masuk ke turnamen antarklub Eropa.

Setelah merombak timnya, Atalanta mampu kembali duduk di posisi kelima klasemen akhir Serie A 2022/2023. Mereka berhak menembus Liga Europa.

Pada musim ini, Atalanta tak hanya duduk di papan atas Serie A Italia, klub berjuluk La Dea itu juga mampu membuktikan kehebatannya dengan menembus final Coppa Italia. Mereka sudah ditantang Juventus pada partai puncak yang digelar pada 14 Mei 2024 mendatang. 

Melihat performa gemilang Atalanta sepanjang 2023/2024, tentu menarik untuk ditilik seperti apa sepak terjang klub berkandang di Stadio Atleti Azzurri d'Italia di Coppa Italia maupun turnamen bergengsi lainnya.

1. Sukses menundukkan Fiorentina dan AC Milan

Perjalanan Atalanta Bergamo Tembus Final Coppa Italia 2023/2024Pemain Atalanta saat merayakan kemenangan. (instagram.com/atalantabc)

Perjalanan Atalanta di Coppa Italia sebenarnya belum terlalu panjang. Keuntungan ini didapat karena tim asal Bergamo ini punya privilese untuk langsung masuk pada babak 16 besar Coppa Italia 2023/2024 sebagai tim papan atas Serie A Italia. Klub ini pun hanya menghadapi tim papan bawah, Sassuolo, di laga perdana. 

Sesuai prediksi, La Dea mampu menang mudah ketika menjamu Sassuolo di Gewiss Stadium. Mereka mengalahkan I Neroverdi dengan skor meyakinkan 3-1. Pada laga itu, Atalanta menguasai jalannya pertandingan dan sempat unggul 3-0, sebelum akhirnya Sassoulo mampu mencetak gol hiburan lewat sepakan Daniel Bolocca pada menit akhir. 

Pada babak perempat final, Atalanta harus menghadapi lawan berat, AC Milan. Pada laga itu, I Rossoneri justru mendominasi permainan dan sempat unggul terlebih dahulu. Namun, La Dea yang akhirnya keluar sebagai pemenang berkat gol kedua Teun Koopmeiners jelang berakhirnya laga.

Baca Juga: 3 Pemain Atalanta Termahal yang Pernah Dijual kepada AC Milan

2. Atalanta masuk ke final Coppa Italia untuk keenam kalinya

Perjalanan Atalanta Bergamo Tembus Final Coppa Italia 2023/2024Pemain Atalanta Bergamo saat membela timnya. (instagram.com/atalantabc)

Usai menjalani laga ketat melawan AC Milan, Atalanta kembali harus menghadapi lawan berat, Fiorentina. Pada leg pertama di Stadio Artemio Franchi, Fiorentina sebagai tuan rumah mampu unggul 1-0 dari Atalanta. Pada leg kedua, La Dea mampu menggilas La Viola dengan skor 4-1 dan memastikannya meraih tiket ke final. 

Klub binaan Gian Piero Gasperini ini sebenarnya sudah tidak asing di turnamen bergengsi di Italia ini. Pasalnya, Atalanta sudah mencatatkan diri masuk ke final Coppa Italia sebanyak enam kali. Tim ini juga pernah menjuarai Coppa Italia 1962/1963 usai mengalahkan Torino 3-1.

Klub asal Lombardi ini terakhir kali masuk ke partai puncak Coppa Italia pada 2018/2019. Sayangnya, mereka gagal keluar sebagai juara dan harus mengakui keunggulan Lazio (0-2). Alhasil, musim ini adalah kesempatan emas mereka untuk merengkuh gelar Coppa Italia kedua mereka.

3. Sukses menembus semifinal Liga Europa 2023/2024

Perjalanan Atalanta Bergamo Tembus Final Coppa Italia 2023/2024Mario Pasalic saat melakukan selebrasi gol. (instagram.com/atalantabc)

Tak hanya sukses di turnamen domestik, Atalanta mampu menunjukkan keperkasaannya di Liga Europa. La Dea mampu keluar sebagai juara Grup D dan memperoleh tiket langsung ke babak 16 besar. Berhadapan dengan Sporting Lisbon, tim ini berhak melaju ke perempat final usai unggul dengan agregat 3-2. 

Pada babak perempat final, Atalanta harus menghadapi lawan yang amat berat, Liverpool. Dipandang sebagai tim yang lebih lemah, La Dea justru mampu menang telak 3-0 ketika melawat ke Anfield. Pada leg kedua di Gewiss Stadium, Atalanta justru harus mengakui keunggulan Liverpool 0-1, yang dicetak Mohammed Salah lewat titik putih. 

Setelah dipastikan melaju ke semifinal, Atalanta akan menghadapi lawan yang tak bisa dianggap remeh, Olympique Marseille. Melihat penampilan Marseille pada laga sebelumnya, tentu pertandingan tersebut akan berlangsung ketat dan menarik. Meskipun demikian, Atalanta punya peluang untuk melaju ke final Liga Europa. 

Kesukesan Atalanta Bergamo musim ini memang patut diapresiasi dan tidak bisa dilepaskan dari prestasi pemain dan jajaran pelatihnya. Kini, La Dea berpotensi meraih sejarah baru dengan melaju ke final Liga Europa dan menjuarai Coppa Italia untuk kedua kalinya. Lantas bisakah Atalanta menjuarai kedua turnamen tersebut?

Baca Juga: 3 Pemain Atalanta yang Menonjol saat Pecundangi Liverpool di Anfield

Brahm Photo Verified Writer Brahm

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya