Comscore Tracker

5 Fakta Menarik Penghargaan Ballon d'Or yang Jarang Orang Tahu

Ballon d'Or tidak cuma sebatas Messi dan Ronaldo!

Ballon d'Or merupakan penghargaan paling prestisius bagi pesepak bola di seluruh dunia yang diselenggarakan tiap tahun. Penghargaan ini digagas oleh majalah sepak bola asal Prancis, France Football, yang ditujukan kepada pemain yang tampil apik selama satu musim yang dimulai sejak 1956. Tahun ini Lionel Messi kembali meraih penghargaan ini untuk kali ketujuh, sekaligus menjadikannya sebagai pemain peraih gelar Balon d'Or terbanyak sepanjang sejarah.

Messi menyingkirkan kandidat top lainnya, seperti Lewandowski, Jorginho, dan N'Golo Kante. Namun, tidak banyak orang tahu bahwa penghargaan Balon d'Or tidak hanya tentang kiprah pemain hebat seperti Messi dan Ronaldo yang mendominasi dalam beberapa dekade terakhir. Berikut ini adalah 5 fakta menarik tentang Balon d'Or yang jarang orang tahu, apa saja? simak sampai selesai ya!

1. George Weah, pemain pertama luar Eropa dan satu-satunya pemain Afrika yang menang Ballon d'Or

5 Fakta Menarik Penghargaan Ballon d'Or yang Jarang Orang TahuGeoge Weah saat memperkuat AC Milan (cbssports.com)

George Weah merupakan pemain asal Benua Afrika, lebih tepatnya adalah Liberia. Weah merupakan striker andalan AC Milan pada periode tahun '90-an sebelum berpindah ke Paris Saint Germain.

Pada tahun 1995, ia meraih trofi Ballon d'Or yang sekaligus menjadikan ia orang di luar Eropa pertama dalam sejarah yang memperoleh trofi prestisius tersebut. Bahkan, hingga saat ini belum ada lagi pemain dari Afrika yang mampu menyamai prestasinya. Sepanjang kariernya ia mencetak 215 gol dan meraih 11 trofi bergengsi, baik bersama Milan, PSG, maupun beberapa klub lainnya yang ia bela.

2. Blackpool punya jumlah gelar Ballon d'Or yang sama dengan Liverpool

5 Fakta Menarik Penghargaan Ballon d'Or yang Jarang Orang TahuPemain Blackpool saat merayakan gol (footballleagueworld.co.uk)

Tidak banyak orang tahu bahwa Blackpool, klub yang kini bermain di divisi Championship atau kasta kedua di bawah Liga Inggris, pada zaman dahulu merupakan klub yang cukup diperhitungkan di Britania Raya dan Eropa. Bahkan, penghargaan Ballon d'Or pertama kali diraih oleh pemain dari klub dengan julukan "Pool" ini, yaitu Stanley Matthews. 

Torehan yang diperloeh Stanley Matthews tentu menjadi kebanggaan klub tersebut karena menjadi satu-satunya dan menjadi yang pertama di tanah Inggris. Raihan satu trofi tersebut ternyata sama dengan yang diperoleh Liverpool sejauh ini. Liverpool memperoleh trofi Ballon d'Or pertama dan satu-satunya sampai saat ini pada tahun 2001 yang didapat oleh Michael Owen.

Baca Juga: Cristiano Ronaldo Amuk Panitia Ballon d'Or Gara-gara Bohong

3. Manchester United menjadi klub Inggris dengan Ballon d'Or terbanyak

5 Fakta Menarik Penghargaan Ballon d'Or yang Jarang Orang TahuRonaldo saat memperkuat Manchester United (skysports.com)

Klub Liga Inggris paling banyak mengoleksi trodi Ballon d'Or dipegang oleh Manchester United dengan 4 trofi. Dennis Law menjadi pemain pertama United yang meraih trofi tersebut pada tahun 1964, kemudian dilanjutkan Sir Bobby Charlton pada tahun1966, George Best pada tahun 1968, dan terakhir Cristiano Ronaldo pada tahun 2008.

Torehan Ballon d'Or Ronaldo pada tahun itu sekaligus menjadi yang terakhir bagi United sampai saat ini. Koleksi trofi Ballon d'Or United masih kalah jauh dari Barcelona dengan 9 trofinya.

4. Jimmy Greaves jadi nominasi Ballon d'Or saat memperkuat tiga klub berbeda dalam semusim

5 Fakta Menarik Penghargaan Ballon d'Or yang Jarang Orang TahuJimmy Greaves saat memperkuat Chelsea pada tahun 1961. (.sportskeeda.com)

Memperkuat tiga klub dalam satu musim dan mampu tampil apik di ketiga klub tersebut tentu menjadi hal yang sangat luar biasa dan susah diterima dengan akal sehat. Namun, seorang Jimmy Greaves mampu melakukan hal tersebut pada tahun 1961. Ia memperkuat Chelsea,  AC Milan, dan Tottenham Hotspur.

Berkat konsistensi permainannya dan kontribusi besarnya kepada tim yang ia bela, ia akhirnya diganjar penghargaan Ballon d'Or pada tahun 1961. Rekor ini sampai hari ini belum terpecahkan dan sepertinya akan abadi.

5. Awalnya Ballon d'Or hanya dikhususkan untuk pesepak bola Eropa

5 Fakta Menarik Penghargaan Ballon d'Or yang Jarang Orang TahuLuca Modric menjadi pemain Kroasia pertama yang memperolkeh Ballon d'Or. (as.com)

Fakta terakhir yang mungkin jarang orang tahu adalah pada awalnya pengahargaan Ballon d'Or hanya dikhususkan untuk pemain benua Eropa. Sebelum tahun 1995, banyak pemain bintang, seperti Pele dan Maradona, yang tidak bisa meraih trofi tersebut meskipun tampil apik karena mereka berdua tidak berasal dari Eropa. 

Pada tahun 2007 ada perubahan aturan lagi bahwa semua pemain seluruh dunia berhak masuk nominasi dan memenangi trofi bergengsi ini karena pada tahun 1995--2007 yang bisa memperoleh Ballon d'Or hanya pemain yang bermain di liga-liga di benua Eropa. Adanya aturan tersebut, baik liga di Eropa, Asia, maupun Afrika punya kesempatan yang sama.

 

Nah itulah 5 fakta menarik tentang penghargaan Ballon d'Or yang jarang orang ketahui. Karena termasuk trofi yang prestisius, wajar saja banyak pemain yang mengidam-idamkankanya sebagai tolok ukur keberhasilan kariernya sebagai pesepak bola.

Baca Juga: 6 Peraih Penghargaan di Gala Ballon d'Or 2021, Messi Menang Lagi!

Candra Septian Bantara Photo Verified Writer Candra Septian Bantara

Mahasiswa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya