5 Lulusan Akademi Stade Rennais di Liga Inggris pada 2023/2024

Lesley Ugochukwu bermain untuk Chelsea

Stade Rennais adalah klub yang sudah lama mentas di Ligue 1, kasta teratas sepak bola Prancis. Mereka memiliki skuad yang berisi banyak pemain mahal dan berkualitas. Kualitas yang dimiliki para pemain tersebut membuat Stade Rennais konsisten bertahan di Ligue 1.

Selain memiliki skuad yang berisi banyak pemain berkualitas, Stade Rennais juga memiliki akademi yang ciamik. Akademi tersebut sukses menjadi wadah dalam pengembangan potensi para pemain muda. Para lulusan akademi Stade Rennais tidak hanya bermain di Liga Prancis, tetapi juga di berbagai liga di luar Prancis. Salah satu liga yang menjadi destinasi adalah Liga Inggris.

Pada 2023/2024, ada total lima pemain lulusan akademi Stade Rennais yang berkarier di Liga Inggris. Siapa saja?

1. Abdoulaye Doucoure jadi pemain inti di Everton

5 Lulusan Akademi Stade Rennais di Liga Inggris pada 2023/2024Abdoulaye Doucoure (evertonfc.com)

Abdoulaye Doucoure adalah pemain yang kini berusia 31 tahun. Pemain berpaspor Prancis/Mali ini biasa beroperasi di lini tengah permainan tim. Bukan tanpa sebab, Doucoure mampu menjalankan tugas sebagai gelandang tengah, gelandang bertahan, ataupun gelandang serang.

Doucoure sendiri sempat dididik di akademi Stade Rennais dan promosi ke tim senior pada musim panas 2012. Saat ini, Doucoure tengah berkarier di EPL bersama Everton. Dia termasuk pemain inti The Toffees, julukan Everton. Pada 2023/2024, Doucoure sudah berkontribusi 6 gol dan 1 assist dalam 28 pertandingan bersama klub per 8 April 2024.

Baca Juga: 5 Klub Championship 2023/2024 Paling Berpotensi Naik Kasta ke EPL

2. Yann M'Vila merapat ke West Bromwich pada musim dingin 2024

5 Lulusan Akademi Stade Rennais di Liga Inggris pada 2023/2024Yann M'Vila (wba.co.uk)

Berikutnya, ada pemain kelahiran Amiens, Prancis, bernama Yann M'Vila. Dia termasuk pemain veteran lantaran telah berusia 33 tahun. M'Vila sendiri merupakan jebolan akademi Stade Rennais yang promosi ke tim senior pada musim panas 2008. 

Sepak terjang M'Vila di Liga Inggris dimulai pada musim panas 2015. Saat itu, dia bermain sebagai pinjaman di Sunderland. Pada musim dingin 2024, M'Vila menjadi bagian dari skuad West Bromwich yang mentas di kasta kedua Liga Inggris. Dia baru menjalani tiga pertandingan dan belum berkontribusi gol ataupun assist bagi West Bromwich per 8 April 2024.

3. Georginio Rutter jadi ujung tombak andalan Leeds United

5 Lulusan Akademi Stade Rennais di Liga Inggris pada 2023/2024Georginio Rutter (leedsunited.com)

Georginio Rutter adalah pemain yang biasa tampil di lini serang. Rutter sendiri sempat menimba ilmu di akademi Stade Rennais. Berhasil menunjukkan performa apik, dia dipromosikan ke tim senior Stade Rennais pada musim panas 2020.

Tak lama di tim senior Stade Rennais, Rutter dilepas ke TSG Hoffenheim pada musim dingin 2021. Karier Rutter di Liga Inggris bermula pada musim dingin 2023. Saat itu, pemain setinggi 182 sentimeter ini dilepas oleh TSG Hoffenheim kepada Leeds United. Pada 2023/2024, Rutter mengemas total 7 gol dan 18 assist dalam 43 pertandingan bersama Leeds United.  

4. Lesley Ugochukwu diboyong Chelsea pada musim panas 2023

5 Lulusan Akademi Stade Rennais di Liga Inggris pada 2023/2024Lesley Ugochukwu (chelseafc.com)

Selanjutnya, ada pemain berusia 20 tahun bernama Lesley Ugochukwu. Pemain berpaspor Prancis ini sempat ditempa di akademi Stade Rennais dan promosi ke tim senior pada musim panas 2021. Selama di tim senior Stade Rennais, Ugochukwu agaknya berhasil menunjukkan performa apik.

Ugochukwu yang berposisi gelandang bertahan dan gelandang tengah menjadi pemain kunci di lini tengah permainan Stade Rennais. Performa apiknya berhasil memikat Chelsea. Pada musim panas 2023, Ugochukwu digaet The Blues dengan mahar 465 miliar rupiah. Sayang, pemain setinggi 190 sentimeter ini sedang absen lantaran cedera hamstring.

5. Lorenz Assignon bermain sebagai pinjaman di Burnley

5 Lulusan Akademi Stade Rennais di Liga Inggris pada 2023/2024Lorenz Assignon (instagram.com/lorenz_assignon)

Terakhir, ada pemain yang biasa mengisi lini belakang. Namanya adalah Lorenz Assignon. Pemain berusia 23 tahun ini berposisi utama sebagai bek kanan. Assignon sempat menjadi bagian dari akademi Stade Rennais dan mendapat promosi ke tim senior pada musim panas 2021.

Pada musim dingin 2024, Assignon dipinjamkan kepada Burnley. Bermain untuk Burnley bakal menjadi pengalaman berharga bagi Assignon lantaran dia belum pernah mencicipi atmosfer Liga Inggris sebelumnya. Assignon bakal menjalani peminjaman di Burnley hingga musim panas 2024. 

Lima nama di atas adalah para lulusan akademi Stade Rennais yang berkarier di Liga Inggris pada 2023/2024. Tiga di antaranya bermain di EPL yang notabene kasta teratas Liga Inggris. Ketiganya adalah Lesley Ugochukwu, Lorenz Assignon, dan Abdoulaye Doucoure. Untuk Assignon, dia mungkin perlu berjuang lebih keras demi menghindarkan klubnya, Burnley, dari jurang degradasi.

Baca Juga: 3 Eks AZ Alkmaar yang Membela Tim Ligue 1 2023/2024

Christopher Rudolf Photo Verified Writer Christopher Rudolf

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya