5 Penjualan Termahal Olympique Lyon pada Musim Panas 2023, Ada Faivre!

Romain Faivre dilepas ke Bournemouth

Olympique Lyon melepas cukup banyak pemain pada musim panas 2023. Ada yang dipinjamkan, dilepas secara gratis, ataupun dijual ke klub lain. Hal itu dilakukan Lyon demi mendapat dana segar sekaligus ruang untuk mendatangkan pemain baru.

Untuk pemain yang dijual, sejauh ini Olympique Lyon telah menjual tujuh pemain pada musim panas 2023. Salah satunya adalah Romain Faivre yang dilepas ke Bournemouth. Kali ini penulis akan membahas lima penjualan termahal Olympique Lyon pada musim panas 2023. Simak, ya!

1. Castello Lukeba menjadi penjualan termahal Olympique Lyon pada musim panas 2023

5 Penjualan Termahal Olympique Lyon pada Musim Panas 2023, Ada Faivre!Castello Lukeba (ol.fr)

Castello Lukeba menempati urutan teratas sebagai penjualan termahal Olympique Lyon pada musim panas 2023. Pemain berposisi bek tengah ini merupakan jebolan akademi Lyon. Lukeba promosi ke tim senior pada musim panas 2021.

Performa Lukeba terus berkembang selama di tim senior Olympique Lyon. Pada 11 Agustus 2023, pemain berusia 20 tahun ini dilepas ke RB Leipzig dengan mahar 417 miliar rupiah. Lukeba tampaknya dijadikan investasi jangka panjang Leipzig lantaran dikontrak hingga 2028.

2. Romain Faivre akan bermain di Liga Inggris bersama Bournemouth

5 Penjualan Termahal Olympique Lyon pada Musim Panas 2023, Ada Faivre!Romain Faivre (ol.fr)

Roman Faivre adalah pemain yang kerap menghuni lini tengah Olympique Lyon. Dia termasuk pemain serbabisa lantaran bisa menjadi gelandang kanan, gelandang tengah, hingga gelandang kiri. Sepak terjang Faivre di Lyon dimulai pada musim dingin 2022.

Saat itu, pemain berusia 25 tahun ini diboyong Olympique Lyon dari Stade Brestois. Secara performa, Faivre bisa dibilang tidak menonjol di Lyon. Dia sempat dipinjamkan ke FC Lorient pada musim panas 2022. Setelah pulang ke Lyon pada musim panas 2023, Faivre dijual ke Bournemouth dengan mahar 250 miliar rupiah.

Baca Juga: 5 Eks Pemain Olympique Lyon yang Melanjutkan Kariernya ke Serie A

3. Cenk Ozkacar dibeli Valencia setelah bermain sebagai pinjaman di sana

5 Penjualan Termahal Olympique Lyon pada Musim Panas 2023, Ada Faivre!Cenk Ozkacar (ol.fr)

Cenk Ozkacar kebetulan bermain di posisi yang sama dengan Castello Lukeba, yakni bek tengah. Posturnya yang mencapai 190 sentimeter terbilang ideal untuk posisi itu. Ozkacar sendiri sudah menjadi bagian dari skuad Olympique Lyon sejak musim panas 2020.

Sayang, dia gagal menemukan performa terbaiknya di Olympique Lyon dan lebih sering dipinjamkan ke klub lain. Pemain berusia 22 tahun asal Turki ini menjalani peminjaman di Valencia pada musim panas 2022. Setelah masa peminjamannya habis, Ozkacar ditebus Valencia pada 1 Juli 2023 dengan mahar 83 miliar rupiah.

4. Thiago Mendes melanjutkan kariernya di Liga Qatar bersama Al-Rayyan SC

5 Penjualan Termahal Olympique Lyon pada Musim Panas 2023, Ada Faivre!Thiago Mendes (ol.fr)

Berikutnya, ada pemain berposisi gelandang bertahan bernama Thiago Mendes. Pemain berusia 31 tahun ini didatangkan Olympique Lyon dari LOSC Lille pada musim panas 2019. Mendes saat itu ditebus dengan mahar 367 miliar rupiah oleh Lyon.

Selama berkostum Olympique Lyon, Mendes sudah mencatatkan 2 gol dan 11 assist  dalam 143 pertandingan. Sayang, performanya kian menurun seiring bertambahnya usia. Mendes akhirnya dijual ke klub Qatar bernama Al-Rayyan SC pada musim panas 2023. Biaya transfernya mencapai 70 miliar rupiah.

5. Abdoulaye Ndiaye akan bermain di kasta kedua Liga Prancis bersama Troyes

5 Penjualan Termahal Olympique Lyon pada Musim Panas 2023, Ada Faivre!Abdoulaye Ndiaye (ol.fr)

Abdoulaye Ndiaye adalah pemain jebolan akademi Olympique Lyon. Pemain berusia 21 tahun ini promosi ke tim senior pada musim panas 2022. Dengan postur 185 sentimeter, Ndiaye biasa mengisi pos bek tengah.

Sayang, Ndiaye tampaknya kesulitan bersaing di tim senior Olympique Lyon. Buktinya, dia belum memainkan satu pertandingan pun bersama Lyon. Ndiaye akhirnya dijual ke klub kasta kedua Liga Prancis bernama Troyes. Dia dibeli Troyes dengan mahar 58 miliar rupiah.

Selain Castello Lukeba, empat pemain lain di atas bisa dibilang minim kontribusi bagi Olympique Lyon pada 2022/2023. Beberapa dari mereka lebih sering dipinjamkan ketimbang dimainkan oleh Lyon. Atas dasar itu, tidak heran bila mereka dijual oleh Lyon pada musim panas 2023.

Baca Juga: 4 Pemain Olympique Lyon yang Dilepas Gratis pada Musim Panas 2023

Christopher Rudolf Photo Verified Writer Christopher Rudolf

Penulis iseng yang bingung mau nulis apa :D

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya