5 Rekrutan Gratis yang Tampil Optimal di Ligue 1 pada Awal 2023/2024

Sukses merebut posisi utama di tim barunya

Klub Prancis aktif pada bursa transfer musim panas 2023 dengan menggaet sejumlah pemain bintang demi meningkatkan performa pada 2023/2024. Bahkan, beberapa klub raksasa Prancis rela menggelontorkan dana begitu besar untuk mendatangkan pemain berkualitas.

Menariknya, beberapa klub Prancis juga tak mau ketinggalan untuk merekrut pemain berharga miring atau pemain berstatus bebas transfer. Dengan cara ini, klub dapat menghemat biaya karena tidak perlu membayar untuk mendapatkan tanda tangan seorang pemain.

Meski kerap dipandang sebagai pemain buangan, ternyata ada lima rekrutan gratis yang tampil optimal di Ligue 1 pada awal 2023/2024.

1. Daler Kuzyaev sudah jadi gelandang inti di Le Havre

5 Rekrutan Gratis yang Tampil Optimal di Ligue 1 pada Awal 2023/2024Daler Kuzyaev saat berlatih bersama Le Havre. (instagram.com/hac_foot)

Daler Kuzyaev merapat ke Le Havre setelah kontraknya bersama Zenit St Petersburg berakhir pada musim panas 2023. Pemain asal Rusia ini datang di Stade Océane untuk menambah pilihan di lini tengah skuad asuhan Luka Elsner. Ia pun sudah menerima kontrak sampai 2025. 

Pada awal 2023/2024, Kuzyaev berhasil menunjukkan penampilan terbaiknya seperti ketika membela Zenit. Ia pun sudah dimasukkan dalam daftar starting line-up dalam 8 dari total 9 laga Ligue 1 terakhir. Kuzyaev hanya sekali dicadangkan, ketika Les Ciel et Marine bertandang ke Marseille. 

2. Ivan Cavaleiro mampu tampil apik bersama LOSC Lille

5 Rekrutan Gratis yang Tampil Optimal di Ligue 1 pada Awal 2023/2024Ivan Cavaleiro saat membela LOSC Lille di Ligue 1. (instagram.com/ivancavaleiro)

Ivan Cavaleiro sebenarnya adalah pemain buangan dari Fulham. Ia gagal mendapat tempat utama di klub asal London tersebut dan terpak dipinjamkan ke Alanyaspor selama semusim. Pemain asal Angola ini pun memutuskan bergabung ke LOSC Lille untuk menggantikan peran Jonathan Bamba. 

Pada awal 2023/2024, Cavaleiro berhasil beradaptasi dengan cepat dan tampil mengesankan bersama klub barunya. Meski pada dua laga awal hanya menjadi cadangan, tetapi ia mampu menunjukkan penampilan yang optimal di laga berikutnya. Alhasil, ia jadi sayap kiri utama pilihan Paulo Fonseca.

Baca Juga: 5 Kemenangan Perdana Luis Enrique Bersama PSG di Ligue 1

3. Becir Omeragic sudah masuk bek inti Montpellier

5 Rekrutan Gratis yang Tampil Optimal di Ligue 1 pada Awal 2023/2024Becir Omeragic (kiri) saat menghadiri Summer Tour. (instagram.com/mhscofficiel)

Becir Omeragic akhirnya memilih berlabuh ke Montpellier usai kontraknya dengan FC Zuerich berakhir. Pemain asal Swiss keturunan Bosnia-Herzegovina ini mampu sudah menyetujui kontrak sampai 2028. Kedatangannya untuk menambah pilihan pemain bertahan di Montpellier.

Sempat jadi pelapis pada dua laga debutnya, Omeragic kini dijadikan sebagai bek tengah andalan pelatih Michel Der Zakarian. Omeragic berhasil membuktikan bahwa ia pantas jadi pemain inti La Paillade berkat penampilan di awal. Dalam lima pertandingan terakhir, ia sudah bermain 90 menit di lapangan.

4. Pierre-Emerick Aubameyang selalu dipasang sebagai striker utama Marseille

5 Rekrutan Gratis yang Tampil Optimal di Ligue 1 pada Awal 2023/2024Pierre-Emerick Aubameyang saat membela Olympique Marseille. (instagram.com/auba)

Pierre-Emerick Aubameyang menerima tawaran dari Olympique Marseille setelah kontraknya dengan Chelsea berakhir pada musim panas 2023. Ia direkrut untuk mempertajam lini serang klub asal Marseille itu. Pasalnya, Les Phocéens tengah menghadapi krisis striker usai ditinggal pergi tiga strikernya, Alexis Sánchez, Arkadiusz Milik, dan Luis Suárez.

Pada laga perdana, Aubameyang sempat dipasang sebagai pelapis, tetapi pada laga selanjutnya ia sudah dipercaya masuk dalam tim inti. Sejauh ini, pemain asal Gabon ini berhasil menyarangkan lima gol dari total 13 laga Ligue 1, Europa League, dan Kualifikasi Liga Champions. Ke depannya, kemungkinan ia masih dipercaya pelatih Genaro Gattuso untuk jadi striker utama.

5. Milan Skriniar didapuk sebagai bek andalan Paris Saint-Germain

5 Rekrutan Gratis yang Tampil Optimal di Ligue 1 pada Awal 2023/2024Milan Skriniar saat memperkuat PSG di Ligue 1. (instagram.com/milanskriniar)

Sempat dikabarkan akan bergabung ke sejumlah klub, Milan Skriniar akhirnya memutuskan berlabuh ke Paris Saint-Germain. Kedatangannya cukup penting untuk menambah pilihan pemain bertahan Les Parisiens. Pasalnya, PSG telah menjual El Chadaille Bitshiabu dan tidak memperpanjang kontrak Sergio Ramos. 

Sejak awal 2023/2024, pemain asal Slovakia ini selalu menjadi bek tengah utama pilihan Luis Enrique. Ia pun dapat dengan mudah beradaptasi dengan strategi permainan PSG dan cocok diduetkan dengan Marquinhos maupun Danilo Pereira. Skriniar pun baru dicadangkan sekali ketika Les Parisiens bertemu RC Strasbourg pada pekan kesembilan Ligue 1. 

Kelima pemain Ligue 1 Prancis di atas menunjukkan bahwa tidak semua pemain dengan status free agent adalah pemain buangan. Mereka membuktikan dapat beradaptasi dengan cepat dengan strategi yang diterapkan klub barunya. Bahkan, mereka dapat berkontribusi besar pada penampilan tim barunya.

Baca Juga: 5 Pemain Mahal yang Belum Tampil Optimal pada Awal Ligue 1 2023/2024

Brahm Photo Verified Writer Brahm

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya