Hujatan hingga Makian, 10 Derby Terpanas di Ranah Sepak Bola Inggris

Derby mana yang menarik perhatianmu?

Sebagai penggemar sepak bola, tentunya tidak sedikit yang menantikan pertandingan seru dengan intensitas tinggi. Derby menjadi salah satu pertandingan yang paling dinantikan, karena biasanya mempertemukan dua kesebelasan yang mempunyai sejarah rivalitas tersendiri di dalamnya.

Hujatan hingga makian kerap terdengar di setiap pertandingan bertajuk derby, berikut ini sepuluh derby terpanas di sepak bola Inggris. Check this out!

1. North West Derby

Hujatan hingga Makian, 10 Derby Terpanas di Ranah Sepak Bola Inggristalksport.com

Tidak diragukan lagi, North West Derby merupakan derby yang paling panas di seluruh Inggris. Pertemuan dua klub paling sukses di Negeri Ratu Elizabeth, Manchester United dan Liverpool seperti jadi ritual yang tidak boleh terlewat untuk ditonton.

2. North London Derby

Hujatan hingga Makian, 10 Derby Terpanas di Ranah Sepak Bola Inggrisbeinsports.com

Selanjutnya ada North London Derby yang mempertemukan Arsenal dan Tottenham Hotspur. Rivalitas kedua klub sudah bermula sejak tahun 1913 ketika The Gunners memutuskan untuk pindah ke Highbury yang hanya berjarak sekitar 6,2 kilometer dari markas Tottenham.

3. Tyne and Wear Derby

Hujatan hingga Makian, 10 Derby Terpanas di Ranah Sepak Bola Inggrischroniclelive.co.uk

Tyne and Wear Derby merupakan pertemuan antara Newcastle United versus Sunderland. Suporter The Magpies dan The Black Cats tercatat tidak pernah akur satu sama lain. Bahkan di tahun 2011, Steve Harper yang merupakan kiper Newcastle saat itu hampir diserang oleh suporter Sunderland yang mencoba masuk ke lapangan.

4. Second City Derby

Hujatan hingga Makian, 10 Derby Terpanas di Ranah Sepak Bola Inggrisdailymail.co.uk

Sudah terlibat persaingan sejak lama, Aston Villa dan Birmingham City selalu menyajikan pertandingan yang panas di dalam dan luar lapangan. Kekerasan, kerusuhan hingga kursi yang dilemparkan oleh suporter pernah menjadi saksi panasnya Second City Derby.

5. Dockers Derby

Hujatan hingga Makian, 10 Derby Terpanas di Ranah Sepak Bola Inggristelegraph.co.uk

Meski kini terpisah satu divisi, pertemuan West Ham United dan Millwall dalam balutan Dockers Derby menjadi hal langka yang paling ditunggu. Kedua tim menganggap satu sama lain sebagai musuh terbesar, begitupun para suporter. Kisah mereka bahkan sampai diangkat menjadi sebuah film yang berjudul Green Street Hooligans.

Baca Juga: Dockers Derby, Sebenar-benarnya Derby London yang Kerap Makan Korban

6. South Coast Derby

Hujatan hingga Makian, 10 Derby Terpanas di Ranah Sepak Bola Inggrisreadsouthampton.com

South Coast Derby merupakan pertemuan antara dua klub terbesar di pantai selatan Inggris, Southampton vs Portsmouth. Derby ini sudah berlangsung sejak lama namun menjadi kian panas setelah pelatih Portsmouth, Harry Redknapp pindah ke Southampton pada tahun 2004.

7. Steel City Derby

Hujatan hingga Makian, 10 Derby Terpanas di Ranah Sepak Bola Inggrisfootyfair.com

Steel City Derby antara Sheffield United kontra Sheffield Wednesday menjadi ajang pembuktian soal siapa yang paling hebat di kota tempat klub sepak bola tertua di dunia, Sheffield FC didirikan pada tahun 1857. Tak jarang pertemuan kedua klub ini berakhir dengan kerusuhan dan bahkan pertumpahan darah. 

8. Black Country Derby

Hujatan hingga Makian, 10 Derby Terpanas di Ranah Sepak Bola Inggrisbbc.com

Black Country Derby yang mempertemukan Wolves dan West Bromwich merupakan salah satu derby tertua dan panas yang ada di sepak bola Inggris. Bahkan, untuk menghindari kekerasan pada malam hari, pihak liga hampir selalu membuat jadwal derby ini dilangsungkan lebih awal, yakni siang hari.

9. East Anglian Derby

Hujatan hingga Makian, 10 Derby Terpanas di Ranah Sepak Bola Inggrissport.bt.com

East Anglian Derby antara Norwich City dan Ipswich Town merupakan salah satu derby yang sangat sengit dan seru. Bahkan, derby ini sering dijuluki Old Farm Derby, yang merupakan plesetan dari Old Firm Derby antara Glasgow Celtic dan Rangers yang legendaris, karena persaingan keduanya yang lebih dari sekadar sepak bola.

10. South Wales Derby

Hujatan hingga Makian, 10 Derby Terpanas di Ranah Sepak Bola Inggris90min.com

Pertemuan duo Cardiff City vs Swansea City dalam South Wales Derby merupakan bumbu lain dalam sepak bola Inggris. Salah satu derby yang dianggap paling kejam di Inggris ini hampir selalu melibatkan polisi setempat saat keduanya bertemu.

 

Well, itulah sepuluh derby sepak bola di negeri Elizabeth yang sangat panas dan selalu dinanti oleh pemain hingga suporter. Kira-kira derby mana nih yang paling menarik perhatianmu?

Baca Juga: 7 Derby Sepak Bola Satu Kota di Inggris yang Paling Dinanti

Faiz Irsyad Photo Verified Writer Faiz Irsyad

football and movie addict! | linktr.ee/faizirsyad15

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya