5 Pemain AC Milan Dilepas secara Gratis pada Musim Panas 2023

Ante Rebic bergabung dengan Besiktas

AC Milan mengalami penurunan prestasi di Serie A 2022/2023. Setelah mampu meraih trofi juara pada 2021/2022, Rossoneri hanya finis di posisi keempat pada musim selanjutnya. Capaian mengecewakan itu tentu tak ingin diulangi skuad asuhan Stefano Pioli pada 2023/2024.

Untuk meraih hasil maksimal, mereka melakukan perombakan skuad pada musim panas 2023. Selain merekrut beberapa pemain anyar, mereka juga melepas beberapa pemainnya. Sebanyak lima pemain secara resmi telah dilepas secara gratis oleh Rossoneri. Siapa saja pemain tersebut? Berikut ulasannya.

1. Gabriele Bellodi bergabung dengan Olbia Calcio setelah sempat dipinjam selama semusim

5 Pemain AC Milan Dilepas secara Gratis pada Musim Panas 2023Gabriele Bellodi (acmilan.com)

Gabriele Bellodi merupakan pemain jebolan akademi AC Milan yang berposisi sebagai bek tengah. Meski telah menjadi bagian dari tim utama sejak 2020, ia tak pernah mendapat kesempatan bermain. Hal itu terjadi lantaran ia lebih sering dipinjamkan ke klub lain.

Pemain berusia 22 tahun itu tercatat pernah dipinjamkan ke tiga klub berbeda. Selain Crotone dan Alessandria, Olbia Calcio juga sempat meminjamnya sebelum akhirnya merekrutnya secara gratis pada musim panas 2023. Oleh Olbia Calcio yang berlaga di Serie C, ia diikat kontrak hingga 2026.

2. Ante Rebic hengkang ke Besiktas setelah bermain untuk AC Milan sejak 2019

5 Pemain AC Milan Dilepas secara Gratis pada Musim Panas 2023Ante Rebic (acmilan.com)

Ante Rebic memutuskan untuk melanjutkan karier di Super Lig Turki pada 2023/2024. Ia bergabung dengan klub yang telah menjuarai Liga Turki sebanyak 16 kali, Besiktas. Di klub tersebut, ia akan bermain dengan mantan pemain Liverpool, Alex Oxlade-Chamberlain.

Kepergiannya dari San Siro sekaligus mengakhiri kebersamaannya dengan Rossoneri yang telah berlangsung sejak dipinjam dari Eintracht Frankfurt pada 2019. Selama berseragam AC Milan, pemain asal Kroasia itu mencatatkan 123 pertandingan dan mencetak 29 gol dan 17 assist. Ia juga turut mengantarkan AC Milan memenangi trofi Serie A pada 2021/2022.

Baca Juga: 5 Pemain Baru Besiktas pada Musim Panas 2023, Ada Rebic!

3. Ciprian Tatarusanu melanjutkan karier di Arab Saudi dengan bermain untuk Abha Club

5 Pemain AC Milan Dilepas secara Gratis pada Musim Panas 2023Ciprian Tatarusanu (acmilan.com)

AC Milan juga melepas seorang penjaga gawang secara gratis pada musim panas 2023. Ciprian Tatarusanu memutuskan untuk menerima pinangan salah satu klub Arab Saudi, Abha Club. Pemain berusia 37 tahun ini diikat kontrak hingga 2025. Pengalamannya selama berkarier di Eropa tentu akan berguna untuk klub yang finis di di posisi ke-11 di Saudi Pro League 2022/2023.

Pemilik 73 caps bersama timnas Romania itu telah menjadi bagian dari Rossoneri sejak direkrut dari Olympique Lyon pada 2020. Selama berseragam AC Milan, total ia mencatatkan 37 pertandingan di berbagai ajang. Bersama Ante Rebic, ia juga turut memenangi trofi Serie A 2021/2022.

4. Andreas Jungdal akan berkarier di Serie B bersama Cremonese

5 Pemain AC Milan Dilepas secara Gratis pada Musim Panas 2023Andreas Jungdal (acmilan.com)

Andreas Jungdal merupakan pemain jebolan akademi AC Milan yang berhasil promosi ke tim utama pada 2022. Sempat berada di tim utama selama paruh pertama musim 2022/2023, ia lalu dipinjamkan ke SCR Altach yang berlaga di Liga Austria pada paruh kedua. Bersama klub tersebut, Jungdal hanya mencatatkan enam penampilan.

Rossoneri memutuskan untuk melepas pemain berusia 21 tahun tersebut pada musim panas 2023. Oleh karena itu, Cremonese yang berlaga di kasta kedua Italia merekrutnya secara gratis. Pemain asal Denmark ini diikat kontrak hingga 2026.

5. Antonio Mionic hengkang ke klub Ceko setelah gagal mendapat tempat di AC Milan

5 Pemain AC Milan Dilepas secara Gratis pada Musim Panas 2023Antonio Mionic (instagram.com/antoniomionic)

Yang terakhir, ada pemain jebolan akademi AC Milan yang berposisi sebagai gelandang. Antonio Mionic telah mengasah kemampuannya di akademi sejak 2018. Sempat dipinjamkan ke Montevarchi pada 2021/2022, ia lalu kembali ke AC Milan pada musim panas 2022 dan bergabung dengan tim utama.

Meski begitu, perjalanannya bersama Rossoneri tak berjalan mulus. Pada 2022/2023, ia menghabiskan sepanjang musim dengan bermain untuk Alessandria sebagai pemain pinjaman. Pada musim panas 2023, AC Milan secara resmi melepasnya dengan status bebas transfer ke klub Ceko, SK Lisen.

Persaingan ketat di skuad AC Milan membuat para pemain tersebut harus rela tersingkir. Andreas Jungdal, Gabriele Bellodi, dan Antonio Mionic yang merupakan pemain jebolan akademi pun harus menerima kenyataan itu. Dengan perubahan skuad yang terjadi di skuad AC Milan, patut dinantikan sejauh apa kiprah anak asuh Stefano Pioli di kancah domestik dan Eropa.

Baca Juga: 5 Rekrutan Terakhir AC Milan Asal Argentina, Pellegrino Terbaru!

Firdaus Ala Illiyyin Photo Verified Writer Firdaus Ala Illiyyin

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya