Tak Kalah Seru, Inilah 5 Laga Derby Terbesar di Ajang Bundesliga

Pertandingan yang disajikan tak kalah menyedot perhatian

Berbagai pertandingan derbi yang digelar di kompetisi domestik Bundesliga di Jerman tak kalah seru dengan beberapa pertandingan derbi di negara-negara lainnya. Tak jarang, pertandingan-pertandingan tersebut dipenuhi oleh para penggemar kedua klub yang bertanding.

Kelima pertandingan derbi yang pernah terjadi di ajang Bundesliga ini menjadi pertandingan derbi terbesar yang ada di sepak bola Jerman sampai saat ini. Derbi apa saja yang dimaksud? Berikut penjelasannya.

1. The Rhine Derby (FC Koln vs Borussia Monchengladbach) 

https://www.youtube.com/embed/YpvF_43h-f4

Pertandingan The Rhine Derby yang mempertemukan antara FC Koln vs Borussia Monchengladbach masih terus berlanjut di kompetisi Bundesliga musim ini. Kedua tim
terakhir bertemu pada (6/2) lalu saat FC Koln berhasil menang 2-1 atas rivalnya tersebut.

Berawal dari final DFB Pokal musim 1972/1973 lalu, di mana kedua tim ini bertemu dan pemain Borussia Monchengladbach saat itu, Gunter Netzer, sukses memenangkan klubnya atas FC Koln, sehingga permusuhan antara kedua klub ini menjadi hal yang terus berlanjut sampai sekarang di setiap pertemuan mereka. Pada (27/11) ini, mereka akan bertemu dalam lanjutan Bundesliga yang digelar di markas FC Koln, RheinEnergieStadion.

2. Berlin Derby (Union Berlin vs Hertha Berlin) 

https://www.youtube.com/embed/Z-V-P_j3g7A

Pertandingan bertajuk Berlin Derby ini merupakan pertandingan yang mempertemukan sesama wakil dari Berlin di Bundesliga, antara Union Berlin dengan Hertha Berlin. Kedua klub ini pertama kali bertemu di ajang 2.Bundesliga pada musim 2010/2011 lalu, di mana saat itu berakhir dengan skor imbang 1-1.

Setelah lama tak bertemu, akhirnya kedua klub bertemu kembali di ajang Bundesliga pada
musim 2019/2020 lalu. Belum lama ini, Union Berlin berhasil mengalahkan Hertha Berlin dengan skor akhir 2-0 dalam lanjutan Bundesliga musim 2021/2022 yang digelar pada
(20/11) lalu.

Baca Juga: 5 Bintang Bundesliga yang Performanya Anjlok usai Hengkang ke EPL

3. The Revierderby (Borussia Dortmund vs Schalke 04) 

https://www.youtube.com/embed/BaCubR4Gxtg

Pertandingan derbi The Revierderby merupakan pertandingan derbi paling dikenal di
Jerman sepanjang sejarah sepak bola mereka. Awal mulanya disebabkan oleh dua kelompok penggemar kedua klub berasal dari pusat produksi batu bara dan baja di Jerman, demi merebut jantung industri perekonomian lokal setempat.

The Revierderby telah menghasilkan berbagai pertandingan dramatis selama bertahun-tahun, tetapi pertemuan pada November 2017 lalu, ketika Borussia Dortmund unggul 4-0 saat itu dan mampu dikejar oleh Schalke 04 yang berakhir dengan skor 4-4. Pertemuan keduanya terakhir kali terjadi di ajang Bundesliga pada (20/2) lalu saat Borussia Dortmund menang telak 4-0 atas Schalke 04.

Sayangnya, pertandingan The Revierderby tak disajikan di ajang Bundesliga musim ini. Alasannya karena Schalke 04 sudah terdegradasi dari Bundesliga dan kini sedang berada di kompetisi 2.Bundesliga.

4. Der Klassiker (Bayern Munchen vs Borussia Dortmund)

https://www.youtube.com/embed/X7dR46qOWmw

Pertemuan bertajuk Der Klassiker menjadi salah satu pertandingan derbi terpanas di
dunia sepak bola modern. Bayern Munchen dan Borussia Dortmund di setiap pertemuan selalu menyajikan permainan yang enak untuk ditonton oleh para penggemar sepak bola seluruh dunia.

Bahkan, keduanya pernah bertemu di babak final UEFA Champions League pada musim
2012/2013 lalu yang berlangsung di Wembley, Inggris, saat itu dengan kemenangan Bayern Munchen 2-1 atas rivalnya tersebut. Pertemuan kedua klub ini terakhir kali terjadi pada ajang DFL Supercup 2021/2022 pada (17/8) lalu dengan kemenangan Bayern Munchen atas Borussia Dortmund 3-1.

5. Bavarian Derby (Bayern Munchen vs Augsburg)

https://www.youtube.com/embed/fUqxL2xzTXc

Baik Bayern Munchen maupun Augsburg diketahui sama-sama berada di wilayah Bavaria.
Pertemuan kedua klub yang bertajuk Bavarian Derby ini pertama kali digelar pada ajang
Bundesliga musim 2011/2012 lalu, di mana saat itu Bayern Munchen menang 2-1 atas Augsburg.

Dari total 31 pertemuan yang digelar di seluruh pertandingan, Bayern Munchen unggul dalam rekor kemenangan sebanyak 25 kali, 4 kali menang bagi Augsburg, dan sisanya berakhir imbang. Pertemuan terakhir terjadi belum lama ini, tepatnya pada (19/11) lalu ketika Augsburg berhasil menang 2-1 atas Bayern Munchen dalam lanjutan Bundesliga musim 2021/2022 ini.

 

Itulah 5 derbi terbesar yang pernah digelar di kompetisi Bundesliga selama ini. Adakah yang mau menambahkan derbi lainnya di Jerman yang pernah digelar di kompetisi itu?

Baca Juga: 5 Laga Derby Sekota Antara Tim Besar dan Medioker

Christ Bastian Waruwu Photo Verified Writer Christ Bastian Waruwu

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya