5 Pemain Aktif 2023 dengan Gol Terbanyak untuk Aston Villa

Ollie Watkins terbanyak

Aston Villa berhasil membuat kejutan pada pekan ketujuh English Premier League (EPL) 2023/2024. Bermain di hadapan pendukung sendiri, mereka berhasil menang telak atas Brighton & Hove Albion dengan skor 6-1. Anak asuh Roberto De Zerbi yang menampilkan performa apik pada beberapa laga sebelumnya harus pulang dengan tangan kosong.

Ollie Watkins menjadi aktor di balik kemenangan telak The Villans atas Kaoru Mitoma dan kawan-kawan. Pemain berusia 27 tahun itu berhasil mencetak hattrick. Tiga gol yang ia cetak ke gawang Jason Steele sekaligus menjadikannya pemain aktif dengan koleksi gol terbanyak untuk Aston Villa, melampaui rekor yang sebelumnya dipegang Christian Benteke.

Termasuk Watkins dan Benteke, berikut lima pemain aktif 2023 dengan koleksi gol terbanyak untuk Aston Villa.

1. Ollie Watkins telah mencetak 50 gol untuk The Villans

5 Pemain Aktif 2023 dengan Gol Terbanyak untuk Aston VillaOllie Watkins (efl.com)

Tiga gol yang dicetak Ollie Watkins pada pertandingan melawan Brighton & Hove Albion di Villa Park, Sabtu (30/9/2023), membuatnya memuncaki daftar ini. Total 50 gol telah ia cetak selama berseragam The Villans. Jumlah itu melampaui 49 gol milik Christian Benteke.

Pemain berpaspor Inggris itu selalu menjadi andalan di lini serang Aston Villa sejak bergabung dari Brentford pada musim panas 2020. Ia tak pernah menyia-nyiakan kesempatan yang diberikan pelatih. Tiap musimnya, ia selalu mencetak lebih dari sepuluh gol di Premier League.

2. Christian Benteke mencetak 49 gol selama 3 musim membela Aston Villa

5 Pemain Aktif 2023 dengan Gol Terbanyak untuk Aston VillaChristian Benteke (avfc.co.uk)

Christian Benteke mampu tampil cukup tajam ketika berseragam Aston Villa. Direkrut dari klub Belgia, KRC Genk, pada musim panas 2012, ia langsung mencuri perhatian pada musim pertamanya dengan mencetak 19 di Premier League. Selama 3 musim membela The Villans, Benteke total mencetak 49 gol dan 12 assist dari 101 pertandingan di berbagai ajang.

Ketajamannya bersama Aston Villa mampu membuat Liverpool meliriknya. Pada musim panas 2015, ia diboyong ke Anfield dengan biaya sebesar 46,5 juta euro atau 763 miliar rupiah. Sempat bermain untuk Crystal Palace pada 2016—2022, ia kemudian melanjutkan karier di Major League Soccer (MLS) dengan bermain untuk DC United.

Baca Juga: 5 Pembelian Pemain Termahal Aston Villa dari Klub Non-Inggris

3. Berposisi utama sebagai bek kiri, Ashley Young mengoleksi 38 gol bersama Aston Villa

5 Pemain Aktif 2023 dengan Gol Terbanyak untuk Aston VillaAshley Young (premierleague.com)

Ashley Young adalah satu-satunya pemain bertahan dalam daftar ini. Berposisi utama sebagai bek kiri, ia mengoleksi 38 gol dan 60 assist dari 247 pertandingan di berbagai ajang. Sebuah catatan yang cukup apik untuk seorang pemain bertahan.

Pemain berusia 38 tahun itu tercatat membela Aston Villa dalam dua periode berbeda. Periode pertama berlangsung pada 2007—2011. Sempat hengkang dan bermain untuk Manchester United dan Inter Milan, ia kemudian pulang ke Villa Park pada musim panas 2021 untuk kembali berseragam The Villans hingga akhir musim 2022/2023.

4. Jack Grealish mengoleksi 32 gol selama 8 musim berseragam Aston Villa

5 Pemain Aktif 2023 dengan Gol Terbanyak untuk Aston VillaJack Grealish (avfc.co.uk)

Sebelum meraih berbagai gelar bersama Manchester City, Jack Grealish cukup lama membela Aston Villa. Bahkan, ia tercatat menimba ilmu di akademi Aston Villa mulai pada 2002. Kerja kerasnya selama bertahun-tahun di akademi berbuah manis ketika dipromosikan ke tim utama pada musim panas 2013.

Sempat dipinjamkan ke Notts County pada 2013/2014, ia kemudian menjelma menjadi pemain penting di lini serang The Villans. Selama 8 musim, Grealish mencetak 32 gol dan 43 assist. Pada musim panas 2021, Aston Villa harus merelakannya pergi ke Manchester City setelah ditebus dengan biaya fantastis.

5. Selama 4 musim berseragam Aston Villa,  Jonathan Kodjia mencetak 31 gol

5 Pemain Aktif 2023 dengan Gol Terbanyak untuk Aston VillaJonathan Kodjia (avfc.co.uk)

Pemain terakhir dalam daftar ini adalah Jonathan Kodjia. Ia merupakan pemain berkebangsaan Pantai Gading yang membela Aston Villa pada 2016—2020. The Villans mendatangkannya dari Bristol City pada musim panas 2016 dengan biaya sebesar 12,8 juta euro atau 210 miliar rupiah.

Selama 4 musim membela The Villans, Kodjia mampu mencetak 31 gol dan 9 assist di berbagai ajang. Musim 2016/2017 bisa dibilang menjadi musim terbaiknya. Ia mencetak 19 gol di Championship. Setelah hengkang dari Aston Villa pada musim dingin 2020, ia sempat berkarier di Qatar sebelum akhirnya bergabung dengan FC Annecy yang berlaga di Ligue 2 Prancis pada musim panas 2023.

Koleksi gol Ollie Watkins bersama Aston Villa tentu masih bisa bertambah. Oleh The Villans, ia terikat kontrak hingga 2025. Dengan kesempatan dan kemampuan yang ia miliki, mampukah ia melewati rekor Gabriel Agbonlahor yang merupakan pencetak gol terbanyak The Villans sepanjang masa dengan 86 gol?

Baca Juga: 5 Klub Premier League Paling Sering Ditaklukkan Aston Villa

Firdaus Ala I Photo Verified Writer Firdaus Ala I

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya