Kiprah 5 Gelandang PSG yang Dipinjamkan pada 2023/2024

Noha Lemina dipinjamkan kepada Sampdoria

Paris Saint-Germain dikenal sebagai klub kaya yang mentas di Ligue 1 Prancis. Mereka memiliki skuad yang berisi banyak pemain bintang. Hal itu membuat persaingan antarpemain di skuad PSG sangat ketat. Beberapa pemain pun kesulitan mendapat menit bermain reguler.

Demi tetap memperoleh menit bermain yang cukup, beberapa pemain PSG harus rela dipinjamkan kepada klub lain. Secara total, ada sepuluh pemain yang dipinjamkan PSG pada 2023/2024. Lima di antaranya berposisi sebagai gelandang. Salah satunya adalah gelandang berusia 18 tahun, Noha Lemina.

Seperti apa kiprah Noha Lemina dan empat gelandang lainnya di klub yang meminjam mereka?

1. Renato Sanches lebih sering memulai laga dari bangku cadangan di AS Roma

Kiprah 5 Gelandang PSG yang Dipinjamkan pada 2023/2024Renato Sanches (asroma.com)

Renato Sanches adalah pemain kelahiran Lisboa, Portugal, yang kini berusia 26 tahun. Sanches bisa memainkan posisi gelandang tengah, serang, dan bertahan. Sanches sendiri dipinjamkan PSG kepada AS Roma pada musim panas 2023.

Di AS Roma, pemain dengan 32 caps dan 3 gol bersama Timnas Portugal ini baru melakoni 9 pertandingan. Sumbangsihnya berupa satu assist. Sayang, Sanches belum bisa mengamankan tempat di skuad inti AS Roma. Dia lebih sering memulai laga dari bangku cadangan.

2. Ismael Gharbi telah berkontribusi gol dan assist di Stade-Lausanne

Kiprah 5 Gelandang PSG yang Dipinjamkan pada 2023/2024Ismael Gharbi (fcslo.ch)

Selanjutnya, ada pemain asal Spanyol/Prancis bernama Ismael Gharbi. Pemain berusia 19 tahun ini tengah dipinjamkan PSG kepada klub Swiss, Stade-Lausanne. Gharbi yang merupakan produk binaan akademi PSG dipinjamkan kepada Stade-Lausanne mulai musim panas 2023 hingga musim panas 2024.

Peminjaman itu untuk memberi menit bermain yang cukup bagi Gharbi sekaligus mematangkan kemampuannya. Performa pemain yang berposisi utama sebagai gelandang serang ini di Stade-Lausanne terbilang tidak buruk. Gharbi telah menjalani total 15 pertandingan dengan kontribusi 4 gol dan 2 assist bersama Stade-Lausanne.

Baca Juga: 3 Pencetak Gol Termuda PSG di UCL, Zaïre-Emery Pecahkan Rekor!

3. Edouard Michut dipinjamkan kepada klub Turki, Adana Demirspor

Kiprah 5 Gelandang PSG yang Dipinjamkan pada 2023/2024Edouard Michut (psg.fr)

Edouard Michut adalah pemain berpaspor Prancis yang kini berusia 20 tahun. Dia tengah dipinjamkan Paris Saint-Germain ke klub Turki bernama Adana Demirspor. Ini bukan kali pertama Michut dipinjamkan PSG. Sebelumnya, dia sempat dikirim PSG ke Sunderland.

Michut yang merupakan jebolan akademi PSG menjalani peminjaman di Adana Demirspor hingga musim panas 2024. Pemain berposisi utama gelandang tengah ini sudah menjalani sedikitnya lima pertandingan bersama Adana Demirspor. Sayang, Michut belum mampu menyumbang gol ataupun assist. 

4. Ayman Kari minim menit bermain di FC Lorient

Kiprah 5 Gelandang PSG yang Dipinjamkan pada 2023/2024Ayman Kari (fclorient.bzh)

Pemain berikutnya yang dipinjamkan PSG pada 2023/2024 adalah Ayman Kari. Usianya kebetulan sama dengan Ismael Gharbi, yakni 19 tahun. Kari sendiri biasa beroperasi di lini tengah. Dia sanggup mengisi pos gelandang tengah dan gelandang bertahan.

Saat ini, Kari sedang dipinjamkan PSG kepada sesama klub Prancis, FC Lorient. Dia dipinjamkan sejak musim dingin 2023. Sayang, Kari belum mencatatkan gol atau  assist dalam enam pertandingan yang telah dilakoninya bersama FC Lorient. Menit bermainnya juga terbilang cukup minim.

5. Noha Lemina belum banyak bermain di Sampdoria

Kiprah 5 Gelandang PSG yang Dipinjamkan pada 2023/2024Noha Lemina (sampdoria.it)

Noha Lemina menjadi pemain termuda dalam daftar ini. Bagaimana tidak, usianya baru menginjak 18 tahun. Lemina sendiri merupakan tipikal pemain serbabisa. Pemain dengan tinggi badan 168 sentimeter yang matang di akademi PSG ini bisa menjadi gelandang serang, sayap kiri, dan sayap kanan.

Lemina dipinjamkan PSG kepada klub Serie B Italia, Sampdoria. Masa peminjamannya berlangsung mulai musim panas 2023 hingga musim panas 2024. Sejauh ini, Lemina baru menjalani satu pertandingan dan belum berkontribusi gol atau assist bersama Sampdoria.

Semua pemain di atas, kecuali Renato Sanches, masih berusia muda. Mereka tampaknya kesulitan bersaing di skuad Paris Saint-Germain. Opsi peminjaman menjadi jalan keluar agar para pemain muda di atas mendapat menit bermain yang cukup. Pasalnya, menit bermain berperan penting dalam perkembangan pemain muda.

Baca Juga: 6 Pemain Muda yang Menjadi Andalan PSG pada 2023/2024, Penuh Potensi!

Christopher Rudolf Photo Verified Writer Christopher Rudolf

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya