5 Pemain Arsenal dengan Nilai Pasar Tertinggi pada 2023

Termasuk Declan Rice

Arsenal menjadi salah satu tim yang diunggulkan untuk menjuarai English Premier League (EPL) 2023/2024. Hal itu tak terlepas dari performa apik mereka sepanjang musim 2022/2023. Meski gagal menjadi juara, anak asuh Mikel Arteta mencatatkan performa impresif sepanjang musim itu.

Komposisi skuad yang berisi beberapa pemain bintang juga menjadi alasan mengapa The Gunners patut diperhitungkan musim ini. Memiliki kualitas di atas rata-rata membuat mereka memiliki nilai pasar yang lebih tinggi dibanding sejumlah pemain lainnya.

Berikut lima pemain termahal Arsenal pada 2023/2024.

1. Bukayo Saka menjadi yang termahal dengan 120 juta euro (Rp2 triliun)

5 Pemain Arsenal dengan Nilai Pasar Tertinggi pada 2023Bukayo Saka (premierleague.com)

Bukayo Saka menjadi pemain dengan nilai pasar tertinggi di Arsenal pada 2023/2024. Nilai pasarnya saat ini menyentuh angka 120 juta euro atau setara 2 triliun rupiah. Peran vitalnya di klub asal London ini menjadikannya layak untuk dihargai sebesar itu.

Di bawah asuhan Mikel Arteta, pemain berusia 22 tahun itu menjadi salah satu yang paling diandalkan. Namun, ia telah absen dalam satu pertandingan di EPL 2023/2024 ketika Arsenal berhasil mengalahkan Manchester City pada pekan kedelapan. Hal itu lantaran cedera yang ia dapat ketika bertandang ke markas RC Lens di UEFA Champions League (UCL).

2. Declan Rice menjadi sosok sentral di lini tengah The Gunners

5 Pemain Arsenal dengan Nilai Pasar Tertinggi pada 2023Declan Rice (arsenal.com)

Declan Rice menjadi idola baru para pendukung Arsenal pada 2023/2024. Pemain dengan nilai pasar sebesar 100 juta euro atau 1,6 miliar rupiah itu baru bergabung dengan Bukayo Saka dan kawan-kawan pada musim panas 2023. Berposisi sebagai gelandang, ia menjadi sosok penting di lini tengah dan menjadi pemain penting di skuad The Gunners, setidaknya hingga pekan kedelapan EPL. 

Dari delapan pertandingan yang telah dijalani Arsenal di EPL, ia selalu diturunkan dan hampir selalu tampil penuh di tiap pertandingan. Mantan pemain West Ham United itu juga telah mengoleksi satu gol. Satu-satunya gol tersebut tercipta dalam pertandingan sengit melawan Manchester United.

Baca Juga: 4 Klub Prancis yang Mampu Kalahkan Arsenal, Lens Paling Sering!

3. Martin Odegaard melakukan tugasnya dengan baik sebagai kapten tim

5 Pemain Arsenal dengan Nilai Pasar Tertinggi pada 2023Martin Ødegaard (premierleague.com)

Hengkang dari Real Madrid dan bergabung dengan Arsenal pada musim panas 2021 menjadi salah satu keputusan terbaik dalam karier Martin Odegaard. Bersama The Gunners, ia mampu menampilkan performa terbaiknya dan bahkan ditunjuk sebagai kapten tim. Saat ini, pemain berusia 24 tahun itu memiliki nilai pasar sebesar 90 juta euro atau 1,5 miliar rupiah.

Kapten Timnas Norwegia itu menjadi sosok sentral di lini tengah Arsenal. Selain tak pernah absen dalam 8 pertandingan di EPL, ia juga berkontribusi dengan mencetak 3 gol. Bersama Declan Rice, ia juga menjadi salah satu pencetak gol ketika berhasil mengalahkan Manchester United pada pekan keempat EPL 2023/2024.

4. Gabriel Martinelli menjadi penentu kemenangan atas Manchester City

5 Pemain Arsenal dengan Nilai Pasar Tertinggi pada 2023Gabriel Martinelli (premierleague.com)

Musim 2023/2024 merupakan musim kelima bagi Gabriel Martinelli membela Arsenal. Sempat tak menjadi pilihan utama selama 2 musim awal, ia kemudian mampu membuktikan kualitasnya pada musim-musim berikutnya. Pemain asal Brasil itu menjadi salah satu pemain kunci ketika The Gunners finis di posisi kedua di EPL 2022/2023. Selama semusim itu, ia mencetak 15 gol dan 5 assist dari 36 pertandingan.

Pemain dengan nilai pasar sebesar 80 juta euro atau 1,3 miliar rupiah itu telah melewatkan dua pertandingan di EPL pada musim ini. Hal itu lantaran ia sempat menderita cedera hamstring. Meski begitu, ia mampu tampil apik ketika kembali bermain dan menjadi penentu kemenangan atas Manchester City pada pekan kedelapan EPL dengan mencetak satu gol.

5. Gabriel Jesus sempat tak tampil maksimal pada 2022/2023 karena cedera

5 Pemain Arsenal dengan Nilai Pasar Tertinggi pada 2023Gabriel Jesus (arsenal.com)

Yang terakhir, ada pemain yang bergabung dengan Arsenal pada musim panas 2023. Setelah menit bermainnya sempat berkurang bersama Manchester City, Gabriel Jesus memutuskan untuk berlabuh ke skuad asuhan Mikel Arteta. Saat itu, The Gunners mengeluarkan biaya sebesar 52,2 juta euro atau 870 miliar rupiah untuk mendapatkan tanda tangan pemain asal Brasil itu. Sedangkan, untuk saat ini, nilai pasarnya kembali meningkat dan mencapai 75 juta euro atau 1,2 miliar rupiah.

Pada musim pertamanya membela Arsenal pada 2022/2023, Jesus belum mampu tampil maksimal. Hal itu lantaran ia sempat menderita cedera selama beberapa pekan. Sedangkan, di EPL 2023/2024, ia telah tampil dalam 6 pertandingan serta mengoleksi 1 gol yang tercipta ke gawang Manchester United.

Peran para pemain tersebut cukup vital pada awal EPL 2023/2024. Hal itu terbukti dengan beberapa gol penentu kemenangan yang mereka cetak di beberapa laga. Dengan komposisi skuad yang tak jauh beda dengan musim lalu ditambah kehadiran Declan Rice, mampukah Arsenal menjuarai EPL 2023/2024?

Baca Juga: 5 Pertemuan Terakhir Chelsea dan Arsenal di EPL, Siapa Paling Dominan?

Firdaus Ala I Photo Verified Writer Firdaus Ala I

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya