Sergio Perez Beberkan Alasan Performanya Kurang Oke saat Kualifikasi

Sergio Perez beberapa kali gagal lolos ke Q3

Sergio Perez sempat menjadi sorotan dalam beberapa balapan di Formula 1 2023. Pembalap Red Bull itu secara beruntun gagal menunjukkan performa terbaiknya saat sesi kualifikasi. Perez gagal lolos ke Q3 sehingga harus memulai balapan dari posisi kurang ideal.

Baru-baru ini, Sergio Perez menjawab alasan dibalik performanya yang kurang oke saat kualifikasi. Ia menyebut salah satu pemicunya adalah insiden saat sesi kualifikasi GP Monako. Lantas, apa yang dirasakan oleh Perez selama periode kurang bagusnya dalam beberapa balapan saat sesi kualifikasi?

1. Naik turun performa Sergio Perez saat sesi kualifikasi Formula 1 2023

Sergio Perez Beberkan Alasan Performanya Kurang Oke saat KualifikasiSergio Perez saat menjalani pekan balap GP Azerbaijan 2023. (formula1.com)

Penampilan Sergio Perez saat sesi kualifikasi terbilang oke dalam lima seri awal Formula 1 2023. Ia tercatat 4 kali masuk 3 besar catatan waktu terbaik di GP Bahrain, Arab Saudi, Azerbaijan, dan Miami. Dari keempat seri balap itu, Perez dua kali amankan posisi start terdepan di GP Arab Saudi dan Miami.

Performa apik Perez kemudian mengalami kemunduran sejak GP Monako. Insiden yang terjadi saat Q1 di Circuit de Monaco membuatnya harus memulai balapan dari posisi paling belakang. Selepas itu, Perez belum menunjukkan tanda-tanda perbaikan performa pada seri berikutnya.

Perez hampir lolos ke Q3 di GP Spanyol. Sayangnya, ia harus puas menempati posisi start kesebelas. Perez juga kembali gagal lolos ke Q3 di GP Kanada sehingga berada di posisi start ke-12. Perez bahkan secara beruntun memulai balapan di posisi ke-15 di GP Austria dan Inggris.

Baca Juga: Dukungan Christian Horner untuk Sergio Perez yang Mengalami Masa Sulit

2. Performa Sergio Perez saat kualifikasi kembali naik sejak GP Hungaria 2023

Sergio Perez Beberkan Alasan Performanya Kurang Oke saat KualifikasiSergio Perez dalam salah satu pekan balap Formula 1 2023. (formula1.com)

Performa Perez saat sesi kualifikasi baru mengalami peningkatan di GP Hungaria. Pembalap berkebangsaan Meksiko itu mampu meraih posisi start kesembilan. Saat balapan, Perez mampu memperbaiki posisinya dan berhasil melintasi garis finis di posisi ketiga.

Setelah GP Hungaria, Perez kembali membuktikan kapasitasnya di GP Belgia. Pembalap bernomor mobil 11 itu sukses menembus posisi ketiga saat kualifikasi. Kemudian, Perez berhak atas posisi start kedua karena Max Verstappen mengalami penalti enam posisi start akibat mengganti girboks. Pada prosesnya, Perez berhasil naik podium setelah menuntaskan main race di posisi kedua.

3. Sergio Perez akui insiden saat kualifikasi GP Monako 2023 memengaruhi performanya

Sergio Perez Beberkan Alasan Performanya Kurang Oke saat KualifikasiMobil Sergio Perez diangkat setelah mengalami insiden saat kualifikasi GP Monako 2023. (formula1.com)

Sergio Perez mengakui dirinya mengalami kemunduran dalam sesi kualifikasi dari GP Monako hingga Inggris. Ia menilai perubahan kondisinya saat berada di balik kemudi RB19 dipicu oleh insiden saat kualifikasi GP Monako. Akibatnya, Perez mengalami keraguan sehingga memacu mobil secara berlebihan.

“Itu tentu ketika Anda tidak sepenuhnya percaya diri dengan mobil tersebut. Aku pikir apa yang terjadi di Monako mungkin membawaku melangkah mundur dan membutuhkan waktu untuk sepenuhnya percaya terhadap mobil seperti aku biasanya mengemudikannya. Lalu, Anda menambahkan faktor eksternal dengan kondisi yang bisa berubah dan ada sedikit perubahan,” jelas Perez dilansir Racing News 365.

Inkonsistensi yang terjadi pada Sergio Perez terutama dalam lima balapan beruntun dari GP Monako hingga GP Inggris harus dibayar mahal. Sebab, Perez membuang kesempatan meraih lebih banyak poin saat balapan karena memulai balapan dari posisi kurang menguntungkan. Hal ini tentu berimbas kepada perolehan poin Perez di klasemen pembalap.

Perez masih menduduki posisi kedua klasemen pembalap lewat koleksi 189 poin. Akan tetapi, jarak poin antara dirinya dan Max Verstappen kian menjauh, yakni sebesar 125 poin. Ini menjadi misi sulit untuk Perez mengejar ketertinggalan mengingat performa Verstappen musim ini yang masih belum terbendung hingga GP Belgia.

Baca Juga: Sergio Perez dalam Tekanan Imbas Rentetan Hasil Kurang Oke di F1 2023

Dewa Putu Ardita Darma Putera Photo Verified Writer Dewa Putu Ardita Darma Putera

Penggemar olahraga khususnya Motorsport. Untuk pertanyaan dan keperluan bisnis: dewaputu.ardita@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya