Lolos Karena Fair Play, Berikut Catatan Usai Laga Jepang vs Polandia

#WorldCup2018 Padahal Jepang baru saja dikalahkan Polandia

Pertarungan demi mendapatkan tiket lolos ke babak 16 besar di Grup H telah berakhir. Jepang akhirnya bisa lolos dengan status runner up Grup H meski di pertandingan terakhir dikalahkan oleh Polandia dengan skor akhir 0-1. Berikut catatan-catatan usai pertandingan Jepang vs Polandia.

1. Jepang terakhir kali lolos dari fase grup pada Piala Dunia 2010

Lolos Karena Fair Play, Berikut Catatan Usai Laga Jepang vs Polandiafifa.com

Dilansir dari Soccerway.com, Jepang terakhir kali lolos ke babak 16 besar pada edisi Piala Dunia 2010. Kali ini, keberhasilan Jepang lolos dari fase grup terulang kembali di Piala Dunia 2018. Pencapaian terbaik Jepang di Piala Dunia hanya berada di babak 16 besar saja dan pada edisi ini, Jepang berpeluang untuk melewati pencapaian terbaiknya.

2. Jepang lolos karena aturan Fair Play

Lolos Karena Fair Play, Berikut Catatan Usai Laga Jepang vs Polandiafifa.com

Berdasarkan klasemen akhir Grup H, Jepang dan Senegal sama-sama memiliki jumlah poin yang sama yakni 4, serta rekor 1 kali menang, 1 kali seri, dan 1 kali kalah, serta jumlah gol 4:4. Namun, ada yang membuat Jepang bisa lolos yakni perolehan poin saat pelanggaran.

Sejak pertandingan pertama hingga pertandingan terakhir di fase grup, Jepang telah memperoleh 4 kartu kuning sedangkan Senegal memperoleh 6 kartu kuning. Dari segi jumlah pelanggaran, Jepang lebih sedikit ketimbang Senegal sehingga berdasarkan aturan Fair Play, Jepang berhak lolos ke babak 16 besar.

3. Akira Nishino menjadi pelatih ketiga yang berhasil bawa Jepang lolos dari fase grup

Lolos Karena Fair Play, Berikut Catatan Usai Laga Jepang vs Polandiafifa.com

Sejak Jepang tampil debut di Piala Dunia 1998, sebanyak 3 pelatih yang berhasil membawa Jepang lolos dari fase grup. Akira Nishino menjadi pelatih ke-3 yang berhasil membawa Jepang lolos ke babak 16 besar, di mana sebelumnya ada nama pelatih Phillippe Troussier dan Takeshi Okada yang sukses melakukan prestasi serupa. Di babak 16 besar nanti, Jepang akan menantang juara Grup G antara Belgia atau Inggris.

Christ Bastian Waruwu Photo Verified Writer Christ Bastian Waruwu

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya