7 Pemain Inggris yang Membela Manchester City pada 2023/2024

Ada Jack Grealish!

English Premier League (EPL) sudah memasuki paruh musim 2023/2024. Manchester City sebagai salah satu klub yang mentas di EPL kini bercokol di peringkat ketiga. Klub besutan Pep Guardiola ini sudah mengumpulkan total 40 poin. 

Dengan sisa musim 2023/2024 yang masih panjang, Manchester City masih bisa meraih peringkat lebih tinggi. Apalagi, mereka memiliki skuad mumpuni yang diisi barisan pemain berkualitas. Uniknya, mayoritas pemain Manchester City adalah pemain asing. Hanya tujuh di antaranya yang berasal dari Inggris.

Siapa saja pemain Inggris yang membela Manchester City pada 2023/2024?

1. Scott Carson hanya menjadi kiper pelapis

7 Pemain Inggris yang Membela Manchester City pada 2023/2024Scott Carson (kiri) (mancity.com)

Scott Carson adalah salah satu pemain veteran yang menghuni skuad Manchester City ada 2023/2024. Pemain berposisi kiper ini telah menginjak usia 38 tahun. Saat ini, Carson memiliki sisa kontrak dengan Manchester City hingga 2024 mendatang.

Di Manchester City, pemain dengan tinggi badan 188 sentimeter ini hanya sebatas pemain pelapis. Dengan usia yang sudah tidak muda, Carson tentu kesulitan menyaingi Ederson yang notabene kiper nomor satu Manchester City. Bahkan, Carson yang memiliki empat caps  bersama Timnas Inggris baru melakoni dua laga bersama Manchester City sejauh ini.

2. John Stones menjadi andalan di sektor pertahanan

7 Pemain Inggris yang Membela Manchester City pada 2023/2024John Stones (id.mancity.com)

Berikutnya, ada pemain yang rutin menghuni lini belakang Manchester City. Namanya adalah John Stones. Pemain kelahiran Barnsley, Inggris, ini biasa tampil sebagai bek tengah. Selain itu, Stones juga sanggup dimainkan sebagai bek kanan dan gelandang bertahan.

Pemain yang kini berusia 29 tahun ini sudah cukup lama berkostum The Citizens, yakni sejak musim panas 2016. Saat itu, Stones ditebus Manchester City dari Everton dengan biaya transfer 953 miliar rupiah. Pembelian mahal tersebut tidak sia-sia lantaran Stones mampu menjadi tumpuan di sektor pertahanan The Citizens.

3. Rico Lewis adalah produk jebolan akademi Manchester City

7 Pemain Inggris yang Membela Manchester City pada 2023/2024Rico Lewis (mancity.com)

Rico Lewis adalah wonderkid kelahiran Bury, Inggris, yang kini berusia 19 tahun. Pemain dengan tinggi badan 169 sentimeter ini berposisi utama sebagai bek kanan. Lewis termasuk pemain serbabisa lantaran juga sanggup menjadi gelandang bertahan dan gelandang kanan.

Lewis sendiri merupakan produk jebolan akademi Manchester City. Berkat performa apiknya, pemain dengan satu caps bersama Timnas Inggris ini promosi ke tim senior The Citizens pada musim panas 2022. Lewis agaknya termasuk dalam rencana jangka panjang Manchester City lantaran diikat kontrak hingga musim panas 2028.

Baca Juga: 5 Pemain Manchester City dengan Nomor Punggung 2 sebelum Kyle Walker

4. Kyle Walker sudah tidak muda, tetapi masih diandalkan di lini belakang

7 Pemain Inggris yang Membela Manchester City pada 2023/2024Kyle Walker (mancity.com)

Selanjutnya, ada pemain veteran yang biasa beroperasi sebagai bek kanan. Pemain yang dimaksud adalah Kyle Walker. Pemain berusia 33 tahun ini sudah mengenakan kostum Manchester City sejak 2017. Meski sudah tidak muda, Walker masih diandalkan di lini belakang The Citizens.

Pemain dengan 81 caps dan 1 gol bersama Timnas Inggris ini rutin diturunkan sebagai starter. Selain bek kanan, Walker juga bisa diposisikan sebagai bek tengah dan gelandang kanan dalam skema permainan tim. Dia masih akan lama bermain di Manchester City lantaran terikat kontrak hingga 2026.

5. Kalvin Phillips lebih sering diturunkan dari bangku cadangan

7 Pemain Inggris yang Membela Manchester City pada 2023/2024Kalvin Phillips (mancity.com)

Kalvin Phillips adalah pemain kelahiran Leeds, Inggris, yang kini berusia 28 tahun. Pemain dengan tinggi badan 179 sentimeter ini bisa bermain di tiga posisi berbeda. Tiga posisi itu adalah gelandang bertahan, bek tengah, dan gelandang tengah.

Sayang, pemain Manchester City yang telah mengantongi 31 caps dan 1 gol bersama Timnas Inggris ini lebih sering diturunkan dari bangku cadangan. Menit bermainnya juga cukup minim. Sejak didatangkan pada musim panas 2022, Phillips telah melakoni 31 laga dengan torehan 1 gol.

6. Jack Grealish menjadi andalan di lini depan

7 Pemain Inggris yang Membela Manchester City pada 2023/2024Jack Grealish (mancity.com)

Berikutnya, ada pemain yang kerap menghiasi lini depan Manchester City. Dia adalah Jack Grealish. Pemain berposisi sayap kiri ini dibeli sangat mahal oleh The Citizens pada 2021. Untuk mendatangkan Grealish dari Aston Villa, Manchester City harus merogoh kocek hingga 2 triliun rupiah.

Grealish yang mengoleksi 35 caps dan 2 gol bersama Timnas Inggris kini memiliki sisa kontrak dengan Manchester City hingga 2027. Sejauh ini, dia sudah menjalani 110 pertandingan bersama The Citizens. Sumbangsihnya berupa 14 gol dan 17 assist. 

7. Phil Foden menjadi salah satu pemain dengan harga pasar termahal di Manchester City

7 Pemain Inggris yang Membela Manchester City pada 2023/2024Phil Foden (id.mancity.com)

Setali tiga uang dengan Jack Grealish, Phil Foden juga biasa bermain di lini depan Manchester City. Dia berposisi utama sebagai sayap kanan. Pemain kelahiran Stockport, Inggris, ini juga bisa mengisi pos gelandang serang dan sayap kiri bila diperlukan.

Foden sendiri termasuk salah satu pemain dengan harga pasar tertinggi di skuad The Citizens pada 2023/2024. Harga pasarnya menyentuh angka 1,8 triliun rupiah. Nominal fantastis tersebut tidak mengejutkan mengingat Foden termasuk pemain pilar di Manchester City.

Tujuh nama di atas adalah para pemain berkebangsaan Inggris yang ada di skuad Manchester City pada 2023/2024. Tidak semuanya masuk dalam skuad inti. Contohnya Scott Carson, Kalvin Phillips, dan Rico Lewis yang kerap diturunkan dari bangku cadangan.

Baca Juga: 5 Pemain Manchester City yang Pakai Nomor 10 sebelum Jack Grealish

Christopher Rudolf Photo Verified Writer Christopher Rudolf

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya