5 Kemenangan Terbesar Burnley di Premier League, Ada Rekor Baru!

Burnley membantai Sheffield United dengan skor 5-0

Beberapa hal menarik terjadi pada pekan ke-14 English Premier League (EPL) 2023/2024. Salah satunya ialah kemenangan telak yang diraih Burnley atas Sheffield United. Anak asuh Vincent Kompany tampil dominan dan berhasil menang dengan lima gol tanpa balas.

Fakta menariknya, kemenangan yang diraih atas sesama tim promosi itu menjadi kemenangan terbesar Burnley selama berlaga di EPL. Sebelumnya, beberapa kemenangan dengan skor besar juga mampu dicatatkan klub berjuluk The Clarets tersebut. Berikut lima kemenangan terbesar yang pernah dicatatkan Burnley selama berlaga di EPL.

1. Berstatus sebagai tim promosi, Burnley menang atas Hull City dengan skor 1-4 di EPL 2009/2010

5 Kemenangan Terbesar Burnley di Premier League, Ada Rekor Baru!Burnley melawan Hull City di Premier League 2009/2010. (premierleague.com)

Kemenangan dengan skor besar dicatatkan Burnley di EPL 2009/2010. Bertandang ke markas Hull City di pekan ke-14, The Clarets berhasil membawa pulang tiga poin setelah berhasil menang dengan skor 1-4. Di laga itu, Hull City sempat memimpin pada menit 3 sebelum akhirnya Burnley mampu membalikkan keadaan.

Sayangnya, perjalanan Burnley yang berstatus sebagai tim promosi di musim itu tidak mudah. Di akhir musim, mereka harus kembali turun kasta lantaran hanya mampu finis di posisi 18. Di sisi lain, Chelsea yang musim itu diperkuat Nicolas Anelka berhasil keluar sebagai juara.

2. Andre Gray cetak hattrick ketika Burnley kalahkan Sunderland dengan skor 4-1 di EPL 2016/2017

5 Kemenangan Terbesar Burnley di Premier League, Ada Rekor Baru!Burnley melawan Sunderland di Premier League 2016/2017. (premierleague.com)

Kemenangan dengan skor 4-1 juga berhasil dicatatkan Burnley pada 2016/2017. Kali ini, Sunderland yang menjadi korban. Tampil di kandang, The Clarets tampil dominan dan sempat memimpin 4 gol sebelum akhirnya Jermain Defoe mencetak 1 gol bagi Sunderland lewat assist dari Adnan Januzaj.

Andre Gray, pemain yang kini membela Al-Riyadh di Saudi Pro League menjadi pahlawan bagi Burnley di laga itu. Turun sejak menit pertama, ia mencetak 3 dari 4 gol The Clarets. Di akhir musim, Burnley finis di posisi 16 dan selamat dari zona degradasi. 

Baca Juga: 5 Top Skor Sepanjang Masa dalam Laga Barcelona Vs. Atletico Madrid

3. Burnley membantai Bournemouth dengan skor 4-0 di EPL 2018/2019.

5 Kemenangan Terbesar Burnley di Premier League, Ada Rekor Baru!Burnley melawan Bournemouth di Premier League 2018/2019. (premierleague.com)

Burnely tampil perkasa ketika berhadapan dengan Bournemouth di pekan ke-6 EPL 2018/2019. Bermain di kandang sendiri, Turf Moor, The Clarets menang dengan skor 4-0. Empat gol yang mengantarkan kemenangan bagi Joe Hart dan kawan-kawan di laga itu dicetak oleh tiga pemain berbeda.

Matej Vydra mencetak gol pertama pada menit 39. Dua menit berselang, Aaron Lennon berhasil menggandakan keunggulan lewat assist dari Jóhann Berg Gudmundsson. Ashley Barnes yang masuk sebagai pemain pengganti berhasil mencetak gol dua gol sekaligus di menit 83 dan 88.

4. Bermain di kandang, Wolves dibantai Burnley dengan skor 0-4 di pekan ke-33 EPL 2020/2021

5 Kemenangan Terbesar Burnley di Premier League, Ada Rekor Baru!Burnley melawan Wolverhampton Wanderers di Premier League 2020/2021. (premierleague.com)

Chris Wood, mantan pemain Burnley yang kini membela Nottingham Forest tampil ganas sebagai ujung tombak Burnley di pekan ke-33 EPL 2020/2021. Ia menjadi pahlawan ketika The Clarets membantai Wolverhampton Wanderers dengan skor 0-4. Pemain asal Selandia Baru itu mencetak hattrick di laga itu.

Di akhir musim, Burnley selamat dari zona degradasi dan finis di posisi 17. Tiga tim yang harus turun kasta di musim itu ialah Sheffield United, West Bromwich Albion, dan Fulham. Di sisi lain, Manchester City berhasi meraih trofi juara dan unggul 12 poin dari Manchester United di peringkat 2.

5. Kemenangan 5-0 atas Sheffield United di EPL 2023/2024 menjadi rekor baru bagi Burnley di EPL

5 Kemenangan Terbesar Burnley di Premier League, Ada Rekor Baru!Burnley melawan Sheffield United di Premier League 2023/2024. (premierleague.com)

Kemenangan 5-0 atas Sheffield United di pekan ke-14 EPL 2023/2024 menjadi kemenangan terbesar Burnley dalam sejarah EPL. Selain tampil di hadapan pendukung sendiri, Burnley juga diuntungkan dengan kartu merah yang diterima penyerang tim tamu, Oli McBurnie, di akhir babak pertama. Setelah unggul 2 gol di babak pertama, The Clarets menambah 3 gol lagi di babak kedua.

Lima pemain berbeda menjadi pencetak gol di laga itu. Jay Rodríguez dan Jacob Bruun Larsen menjadi pencetak gol di babak pertama. Di babak kedua, Zeki Amdouni, Luca Koleosho, dan Josh Brownhill turut mencatatkan nama mereka di papan skor dengan masing-masing mencetak satu gol.

Sayangnya, tiga poin yang diraih anak asuh Vincent Kompany tak mampu mengubah posisi mereka di klasemen. Hingga pekan ke-14, The Clarets masih tertahan di posisi 19 klasemen. Meski begitu, kemenangan atas Sheffield United menjadi modal bagus untuk menghadapi Wolverhampton Wanderers di laga selanjutnya.

Baca Juga: Burnley Curi Poin Penuh Atas Sheffield Utd

Firdaus Ala I Photo Verified Writer Firdaus Ala I

Suka nonton Highlight Ajax Amsterdam sewaktu kecil, tapi jadi fans MU pada akhirnya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya