5 Remaja yang Menonjol di Ligue 1 Prancis pada 2023/2024

Dapat jam terbang tinggi di usia muda

Sebagai salah satu liga terbaik Eropa, Ligue 1 Prancis telah menelurkan pemain sepak bola kelas dunia. Tercatat, sudah banyak pemain kelas dunia yang mengawali kariernya di liga ini, seperti Karim Benzema, Zinedine Zidane, Kylian Mbappé, dan masih banyak lainnya.

Pada 2023/2024, sudah ada lima remaja yang dimasukkan ke skuad senior klubnya. Bahkan, kelima pemain itu mampu menunjukkan performa terbaiknya meski masih berusia belasan tahun.

Berikut lima remaja yang menonjol di Ligue 1 Prancis pada 2023/2024!

1. Guillaume Restes didapuk sebagai kiper andalan FC Toulouse

5 Remaja yang Menonjol di Ligue 1 Prancis pada 2023/2024Guillaume Restes saat memperkuat FC Toulouse. (instagram.com/guillaume_restes)

Guillaume Restes terpilih sebagai kiper utama FC Toulouse pada 2023/2024. Ia bahkan mampu menggeser Álex Domínguez yang didatangkan untuk menggantikan peran Maxime Dupé yang hengkang ke Anderlecht. Ia pun didapuk sebagai kiper utama termuda di Liga Prancis saat ini.

Kiper jebolan akademi FC Toulouse ini mampu memberikan performa impresif dalam 20 pertandingan Ligue 1 dan Liga Europa. Pemain berusia 18 tahun ini sukses mengakhiri empat laga tanpa kebobolan atau clean sheet. Kini, Restes juga diandalkan sebagai penjaga gawang utama Timnas Prancis U-21.

2. Khalil Fayad diandalkan sebagai gelandang utama Montpellier

5 Remaja yang Menonjol di Ligue 1 Prancis pada 2023/2024Khalil Fayad saat memperkuat Montpellier di Ligue 1. (instagram.com/khaliil.fayad)

Khalil Fayad mampu menunjukkan kemampuannya dalam mengatur lini tengah Montpellier pada usia dini. Meski belum banyak diturunkan sebagai starter, ia hampir selalu dimainkan dalam tiap pertandingan di Ligue 1. Ia bahkan sudah menyumbangkan sebuah gol saat melawan FC Toulouse.

Fayad sudah dipromosikan ke tim utama Montpellier sejak 2022/2023. Ia pun mendapatkan banyak jam terbang sejak musim lalu, meski hanya sebagai pemain cadangan. Tak heran harga pasarnya melonjak jadi 4,5 juta euro (Rp75,5 miliar) berkat performanya belakangan ini.

Baca Juga: 5 Pemain Italia yang Menjuarai Ligue 1 Prancis Bersama PSG

3. Désiré Doué sukses menunjukkan performa apik di Stade Rennais

5 Remaja yang Menonjol di Ligue 1 Prancis pada 2023/2024Désiré Doué (hitam) saat membela Stade Rennais. (instagram.com/desire.doue)

Désiré Doué merupakan salah satu pemain remaja di dalam skuad Stade Rennais pada 2023/2024. Ia sudah dipromosikan ke tim senior sejak musim panas 2022 untuk menambah amunisi penyerang Les Rennais. Sejak musim lalu, ia berhasil memperoleh jam terbang tinggi bersama timnya. 

Sepanjang musim ini, Doue sudah menampilkan performa yang cemerlang di klubnya. Dalam 13 pertandingan Ligue 1 terakhir, ia sudah menyumbangkan 1 gol dan 1 assist untuk timnya. Penampilam impresif ini berbuntut pada lonjakan harganya yang mencapai 15 juta euro (Rp251,6 miliar).

4. Eli Junior Kroupi sukses cetak 4 gol di FC Lorient

5 Remaja yang Menonjol di Ligue 1 Prancis pada 2023/2024Eli Junior Kroupi saat membela FC Lorient. (instagram.com/fclorient)

Eli Junior Kroupi sukses jadi andalan lini serang FC Lorient pada usia dini. Pemain berusia 17 tahun ini sudah mendapat kepercayaan pelatih Régis Le Bris untuk menempati pos gelandang serang. Ia bahkan mampu menggeser Quentin Boisgard dan Julien Ponceau yang usianya di atasnya.

Meski baru debut pada 2023/2024, Junior Kroupi mampu menunjukkan ketajamannya. Dalam 14 pertandingan Ligue 1 terakhir, ia sudah menyumbangkan 4 gol dan 2 assist untuk FC Lorient. Alhasil, harga pasarnya pun melonjak jadi 8 juta euro (Rp134,2 miliar).

5. Oumar Diakité jadi andalan lini serang Stade Reims

5 Remaja yang Menonjol di Ligue 1 Prancis pada 2023/2024Oumar Diakité saat bermain bersama Stade de Reims. (instagram.com/oumar_diakite10)

Oumar Diakité merupakan salah satu penyerang muda yang tengah menjadi sorotan pada 2023/2024. Pada usia 19 tahun, ia sudah dipercaya untuk mengisi pos striker Stade Reims di bawah asuhan Will Still. Sepanjang 13 laga Liga Prancis terakhir, ia sudah menyumbangkan 2 gol untuk klubnya. 

Meski masih remaja, striker asal Pantai Gading ini sudah membela beberapa klub yang berbeda. Ia memulai debut profesionalnya bersama klub Pantai Gading, ASEC Mimosas, pada 2020. Berselang 2 tahun, ia didatangkan RB Salzburg dan sempat dipinjamkan ke FC Liefering. Pada 2023, ia pun memilih bergabung dengan Stade Reims. 

Kelima pemain di atas sukses menunjukkan kemampuannya sebagai pemain sepak bola pada usia belia. Ini merupakan awal bagus karena kemampuannya akan meningkat seiring bertambahnya pengalaman selama diturunkan. Jika kiprah cemerlangnya terus berlanjut, maka bukan tidak mungkin pemain muda ini akan dipinang klub raksasa Eropa. 

Baca Juga: 4 Pemain Inggris yang Bermain di Ligue 1 Prancis pada 2023/2024

Brahm Photo Verified Writer Brahm

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya