4 Pemain Aktif PSG yang Pernah Membela Klub Premier League

Dua di antaranya pernah membela Fulham

Beberapa pertandingan seru terjadi pada matchday kedua fase grup UEFA Champions League (UCL) 2023/2024. Salah satu yang menyita perhatian adalah kekalahan telak Paris Saint-Germain (PSG) atas Newcastle United. Padahal, anak asuh Luis Enrique mampu menang meyakinkan dengan skor 2-1 ketika bertemu Borussia Dortmund pada matchday pertama.

Kekalahan itu cukup mengejutkan. Pasalnya, sebagai salah satu klub raksasa Prancis, skuad Les Parisiens sejatinya penuh dengan pemain-pemain berpengalaman yang pernah merumput di liga-liga top Eropa, termasuk English Premier League (EPL). Setidaknya, ada empat pemain mereka yang pernah bermain untuk klub asal Britania Raya.

1. Vitinha sempat dipinjamkan kepada Wolverhampton ketika membela FC Porto

4 Pemain Aktif PSG yang Pernah Membela Klub Premier LeagueVitinha (psg.fr)

Vitinha bergabung dengan PSG pada musim panas 2022. Saat itu, ia direkrut dari raksasa Portugal, FC Porto, dengan biaya sebesar 41,5 juta euro atau 688 miliar rupiah. Selama bersama Les Parisiens, ia telah mencatatkan 56 penampilan dan mencetak 2 gol dan 5 assist. Dua trofi juga berhasil ia raih, salah satunya trofi juara Ligue 1 Prancis 2022/2023.

Ketika berseragam FC Porto, Vitinha sempat dipinjamkan kepada Wolverhampton Wanderers. Ia membela Wolves selama semusim pada 2020/2021. Selama semusim itu, ia turun dalam 22 pertandingan dan mengoleksi 1 gol dan 1 assist. Satu-satunya gol berhasil ia cetak di ajang Piala FA.

3. Layvin Kurzawa mencatatkan enam penampilan ketika dipinjam Fulham pada 2022/2023

4 Pemain Aktif PSG yang Pernah Membela Klub Premier LeagueLayvin Kurzawa (instagram.com/kurzawa)

Layvin Kurzawa telah cukup lama menjadi bagian dari PSG. Ia yang masih berusia 22 tahun pada musim panas 2015 diboyong dari sesama klub Ligue 1, AS Monaco. Les Parisiens saat itu mengeluarkan biaya sebesar 25 juta euro atau 414 miliar rupiah untuk mendatangkannya ke Princes Park.

Meski tak selalu menjadi andalan, Kurzawa selalu mencatatkan lebih dari 20 penampilan tiap musimnya sejak direkrut PSG. Namun, pada 2021/2022, ia hanya tampil dalam satu pertandingan dan lebih sering tidak masuk dalam skuad Les Parisiens. Setelah musim yang mengecewakan itu, ia dipinjamkan kepada Fulham selama semusim. Kebersamaannya dengan The Cottagers tak berujung manis. Ia hanya mencatatkan enam penampilan lantaran sering dibekap cedera.

Baca Juga: Rekap Liga Champions: Newcastle Bantai PSG, Barcelona Menang

3. Sergio Rico menjadi kiper utama Fulham pada 2018/2019

4 Pemain Aktif PSG yang Pernah Membela Klub Premier LeagueSergio Rico (instagram.com/sergioricogonzalez1)

Di antara lima kiper yang dimiliki PSG pada 2023/2024, ada nama Sergio Rico. Pemain asal Spanyol itu secara resmi bergabung dengan PSG pada musim panas 2020. Les Parisiens saat itu memermanenkannya dengan biaya sebesar 6 juta euro atau 99 miliar rupiah setelah sebelumnya dipinjam selama semusim dari Sevilla.

Selain PSG, pemain berusia 30 tahun itu juga pernah dipinjamkan ke klub Inggris selama membela Sevilla. Fulham tercatat pernah memakai jasa Rico pada 2018/2019. Selama semusim itu, ia menjadi andalan dan mencatatkan 32 pertandingan.

4. Keylor Navas bermain selama setengah musim untuk Nottingham Forest

4 Pemain Aktif PSG yang Pernah Membela Klub Premier LeagueKeylor Navas (psg.fr)

Yang terakhir, ada kiper senior yang ada di skuad Les Parisiens. Setelah meraih berbagai gelar bersama Real Madrid pada 2014—2019, Keylor Navas memilih hengkang ke Ligue 1 dengan menerima tawaran PSG. Pada beberapa musim awal bersama PSG, Navas merupakan kiper utama. Namun, posisinya terancam seiring datangnya Gianluigi Donnarumma dari AC Milan.

Pada musim dingin 2023, PSG memutuskan untuk meminjamkannya ke klub promosi Premier League, Nottingham Forest. Keputusan yang diambil The Tricky Tree tersebut terjadi lantaran kiper pinjaman dari Manchester United, Dean Henderson, harus menepi karena cedera. Selama setengah musim membela Nottingham Forest, Navas sendiri mencatatkan 17 pertandingan.

Kekalahan telak PSG atas Newcastle United harus segera dilupakan oleh anak asuh Luis Enrique. Berada di grup neraka bersama Newcastle United, AC Milan, dan Borussia Dortmund pada babak grup UCL 2023/2024, mereka dituntut untuk tampil konsisten. Jika tidak, maka trofi UCL pun akan sulit mereka raih meski berstatus sebagai klub kaya raya.

Baca Juga: Kylian Mbappe Mati Kutu saat PSG Dibantai Newcastle

Firdaus Ala I Photo Verified Writer Firdaus Ala I

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya