Jarang Disorot, 6 Derby Terpanas di Ranah Sepak Bola Jerman

Tidak kalah panas dengan derby di liga lain!

Bundesliga selama ini terkenal menjadi liga yang menghasilkan banyak talenta berbakat hingga menjadi pesepak bola yang hebat. Mesut Ozil, Kevin De Bruyne, dan Toni Kroos menjadi beberapa nama besar yang sempat menimba ilmu di klub asal Jerman.

Lebih dari itu, ternyata Liga Jerman memiliki beberapa pertandingan derby yang sengit dan menarik untuk ditunggu. Tergolong jarang menjadi sorotan, berikut ini enam derby terpanas di ranah sepak bola Jerman. Yuk, simak!

1. Der Klassiker

Jarang Disorot, 6 Derby Terpanas di Ranah Sepak Bola Jermanbvbbuzz.com

Der Klassiker yang mempertemukan Bayern Munchen dan Borussia Dortmund merupakan derby yang murni lahir karena persaingan antara dua klub untuk menjadi yang terbaik di Jerman.

Tidak dipungkiri, pertemuan keduanya dalam satu dekade terakhir selalu berlangsung sengit dan panas, terlebih setelah striker andalan Die Borussen, Robert Lewandowski hengkang menuju Die Bayern.

2. Revierderby

Jarang Disorot, 6 Derby Terpanas di Ranah Sepak Bola Jermanbundesliga.com

Dikenal "ibu dari semua derby di Jerman", pertemuan Borussia Dortmund dan Schalke 04 dalam balutan Revierderby merupakan salah satu derby tertua dan panas yang ada di sepak bola Jerman.

Kedua klub muncul dari latar belakang yang sama, mereka juga memiliki basis suporter dari kalangan pekerja di kawasan kota industri Jerman.

Baca Juga: Penuh dengan Psywar, Ini 5 Derby Terpanas di Sepak Bola Indonesia

3. Berlin Derby 

Jarang Disorot, 6 Derby Terpanas di Ranah Sepak Bola Jermanboxtoboxfootball.uk

Berlin Derby merupakan derby yang mempertemukan dua tim asal kota Berlin, Hertha Berlin vs Union Berlin. Duel ini lebih dari sekadar pertandingan sepak bola, karena ada bumbu politik dan sejarah masa lalu ketika kota ini pernah terpecah.

Pertemuan mereka di Bundesliga pada November 2020 kemarin, menjadi yang pertama sejak 40 tahun lalu.

4. Nordderby

Jarang Disorot, 6 Derby Terpanas di Ranah Sepak Bola Jermanbundesliga.com

Duel bertajuk Nordderby antara Hamburg dan Werder Bremen merupakan salah satu derby yang menarik untuk ditunggu. Kedua klub pertama kali bertemu di babak penyisihan kejuaraan Jerman Utara di tahun 1927.

Pertemuan keduanya bahkan menjadi yang paling banyak dimainkan dalam sejarah Bundesliga sebelum Hamburg terdegradasi di musim 2017/2018. 

5. Bavarian Derby

Jarang Disorot, 6 Derby Terpanas di Ranah Sepak Bola Jermanfcbayern.com

Bavarian Derby merupakan pertandingan yang mempertemukan antara Bayern Munchen dan FC Augsburg. Derby yang tergolong baru ini, mempertemukan antara dua tim yang terletak di jantung kota Bavaria, Jerman.

Meskipun Die Fuggerstadter tidak dapat menyamai Die Bayern dalam hal sejarah maupun kesuksesan, tetap saja selalu ada bumbu menarik setiap keduanya bertemu.

6. The Rhine Derby

Jarang Disorot, 6 Derby Terpanas di Ranah Sepak Bola Jermanthe42.ie

Pertama kali bertemu di tahun 1962, pertemuan Cologne versus Borussia Monchengladbach dalam The Rhine Derby selalu menyajikan pertandingan sengit. Persaingan mereka kian memanas pada medio 1970-an, karena saat itu Gladbach berhasil mengalahkan Cologne di final Piala DFB musim 1972/1973.

 

Well, itulah enam derby panas di ranah sepak bola Jerman. Selain menjadi penghasil talenta berbakat, Liga Jerman ternyata juga memiliki derby yang tidak kalah seru dengan liga lain, ya.

Baca Juga: Hujatan hingga Makian, 10 Derby Terpanas di Ranah Sepak Bola Inggris

Faiz Irsyad Photo Verified Writer Faiz Irsyad

football and movie addict! | linktr.ee/faizirsyad15

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya