5 Klub Besar Eropa yang Lama Absen di Babak Fase Grup Liga Champions

Sebelumnya, mereka merupakan langganan kompetisi itu

Kompetisi UEFA Champions League merupakan kompetisi sepak bola tertinggi di Eropa dan sudah selayaknya klub-klub besar Eropa tampil memperebutkan gelar bergengsi ini. Tak lengkap rasanya jika klub-klub besar Eropa berikut justru sudah absen selama beberapa musim terakhir.

Lima klub tersebut sebelumnya berstatus langganan lolos ke babak fase grup di hampir setiap musimnya. Berikut 5 klub besar Eropa yang sudah lama absen di babak fase grup UEFA Champions League.

1. Fenerbahce 

5 Klub Besar Eropa yang Lama Absen di Babak Fase Grup Liga ChampionsFenerbahce usai melakoni salah satu pertandingan di ajang Turkey Super Lig musim 2021/2022. (Instagram.com/fenerbahce)

Salah satu klub besar Turki ini diketahui sudah lama absen di babak fase grup UEFA Champions League. Terakhir kali mereka tampil di babak tersebut adalah pada musim 2008/2009 lalu yang saat itu tergabung dalam satu grup bersama FC Porto (Portugal), Dynamo Kiev (Ukraina), dan Arsenal (Inggris).

Di musim itu juga Fenerbahce hanya sampai babak fase grup. Musim setelahnya, Fenerbahce sebenarnya tampil di ajang tersebut, namun hanya sampai babak kualifikasi. Terakhir kali terjadi pada musim 2018/2019 lalu ketika terhenti langkahnya di tangan klub Portugal, Benfica, pada babak kualifikasi ketiga.

Pada musim 2021/2022, Fenerbahce tampil di ajang UEFA Europa League dan hanya bertahan hingga babak fase grup. Untuk peluang lolos ke UEFA Champions League musim
depan, Fenerbahce masih memiliki peluang karena saat ini berada di peringkat ke-3 klasemen sementara Turkey Super Lig. Turki hanya memiliki 2 slot Liga Champions dan harus melewati babak kualifikasi terlebih dahulu.

2. AS Roma 

5 Klub Besar Eropa yang Lama Absen di Babak Fase Grup Liga ChampionsAS Roma saat bertanding menghadapi Lecce dalam lanjutan Serie A pada 21 Januari 2022 lalu. (Instagram.com/officialasroma)

Klub asal ibu kota Italia ini sudah lama absen di babak fase grup UEFA Champions League sejak terakhir kali tampil di musim 2018/2019 lalu. Ketika itu AS Roma terhenti di babak 16 besar usai dikalahkan oleh klub Portugal, FC Porto.

Di bawah kepelatihan Jose Mourinho, AS Roma tampil di ajang UEFA Conference League dan akan bertanding di babak 16 besar menghadapi klub Belanda, Vitesse Arnhem. Untuk peluang lolos ke UEFA Champions League musim depan, AS Roma masih memiliki peluang besar karena untuk sementara berada di posisi ke-5 klasemen.

Baca Juga: AS Roma Curi Poin Penuh Atas Atalanta

3. Anderlecht 

5 Klub Besar Eropa yang Lama Absen di Babak Fase Grup Liga ChampionsAnderlecht kala melakoni salah satu pertandingan di ajang Belgian Jupiler Pro League musim 2021/2022 pada akhir Desember 2021 lalu. (Instagram.com/rscanderlecht)

Nama klub asal Belgia ini sudah tak asing lagi bagi penggemar sepak bola Eropa. Klub ini hampir setiap musimnya selalu tampil di babak fase grup. Namun, terakhir kali mereka tampil di ajang UEFA Champions League adalah pada musim 2017/2018 lalu.

Ketika itu, Anderlecht tergabung di grup bersama Bayern Munich (Jerman), Paris Saint-Germain (Prancis), dan Glasgow Celtic (Skotlandia). Di musim itu Anderlecht hanya bertahan hingga fase grup.

Peluang untuk bisa lolos ke UEFA Champions League musim ini masih terbuka lebar karena Anderlecht harus mengikuti playoff untuk memperebutkan gelar juara sekaligus tiket lolos ke ajang tersebut. Saat ini Anderlecht berada di posisi ke-4 klasemen sementara Belgian Jupiler Pro League.

4. Glasgow Rangers 

5 Klub Besar Eropa yang Lama Absen di Babak Fase Grup Liga ChampionsGlasgow Rangers saat menghadapi salah satu pertandingan di ajang UEFA Europa League musim 2021/2022 pada akhir Februari 2022 lalu. (Instagram.com/rangersfc)

Klub asal Skotlandia yang satu ini sudah lama tak pernah tampil di babak fase grup UEFA Champions League. Terakhir kali mereka tampil adalah pada musim 2010/2011 lalu dan terhenti di babak fase grup.

Setelah musim itu, Rangers tampil di ajang tersebut, namun terhenti di babak kualifikasi ketiga. Di Liga Skotlandia, agar sebuah klub bisa lolos ke babak fase grup UEFA Champions League, mereka  harus melewati babak kualifikasi dan Rangers musim ini memiliki peluang untuk meraih tiket tersebut.

Di musim 2021/2022, Glasgow Rangers tampil di ajang UEFA Europa League dan akan bertemu dengan klub asal Serbia, Red Star Belgrade.

5. Arsenal 

5 Klub Besar Eropa yang Lama Absen di Babak Fase Grup Liga ChampionsArsenal saat berhasil mengalahkan Watford dalam lanjutan Premier League 2021/2022 dengan skor akhir 3-2 pada 6 Maret 2022 waktu setempat. (Twitter.com/Arsenal)

Arsenal sudah lama sekali absen di babak fase grup UEFA Champions League setelah terakhir tampil pada musim 2016/2017 lalu. Ketika itu Arsenal masih dilatih oleh pelatih legendaris mereka, Arsene Wenger, namun terhenti di babak 16 besar saat ditaklukkan Bayern Munich.

Di musim 2021/2022, Arsenal tidak mengikuti satu pun kompetisi Eropa sama sekali. Kini Arsenal berpeluang besar untuk lolos ke ajang UEFA Champions League musim depan karena saat ini berada di posisi ke-4 klasemen sementara Premier League.

 

Itulah 5 klub besar Eropa yang sudah lama absen di babak fase grup UEFA Champions League. Akankah mereka semua akan tampil di ajang tersebut pada musim depan?

Baca Juga: 5 Fakta Menarik Kemenangan Arsenal atas Watford di Premier League

Christ Bastian Waruwu Photo Verified Writer Christ Bastian Waruwu

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya