6 Pemain Girona 2023 yang Pernah Membela Klub Big Six EPL

Jadi kunci keberhasilan mereka saat ini

Girona mengawali LaLiga Spanyol 2023/2024 dengan baik. Hingga pekan ke-9, mereka berhasil masuk 3 besar klasemen berkat raihan 22 poin. Girona bersaing ketat dengan dua penguasa LaLiga, Barcelona dan Real Madrid.

Keberhasilan Girona itu tercipta berkat sejumlah faktor. Salah satunya komposisi tim yang mumpuni. Mereka dihuni banyak pemain hebat. Bahkan, enam di antaranya pernah membela klub Big Six English Premier League (EPL).

Lantas, siapa saja keenam pemain tersebut? Berikut daftar beserta ulasannya!

1. Paulo Gazzaniga, kiper andalan Girona yang pernah berseragam Tottenham Hotspur

6 Pemain Girona 2023 yang Pernah Membela Klub Big Six EPLPaulo Gazzaniga (instagram.com/gazzanigapaulo)

Paulo Gazzaniga merupakan sosok yang sangat diandalkan Girona di bawah mistar gawang. Ia telah tampil sebanyak 9 kali dengan mencatatkan 3 clean sheet di LaLiga 2023/2024. Gazzaniga sendiri didatangkan Girona pada musim panas 2022 dengan status pinjaman dari Fulham. Ia baru bergabung permanen semusim kemudian setelah kontraknya di Fulham habis. 

Menariknya lagi, kiper 31 tahun itu pernah membela salah satu klub Big Six EPL, Tottenham Hotspur. Ia berseragam The Lilywhites selama 3,5 musim usai bergabung pada musim panas 2017. Bersama Tottenham Hotspur, Gazzaniga berperan sebagai kiper pelapis. Ia hanya memainkan 37 laga dengan torehan 10 clean sheet saat itu.

2. Daley Blind, eks Manchester United yang jadi benteng tangguh Girona

6 Pemain Girona 2023 yang Pernah Membela Klub Big Six EPLDaley Blind (instagram.com/blinddaley)

Lini belakang Girona mengombinasikan pemain muda dan pemain senior. Untuk pemain senior, mereka punya seorang Daley Blind. Pemain 33 tahun itu telah memainkan 8 laga di LaLiga 2023/2024 dan berhasil mengemas 1 assist. Blind langsung mendapat tempat utama meski baru bergabung dengan Girona pada musim panas 2023 secara bebas transfer.

Kualitas Blind sendiri sudah tak diragukan lagi. Dirinya pernah membela sejumlah klub top Eropa. Salah satunya Manchester United, tim yang ia perkuat selama 4 musim (2014—2018). Kontribusinya untuk Setan Merah juga terbilang apik bagi seorang bek. Blind berhasil membukukan 6 gol dan 10 assist dari 141 pertandingan di semua kompetisi.

3. Eric Garcia, pinjaman dari Barcelona, sempat menjadi pemain pelapis di Manchester City

6 Pemain Girona 2023 yang Pernah Membela Klub Big Six EPLEric Garcia (instagram.com/ericgm3)

Kualitas lini belakang Girona makin meningkat setelah berhasil mendaratkan Eric Garcia pada musim panas 2023. Ia dipinjam dari Barcelona selama semusim penuh. Bek 22 tahun itu sudah melakoni 5 laga dengan torehan 1 gol di LaLiga 2023/2024 bersama Girona. Meski masih berusia muda, Garcia punya pengalaman yang cukup mentereng. 

Selain berseragam Barcelona, ia juga pernah menjajal ketatnya persaingan di Premier League bersama Manchester City. Garcia membela The Citizens selama 2 musim (2019—2021). Namun, ia berperan sebagai pelapis dan hanya mampu menciptakan 35 pertandingan dengan sumbangan 1 assist.

Baca Juga: 5 Pemain Tertua Girona pada 2023/2024, Ada Daley Blind!

4. Yan Couto, pemain yang dipinjam Girona dari Manchester City

6 Pemain Girona 2023 yang Pernah Membela Klub Big Six EPLYan Couto (instagram.com/yan.couto)

Yan Couto adalah talenta muda Brasil yang berposisi sebagai bek kanan. Couto bahkan berhasil direkrut Manchester City pada musim panas 2020 dengan biaya 6 juta euro atau sekitar Rp99 miliar. Namun, karena persaingan ketat di Manchester City serta kualitasnya yang belum teruji, Couto langsung dipinjamkan kepada Girona selama semusim.

Karena performanya cukup apik, Girona kembali meminjam sang pemain pada musim panas 2022 dengan durasi 2 musim. Bersama Girona, Couto mampu mengeluarkan potensi terbaiknya. Ia jadi bek kanan utama serta sudah berhasil mengemas 1 gol dan 2 assist dari 8 pertandingan di LaLiga 2023/2024.

5. Aleix Garcia gagal bersaing di Manchester City, tetapi bersinar di Girona

6 Pemain Girona 2023 yang Pernah Membela Klub Big Six EPLAleix Garcia (instagram.com/aleixgarcia97)

Aleix Garcia merupakan pilar penting di lini tengah Girona. Ia selalu diturunkan dalam 9 laga awal di LaLiga 2023/2024 serta berhasil mencetak 2 gol dan 1 assist. Chemistry-nya dengan Girona sudah terjalin baik. Sebab, Garcia pernah memperkuat Girona dalam dua periode berbeda.

Sebelum bergabung permanen pada musim panas 2021, Garcia sempat membela Girona pada 2017/2018. Kala itu, ia berstatus sebagai pemain pinjaman dari Manchester City. Garcia dipinjamkan kepada Girona guna mendapat menit bermain lantaran kalah bersaing di Manchester City. Selama semusim berseragam The Citizens, ia hanya mampu mencatatkan 9 pertandingan dengan torehan 1 gol.

6. Yangel Herrera ditebus Girona dari Manchester City pada musim panas 2023

6 Pemain Girona 2023 yang Pernah Membela Klub Big Six EPLYange Herrera (instagram.com/yangelh_8)

Skuad Girona pada 2023/2024 kental aroma Manchester City. Selain Aleix Garcia, Yang Couto, dan Eric Garcia, mereka juga punya Yangel Herrera. Herrera sendiri memiliki nasib yang kurang beruntung bersama Manchester City. Usai direkrut pada musim panas 2017, ia belum tampil sekali pun bersama The Citizens. 

Herrera lebih sering dipinjamkan kepada klub lain, termasuk ke Girona, pada musim panas 2022. Karena performanya dinilai apik, Girona memermanenkannya pada musim panas 2023 dengan harga 5 juta euro atau sekitar Rp83 miliar. Keputusan tersebut terbukti tepat. Herrera tampil lebih menggigit pada musim keduanya berseragam Girona. Ia berhasil mencetak 3 gol dan 1 assist dari 9 pertandingan di LaLiga 2023/2024.

Kehadiran enam pemain tersebut menjadi kunci keberhasilan Girona bersaing di papan atas klasemen LaLiga 2023/2024. Sebab, mereka punya kualitas mumpuni sehingga mampu berkontribusi besar bagi permainan Girona.

Baca Juga: 10 Potret Artem Dovbyk, Faktor Kunci Girona Tampil Perkasa di LaLiga

Muhammad Faisal Ramadhan Photo Verified Writer Muhammad Faisal Ramadhan

terus melangkah

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya