5 Pemain Aktif dengan Penampilan Terbanyak untuk Paris Saint-Germain

Marquinhos ke puncak, melewati rekor Marco Verratti

Paris Saint-Germain (PSG) meraih kemenangan meyakinkan pada pekan kesembilan Ligue 1 2023/2024. Menjamu RC strasbourg di Parc des Princes, Les Parisiens menang tiga gol tanpa balas. Dengan hasil itu, Mbappe dan kawan-kawan bertengger di posisi kedua klasemen sementara, menempel ketat OGC Nice di posisi puncak.

Kemenangan tersebut terasa spesial bagi Marquinhos. Bermain sebagai starter, ia mencatatkan penampilan ke-417 bersama PSG. Pemain berusia 29 tahun itu melewati rekor Marco Verratti yang sebelumnya menjadi pemuncak daftar pemain aktif dengan rekor penampilan terbanyak untuk Les Parisiens dengan 416 penampilan.

Termasuk Marquinhos dan Marco Verratti, berikut lima pemain aktif dengan penampilan terbanyak untuk PSG.

1. Marquinhos telah meraih 8 trofi Ligue 1 Prancis selama 10 musim bersama PSG

5 Pemain Aktif dengan Penampilan Terbanyak untuk Paris Saint-GermainMarquinhos (psg.fr)

Marquinhos telah bergabung dengan PSG sejak musim panas 2013. Ia yang saat itu masih berusia 19 tahun diboyong dari AS Roma dengan biaya sebesar 31,4 juta euro atau 528 miliar rupiah. Selama semusim membela AS Roma, ia menjadi pilihan utama di lini belakang dan mencatatkan 30 penampilan di semua ajang.

Musim 2023/2024 merupakan musim kesebelas bagi pemain asal Brasil itu membela Les Parisiens. Berbagai gelar juga telah ia menangi selama membela klub kaya raya Prancis itu. Meski belum mampu mempersembahkan trofi UEFA Champions League (UCL), ia telah mengoleksi delapan trofi Ligue 1.

2. Marco Verratti memenangi 30 trofi selama 11 musim berkarier di Prancis bersama PSG

5 Pemain Aktif dengan Penampilan Terbanyak untuk Paris Saint-GermainMarco Verratti (instagram.com/marco_verratti92)

Sepanjang kariernya, Marco Verratti telah membela tiga klub berbeda. Memulai karier profesional di Pescara, ia kemudian pindah ke PSG sebelum akhirnya hengkang ke Liga Qatar dengan membela Al-Arabi SC. Pemain asal Italia itu berseragam Les Parisiens selama 11 musim, dari 2012 sampai 2023.

Sebanyak 416 laga telah ia mainkan selama menjadi bagian dari PSG. Berposisi utama sebagai gelandang tengah, ia juga mengoleksi 11 gol dan 61 assist. Total 30 trofi berhasil ia menangi selama berkarier di Prancis bersama Les Parisiens, termasuk 9 trofi Ligue 1.

Baca Juga: 5 Pemain PSG Tinggalkan Eropa pada Musim Panas 2023, Verratti ke Qatar

3. Thiago Silva antarkan PSG ke final UCL pada 2019/2020

5 Pemain Aktif dengan Penampilan Terbanyak untuk Paris Saint-GermainThiago Silva (psg.fr)

Thiago Silva membela PSG pada 2012—2020. Selama 8 musim itu, ia bermain dalam 315 pertandingan di berbagai ajang. Berposisi utama sebagai bek tengah, selain menjadi benteng kokoh di pertahanan, ia juga mengoleksi 17 gol dan 6 assist

Musim 2019/2020 menjadi salah satu musim terbaik Silva bersama Les Parisiens. Di ajang UCL pada musim itu, ia berhasil mengantarkan PSG ke final setelah mengalahkan RB Leipzig di semifinal. Meski gagal menjadi juara setelah dikalahkan Bayern Munich di partai puncak, ia menjadi salah satu pemain kunci atas keberhasilan PSG melaju hingga final.

4. Edinson Cavani belum meraih trofi sejak berpisah dengan PSG

5 Pemain Aktif dengan Penampilan Terbanyak untuk Paris Saint-GermainEdinson Cavani (psg.fr)

Edinson Cavani merupakan salah satu penyerang tengah terbaik yang pernah dimiliki PSG. Selama 7 musim membela Les Parisiens pada 2013—2020, ia mencatatkan 301 penampilan dan mencetak 200 gol, menjadikannya top skor kedua sepanjang masa bagi PSG. Dua gelar top skor juga berhasil ia dapatkan selama berkarier di Ligue 1, yakni pada 2016/2017 dengan 35 gol dan 2017/2018 dengan 28 gol.

Sejak berpisah dengan PSG pada musim panas 2020, pemain asal Uruguay itu telah beberapa kali pindah klub. Sebelum bergabung dengan Boca Juniors pada musim panas 2023, ia tercatat pernah membela Manchester United dan Valencia. Sayangnya, ia belum meraih satu trofi pun sejak meninggalkan PSG.

5. Ángel Di María cetak 93 gol selama 7 musim bersama PSG

5 Pemain Aktif dengan Penampilan Terbanyak untuk Paris Saint-GermainÁngel Di María (psg.fr)

Yang terakhir ada pemain yang mencatatkan 295 penampilan selama berseragam PSG. Ángel Di María bermain untuk raksasa Prancis itu pada 2015—2022. Berposisi utama sebagai penyerang sayap, ia juga tampil tajam dan mengoleksi 93 gol dan 119 assist.

Setelah berpisah dengan PSG pada musim panas 2022, pemain asal Argentina itu sempat membela Juventus selama semusim sebelum akhirnya pulang ke Benfica pada musim panas 2023. Meski tak lagi muda, ia menjadi pemain yang diandalkan dan telah mencetak 5 gol dari 6 pertandingan bersama Benfica pada 2023/2024.

Marquinhos masih terikat kontrak dengan PSG hingga 2028 mendatang. Sehubungan dengan itu, ia juga berkesempatan untuk menambah catatan penampilannya bersama raksasa Prancis tersebut. Atas pengabdiannya yang cukup lama untuk Les Parisiens, ia juga ditugaskan sebagai kapten tim.

Baca Juga: Angel Di Maria Segera Pulang ke Benfica, Mau Pensiun di Lisbon?

Firdaus Ala I Photo Verified Writer Firdaus Ala I

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya