5 Pembelian Termahal Olympique Marseille pada Musim Panas 2023

Ada pemain asal Ukraina

Olympique Marseille berhasil menduduki peringkat ketiga pada klasemen akhir Ligue 1 Prancis 2022/2023. Itu sejatinya penurunan dari musim lalu saat Marseille mampu bercokol di peringkat kedua klasemen. Kendati demikian, finis di peringkat ketiga tetap hasil yang tidak buruk.

Marseille tentu ingin meneruskan performa apik mereka pada musim depan. Untuk itu, mereka cukup aktif memboyong pemain pada musim panas 2023. Beberapa di antaranya ditebus cukup mahal oleh Marseille. Inilah lima pembelian termahal Olympique Marseille pada musim panas 2023.

1. Iliman Ndiaye diboyong Olympique Marseille setelah membawa Sheffield United naik kasta

5 Pembelian Termahal Olympique Marseille pada Musim Panas 2023Iliman Ndiaye (kiri) (instagram.com/ilimanndiaye10)

Iliman Ndiaye adalah pemain asal Senegal yang biasa menjadi penyerang. Pemain berusia 23 tahun ini juga sanggup menjadi gelandang serang jika dibutuhkan. Ndiaye sendiri diboyong Olympique Marseille dari Sheffield United pada 1 Agustus 2023.

Demi mendapatkan tanda tangan Ndiaye, Olympique Marseille membayar mahar 17 juta euro atau Rp285 miliar. Nominal itu menjadikan pemilik 7 caps dan 1 gol bersama Timnas Senegal ini pembelian termahal Marseille pada musim panas 2023. Pada 2022/2023, Ndiaye tampil apik dan membawa Sheffield United promosi ke English Premier League (EPL).

2. Ismaila Sarr memiliki karakter serbabisa yang akan berguna bagi Olympique Marseille

5 Pembelian Termahal Olympique Marseille pada Musim Panas 2023Ismaila Sarr (premierleague.com)

Pemain yang menjadi pembelian termahal Olympique Marseille pada musim panas 2023 berikutnya adalah Ismaila Sarr. Dia merupakan kompatriot Iliman Ndiaye dari Senegal. Sarr sendiri merupakan pemain serbabisa.

Dia sanggup menjadi sayap kanan, sayap kiri, hingga penyerang dalam skema permainan tim. Sarr ditebus Olympique Marseille dari Watford dengan mahar 13 juta euro alias Rp218 miliar. Pemain setinggi 185 sentimeter ini sudah tidak asing dengan Liga Prancis lantaran pernah membela Stade Rennais.

Baca Juga: 5 Penjualan Termahal Olympique Lyon pada Musim Panas 2023, Ada Faivre!

3. Renan Lodi didatangkan dari klub papan atas LaLiga Spanyol

5 Pembelian Termahal Olympique Marseille pada Musim Panas 2023Renan Lodi (kanan) (en.atleticodemadrid.com)

Renan Lodi adalah pemain yang kerap mengisi lini belakang. Bukan tanpa sebab, pemain asal Brasil ini berposisi utama sebagai bek kiri. Lodi diboyong Olympique Marseille dari klub papan atas Spanyol, Atletico Madrid.

Biaya transfernya kebetulan sama dengan Ismaila Sarr, yakni 13 juta euro atau setara Rp218 miliar. Lodi tampaknya masuk rencana jangka panjang Olympique Marseille lantaran dikontrak hingga 2028. Dengan pengalamannya di Atletico Madrid, dia bakal mempertangguh barisan pertahanan Marseille.

4. Ruslan Malinovskyi dipermanenkan Olympique Marseille setelah bermain sebagai pinjaman

5 Pembelian Termahal Olympique Marseille pada Musim Panas 2023Ruslan Malinovskyi (kanan) (ligue1.com)

Berikutnya, ada pemain asal Ukraina bernama Ruslan Malinovskyi. Pemain berusia 30 tahun ini biasa tampil sebagai gelandang serang. Malinovskyi awalnya bermain di Olympique Marseille sebagai pinjaman dari Atalanta pada musim dingin 2023.

Setelah masa peminjamannya berakhir pada musim panas 2023, Olympique Marseille menebusnya dengan mahar 10 juta euro alias Rp168 miliar. Pemain dengan 55 caps  dan 7 gol bersama Timnas Ukraina ini bakal menambah opsi di lini tengah Marseille. Malinovskyi diikat kontrak hingga 2026.

5. Geoffrey Kondogbia datang dengan segudang pengalaman

5 Pembelian Termahal Olympique Marseille pada Musim Panas 2023Geoffrey Kondogbia (en.atleticodemadrid.com)

Terakhir, ada pemain berposisi gelandang bertahan bernama Geoffrey Kondogbia. Usianya sama dengan Ruslan Malinovskyi, yakni 30 tahun. Kondogbia sendiri diboyong Olympique Marseille dari Atletico Madrid pada 1 Juli 2023.

Untuk melakukan itu, Olympique Marseille harus merogoh kocek hingga 8 juta euro atau Rp134 miliar. Kondogbia datang dengan segudang pengalaman. Pasalnya, dia pernah bermain untuk Atletico Madrid, Valencia, Sevilla, Inter Milan, AS Monaco, hingga RC Lens.

Lima pemain yang telah dibahas di atas adalah pembelian termahal Olympique Marseille pada musim panas 2023. Masing-masing dari mereka memiliki kualitas yang membuat Marseille berani menebus mereka dengan harga mahal. Musim 2023/2024 bakal menjadi ajang pembuktian kualitas bagi para pemain di atas.

Baca Juga: 5 Pemain Termahal yang Dibeli Olympique Marseille dari Klub Inggris

Christopher Rudolf Photo Verified Writer Christopher Rudolf

Penulis iseng yang bingung mau nulis apa :D

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya