6 Transfer Terbesar di Ligue 1 Prancis pada Musim Dingin 2022

Mayoritas didatangkan dari luar Prancis

Bursa transfer musim dingin tahun ini telah menghadirkan sejumlah kejutan yang tak terduga sebelumnya. Beberapa klub besar yang memiliki dana besar juga sudah menggelontorkan uangnya untuk membeli sejumlah pemain bintang, tapi ada pula yang memilih untuk menahan diri. 

Walaupun tak sebesar transfer di liga besar lainnya, tetapi klub Prancis juga turut aktif dalam melakukan sejumlah pembelian pada transfer musim dingin kali ini. Di sisi lain, PSG yang dikenal sebagai klub terbesar di Ligue 1 justru memilih tidak bertransaksi pada bursa transfer kali ini. Ini 6 transfer besar di Ligue 1 pada bursa transfer musim dingin 2022.

1. Patrick Berg (RC Lens)

6 Transfer Terbesar di Ligue 1 Prancis pada Musim Dingin 2022Patrick Berg ketika resmi berseragam RC Lens. (instagram.com/rclens)

Sebagai salah satu klub yang sedang naik daun, RC Lens sudah ikut dalam melakukan pembelian pemain pada musim dingin tahun ini. Klub asal Kota Lens itu mendatangkan pesepak bola asal Norwegia, Patrick Berg dari klub lokal FK Bodø dengan banderol 4,5 juta euro atau Rp73,9 miliar. 

Pemain sepak bola berusia 24 tahun itu didatangkan untuk memperkuat lini tengah Lens, sekaligus untuk membantu pertahanan. Sejak didatangkan pada 1 Januari lalu, Berg sudah tampil empat kali pertandingan Lens di Ligue 1. 

2. Billal Brahimi (OGC Nice)

6 Transfer Terbesar di Ligue 1 Prancis pada Musim Dingin 2022Billal Brahimi saat bergabung dengan OGC Nice. (instagram.com/ogcnice)

Billal Brahimi merupakan salah satu pemain berkebangsaan Prancis yang didatangkan Nice dari klub Ligue 1, Angers pada akhir Januari lalu. Pemain muda 21 tahun ini dibeli dengan banderol sebesar 7 juta euro atau senilai Rp114,9 miliar, dengan kontrak yang berakhir pada 2026 mendatang.

Pesepak bola keturunan Aljazair ini memiliki posisi sebagai gelandang serang dan winger kanan maupun kiri. Brahimi didatangkan untuk mempertajam lini serang Nice yang sekarang mampu bersaing di papan atas Ligue 1. 

Baca Juga: Berusia Senja, 5 Bek Tengah Veteran Ini Memilih Hengkang ke Ligue 1

3. Edon Zhegrova (LOSC Lille)

6 Transfer Terbesar di Ligue 1 Prancis pada Musim Dingin 2022Edon Zhegrova saat bergabung dengan LOSC Lille. (instagram.com/losclive)

Edon Zhegrova termasuk salah satu pemain termahal yang didatangkan ke Prancis pada musim dingin tahun ini. Pesepak bola berkebangsaan Kosovo itu dibeli Lille dengan dana sebesar 7 juta euro atau senilai Rp114,9 miliar dan dikontrak 4,5 tahun, yang artinya akan berakhir pada Juni 2026 mendatang.

Pesepak bola berusia 22 tahun kelahiran Jerman itu sebelumnya sempat membela klub Belgia, KRC Genk dan klub Swiss, FC Basel. Zhegrova dikenal memiliki posisi sebagai sayap kanan yang berguna untuk membantu serangan Lille. 

4. Jens Cajuste (Stade Reims)

6 Transfer Terbesar di Ligue 1 Prancis pada Musim Dingin 2022Jens-Lys Cajuste saat resmi berseragam Stade Reims. (instagram.com/jenscajuste)

Berikutnya ada Jens Cajuste yang resmi bergabung bersama Stade Reims setelah didatangkan dari FC Midtjylland. Pemain jebolan akademi Örgryte IS ini didatangkan ke Prancis dengan harga yang cukup tinggi mencapai 10 juta euro atau Rp164,2 miliar. 

Pesepak bola muda berkebangsaan Swedia dan Amerika Serikat ini memiliki posisi utama sebagai gelandang bertahan. Oleh karena itu, ia didatangkan untuk mengisi lini tengah dan membantu pertahanan klub asal Kota Reims itu. 

5. Vanderson (AS Monaco)

6 Transfer Terbesar di Ligue 1 Prancis pada Musim Dingin 2022Vanderson ketika resmi bergabung dengan AS Monaco. (instagram.com/vanderson02_)

Salah satu rekrutan terbesar di Liga Prancis musim dingin tahun ini adalah Vanderson. Pemain berkebangsaan Brasil ini resmi berseragam AS Monaco usai diboyong ke Stade Louis II dengan banderol mencapai 11 juta euro atau senilai dengan Rp180,7 miliar. 

Pesepak bola muda berusia 20 tahun ini diketahui sudah membela tim senior Gremio sejak tahun lalu. Performanya sebagai bek kanan yang impresif bersama Gremio membuat harganya melambung, dan termasuk pemain termahal di Prancis musim dingin tahun ini. 

6. Romain Faivre (Olympique Lyon)

6 Transfer Terbesar di Ligue 1 Prancis pada Musim Dingin 2022Romain Faivre ketika resmi berseragam Olympique Lyon (instagram.com/ol)

Terakhir sekaligus yang terbesar adalah Romain Faivre yang resmi bergabung bersama Olympique Lyon. Pemain sepak bola berusia 23 tahun itu diboyong ke Lyon dari Stade Brest 29 dengan harga yang cukup mahal sebesar 15 juta euro atau Rp246,4 miliar dengan kontrak 4,5 tahun.

Pesepak bola berkebangsaan Prancis yang memiliki keturunan Aljazair ini berposisi sebagai gelandang kiri, tapi ia juga bisa ditempatkan sebagai gelandang serang maupun kanan. Penampilannya bersama Stade Brest yang mengesankan musim ini membuatnya dipercaya untuk menggantikan Bruno Guimarães yang pergi ke Newcastle United. 

 

Beberapa pemain yang dibeli oleh klub Prancis pada musim dingin tahun ini memang memiliki banderol yang bisa dibilang tidak terlalu tinggi. Kendati demikian, bukan berarti pemain tersebut tidak berkualitas dan memiliki potensi untuk dapat lebih bersinar bersama klub barunya. 

Baca Juga: 5 Pemain Top Ligue 1 yang Bermain di Piala Afrika 2021

Brahm Photo Verified Writer Brahm

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya