Lionel Scaloni Panggil 5 Wonderkid untuk Bela Timnas Argentina

Empat pemain siap lakoni debut

Pelatih Timnas Argentina, Lionel Scaloni, memanggil 35 pemain. Hal itu dilakukan jelang pertandingan persahabatan kontra Panama dan Curacao pada 24 dan 29 Maret 2023.

Dari 35 nama yang telah dipanggil, ada 4 pemain yang tercatat belum mengantongi 1 pun penampilan bersama Albiceleste. Ada juga yang baru bermain sekali. Mereka merupakan pemain muda berusia di bawah 21 tahun. 

Siapa saja wonderkid ini?

1. Valentin Carboni

Lionel Scaloni Panggil 5 Wonderkid untuk Bela Timnas ArgentinaValentin Carboni (instagram.com/valencarboni_)

Valentin Carboni, gelandang serang Inter Milan, merupakan pemain kelahiran 5 Maret 2005. Dilansir Transfermarkt, pemain yang pernah tampil 2 kali di pertandingan persahabatan bersama Argentina U-20 ini sudah merumput sebanyak 5 kali bersama tim senior Inter Milan.

Carboni bahkan mampu melakoni debutnya di Liga Champions Eropa. Hal itu terjadi pada 2022 lalu saat I Nerazzurri menghadapi Bayern Munich. Ia kini akan berada di tim senior Argentina bersama nama-nama gelandang senior seperti Rodrigo De Paul dan Leandro Paredes.

2. Facundo Buonanotte

Lionel Scaloni Panggil 5 Wonderkid untuk Bela Timnas ArgentinaFacundo Buonanotte (instagram.com/facubuonanotte_)

Facundo Buonanotte merupakan pemain berusia 18 tahun milik Brighton & Hove Albion. Ia baru didatangkan The Seagulls pada bursa transfer musim dingin 2023.

Pemain yang menimba ilmu di akademi Rosario Central ini dipanggil ke timnas senior setelah membela Argentina U-20 sebanyak enam kali di semua kompetisi. Bersama Brighton pada 2022/2023 ini, ia sendiri sudah dimainkan 3 kali sebagai pemain pengganti dan telah berkontribusi lewat 1 assist.

Baca Juga: 5 Fakta Menarik Lionel Scaloni, Juru Taktik La Scaloneta

3. Alejandro Garnacho

Lionel Scaloni Panggil 5 Wonderkid untuk Bela Timnas ArgentinaAlejandro Garnacho (instagram.com/garnacho7)

Selanjutnya, ada winger muda milik Manchester United, Alejandro Garnacho. Pemain berusia 18 tahun ini menyita perhatian lewat performanya bersama The Red Devils.

Pada usianya yang masih belia, manajer MU, Erik ten Hag, kerap memberikannya kepercayaan untuk tampil. Tercatat, Garnacho sudah diturunkan sebanyak 28 kali di semua kompetisi dengan koleksi 4 gol dan 5 assist.

Pemain kelahiran Madrid, Spanyol, ini juga menjadi andalan di Argentina U-20. Dari lima pertandingan persahabatan, ia mengemas 4 gol dan 1 assist. Scaloni pun memberikannya kesempatan untuk bergabung bersama Timnas Argentina.

4. Maximo Perrone

Lionel Scaloni Panggil 5 Wonderkid untuk Bela Timnas ArgentinaMaximo Perrone (instagram.com/maxiperrone16)

Berikutnya, ada gelandang muda Manchester City, Maximo Perrone. Pemain berusia 20 tahun ini jadi gelandang muda ketiga yang dipanggil untuk memperkuat Timnas Argentina.

Pemain yang tumbuh di akademi Velez Sarsfield ini sempat merumput bersama tim senior Velez. Perrone berhasil mencatatkan kontribusi berupa 3 gol dan 2 assist dari 33 penampilan.

Berkat performanya itu, Perrone akhirnya diboyong The Citizens. Bersama Argentina U-20, ia juga jadi andalan. Perrone diturunkan dalam lima pertandingan, baik di laga persahabatan maupun Piala Amerika Selatan U-20 2023.

5. Thiago Almada

Lionel Scaloni Panggil 5 Wonderkid untuk Bela Timnas ArgentinaThiago Almada (instagram.com/thiago_almada23)

Terakhir, ada wonderkid yang lagi-lagi berposisi sebagai gelandang, Thiago Almada. Pemain berusia 21 tahun yang membela Atlanta United ini sudah mengantongi dua penampilan bersama Timnas Argentina.

Almada melakoni debutnya pada 24 September 2022 lalu pada laga persahabatan kontra Honduras. Ia juga menjadi bagian dari skuad Piala Dunia 2022 Qatar dan diturunkan sekali sebagai pemain pengganti saat melawan Polandia.

Seperti Perrone, Almada merupakan produk akademi Velez Sarsfield. Almada bahkan telah mengantongi seratus penampilan bersama tim senior Velez di semua kompetisi. Ia pun pindah pada awal 2022 lalu ke Atlanta United. Ia kini sudah tampil sebanyak 33 kali dengan catatan 9 gol dan 8 assist.

Lima pemain muda berbakat di bawah 21 tahun telah dipanggil Lionel Scaloni untuk membela Timnas Argentina. Ada yang belum mengantongi penampilan, ada juga yang sudah. Kelimanya menjadi masa depan Timnas Argentina mengingat nama-nama yang sudah tak lagi muda, seperti Lionel Messi dan Angel Di Maria.

Baca Juga: 5 Pemain Termuda EPL 2021/2022, Alejandro Garnacho Salah Satunya

Ahmad Fikri Adzhani Photo Writer Ahmad Fikri Adzhani

Football and coffee really define me.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya