5 Wakil Asia di Piala Dunia U-17 2023, Uzbekistan Bikin Kejutan

Uzbekistan U-17 menembus perempat final

Piala Dunia U-17 2023  yang digelar di Indonesia menjadi ajang pembuktian bagi negara-negara Asia yang ikut serta dalam turnamen tersebut. Sebab, mereka diuntungkan lantaran bermain di benua sendiri. Mereka tidak perlu banyak adaptasi, khususnya dalam masalah cuaca.

Namun, nyatanya, negara-negara Asia masih kesulitan bersaing di kancah internasional. Dari 5 wakil, hanya 1 yang berhasil melangkah jauh. Dua di antaranya bahkan tidak lolos fase grup.

Untuk lebih jelasnya, yuk, simak ulasan mengenai kinerja lima wakil Asia di Piala Dunia U-17 2023 berikut ini!

1. Korea Selatan U-17 gagal mendapat satu pun poin

5 Wakil Asia di Piala Dunia U-17 2023, Uzbekistan Bikin Kejutanpotret pemain Korea Selatan U-17 (kfa.or.kr)

Korea Selatan U-17 menjadi wakil Asia dengan kinerja paling buruk di Piala Dunia U-17 2023. Sebab, mereka tak mampu mengumpulkan satu poin pun. Korea Selatan U-17 tidak bisa mengimbangi kekuatan negara yang tergabung di Grup E sehingga menjadi juru kunci klasemen.

Pada laga pertama, mereka tak berdaya 1-3 di hadapan Amerika Serikat U-17. Laga kedua juga makin berat. Korea Selatan U-17 harus menghadapi Prancis U-17. Namun, mereka hanya kalah tipis 0-1. Pada laga ketiga, mereka bertemu lawan yang kualitasnya setara, Burkina Faso U-17. Sayang, Korea Selatan U-17 kembali menelan kekalahan 1-2. 

2. Indonesia U-17 tidak pernah meraih kemenangan

5 Wakil Asia di Piala Dunia U-17 2023, Uzbekistan Bikin Kejutanpotret pemain Indonesia U-17 (pssi.org)

Status tuan rumah membuat Indonesia lolos otomatis ke Piala Dunia U-17 2023. Namun, karena minimnya persiapan, Indonesia U-17 tidak bisa berbicara banyak dalam turnamen tersebut. Tergabung di Grup A yang berisikan Ekuador U-17, Maroko U-17, dan Panama u-17, Indonesia hanya mampu mengemas dua poin.

Torehan poin itu didapat Indonesia saat menahan imbang Ekuador U-17 dan Panama U-17 dengan skor 1-1. Saat melawan Maroko U-17, Indonesia tak berdaya dengan skor 1-3. Indonesia U-17 pun harus puas finis di posisi ketiga.

Sebenarnya, Indonesia masih punya peluang melaju ke fase gugur jika masuk dalam peringkat tiga terbaik. Sayang, poin Indonesia kalah dibanding negara peringkat ketiga di grup lain. Langkah Garuda Muda harus terhenti pada fase grup. Hasil tersebut tentu kurang memuaskan mengingat Indonesia bermain di hadapan publik sendiri.

Baca Juga: Kiprah 5 Negara Eropa di Piala Dunia U-17 2023, Jerman U-17 Juara!

3. Jepang U-17 tersingkir pada babak 16 besar dari Spanyol U-17

5 Wakil Asia di Piala Dunia U-17 2023, Uzbekistan Bikin Kejutanpotret pemain Jepang U-17 (jfa.jp)

Jepang merupakan negara dengan pembinaan sepak bola yang baik, khususnya di kelompok umur. Karena hal itu, mereka menjadi unggulan wakil Asia di Piala Dunia U-17 2023. Jepang sendiri tergabung di Grup B yang diisi Argentina U-17, Senegal U-17, dan Polandia U-17.

Modal berharga didapat Jepang U-17 pada laga pertama. Mereka berhasil mengalahkan Polandia 1-0. Pada laga kedua, Jepang justru takluk 1-3 dari Argentina. Kemenangan penting kembali diperoleh Jepang  pada laga ketiga. Mereka mampu menaklukkan Senegal dengan skor 2-0. 

Berkat hasil tersebut, Jepang meraih enam poin dan lolos ke fase gugur sebagai runner-up Grup B. Pada babak 16 besar, Jepang berjumpa lawan tangguh, Spanyol U-17. Meski sempat memberi perlawanan, Jepang akhirnya kalah tipis dengan skor 1-2. Performa Jepang di Piala Dunia U-17 2023 terbilang pasang-surut.

4. Iran U-17 kalah adu penalti pada babak 16 besar

5 Wakil Asia di Piala Dunia U-17 2023, Uzbekistan Bikin Kejutanpotret pemain Iran U-17 (instagram.com/iran_football_federation)

Iran merupakan salah satu negara terkuat Asia di Piala Dunia U-17 2023. Namun, Iran harus melewati rintangan berat di Grup C yang diisi dua negara unggulan, Brasil U-17 dan Inggris U-17, plus Kaledonia Baru U-17. Untungnya, Iran tak gentar sedikit pun. Pada laga pertama, Iran membuat kejutan usai mengalahkan Brasil dengan skor 3-2.

Pada laga selanjutnya, mereka hampir menahan imbang Inggris jika tidak kebobolan pada masa tambahan waktu babak kedua. Sementara, saat melawan Kaledonia Baru, Iran berpesta lima gol tanpa balas. Iran U-17 berhak lolos ke fase gugur sebagai peringkat 3 terbaik usai mengumpulkan 6 poin. Poin tersebut sama dengan Brasil dan Inggris, tetapi kalah selisih gol.

Pada babak 16 besar, Iran mendapat lawan yang sepadan, Maroko U-17. Laga tersebut sampai harus dilanjutkan ke babak penalti setelah skor 1-1 terjadi pada waktu normal. Sayang, para eksekutor penalti Iran gagal menjalankan tugas dengan baik. Mereka akhirnya takluk 1-4 dan harus tersingkir pada babak 16 besar.

5. Uzbekistan U-17 melaju hingga perempat final

5 Wakil Asia di Piala Dunia U-17 2023, Uzbekistan Bikin Kejutanpotret pemain Uzbekistan U-17 (ufa.uz)

Uzbekistan U-17 menjelma jadi tim kuda hitam di Piala Dunia U-17 2023. Uzbekistan menjadi wakil Asia yang melangkah paling jauh setelah berhasil menembus babak perempat final. Sejatinya, Uzbekistan mengawali fase grup dengan kurang meyakinkan. Mereka kalah telak dari Mali U-17 dengan skor 0-3. Untungnya, Uzbekistan bergegas memperbaiki penampilan mereka. Pada laga kedua, Uzbekistan mampu menahan imbang Spanyol U-17 dengan skor 2-2.

Pada laga terakhir fase grup, Uzbekistan berhasil memetik kemenangan 3-0 atas Kanada U-17. Meski finis di posisi 3 Grup B, Uzbekistan berhasil lolos ke fase gugur setelah menjadi salah satu peringkat 3 terbaik. Pada babak 16 besar, Uzbekistan langsung mendapat lawan berat, Inggris U-17. Namun, di luar dugaan, mereka mampu menyingkirkan Inggris dengan skor 2-1.

Uzbekistan pun berhasil melaju ke babak perempat final. Akan tetapi, ujian berat kembali mengadang. Mereka bertemu sesama negara kuat Eropa, Prancis U-17. Meski sempat memberikan perlawanan, Uzbekistan harus mengakui keunggulan Prancis 0-1. Uzbekistan akhirnya tersingkir pada babak perempat final Piala Dunia U-17 2023.

Negara Asia belum bisa berbuat banyak di turnamen sekelas Piala Dunia walaupun di kelompok umur. Negara Asia masih perlu meningkatkan berbagai aspek permainan agar bisa bersaing hingga menjadi unggulan.

Baca Juga: 4 Peraih Golden Ball Piala Dunia U-17 yang Gagal di Klub Besar Eropa

Muhammad Faisal Ramadhan Photo Verified Writer Muhammad Faisal Ramadhan

Berusaha menjadi lebih baik, tanpa merasa lebih baik

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya