5 Pemain MU Diboyong Klub Turki Sedekade Terakhir, Bailly Terbaru

Eric Bailly direkrut Besiktas

Manchester United melakukan pembenahan di beberapa posisi pada bursa transfer musim panas 2023. Selain mendatangkan beberapa pemain baru, The Red Devils juga dipastikan telah melepas beberapa pemainnya. Eric Bailly, pemain yang telah menjadi bagian dari klub ini sejak didatangkan dari Villarreal pada musim panas 2016, menjadi salah satu pemain yang berpisah dengan Manchester United pada musim panas 2023.

Pemain berusia 29 ini masih akan berkarier di tanah Eropa. Ia akan memulai petualangan baru di Super Lig turki dengan bermain untuk Besiktas. Kedatangannya ke klub berjuluk Kara Kartallar bersamaan dengan beberapa nama top lain, seperti Alex Oxlade-Chamberlain dan Ante Rebic.

Beberapa klub Turki tercatat beberapa kali merekrut pemain dari Manchester United dalam kurun waktu sedekade terakhir. Total terdapat lima pemain yang meninggalkan Old Trafford untuk melanjutkan karier di Negara Busur. Termasuk Eric Bailly, berikut kami ulas lima pemain yang direkrut klub Turki dari Manchester United sedekade terakhir.

1. Robin van Persie hengkang ke Fenerbahce pada musim panas 2015

5 Pemain MU Diboyong Klub Turki Sedekade Terakhir, Bailly TerbaruRobin van Persie (uefa.com)

Robin van Persie membela Manchester United pada 2012—2015. Biaya sebanyak 30,7 juta euro atau sekitar Rp504 miliar yang dikeluarkan The Red Devils untuk memboyongnya dari Arsenal pada musim panas 2012 tak sia-sia. Pemain asal Belanda ini mampu tampil apik dan mempersembahkan trofi English Premier League (EPL) di musim pertamanya. Tak hanya itu, ia juga menyabet gelar pemain terbaik dan top skor di musim yang sama.

Pada musim panas 2015, pemilik 50 gol untuk tim nasional ini memilih hengkang dari Old Trafford untuk bergabung dengan Fenerbahce. Selama lebih dari 2 musim merumput di Turki, ia mencatatkan 87 penampilan, mengoleksi 36 gol dan 7 assist di berbagai ajang. Sempat pulang kampung ke Belanda dengan memperkuat Feyenord pada 2018—2019, ia kemudian memutuskan pensiun di usianya yang ke-35.

2. Nani hanya semusim membela Fenerbahce

5 Pemain MU Diboyong Klub Turki Sedekade Terakhir, Bailly TerbaruNani (instagram.com/luisnani)

Selanjutnya, ada pemain yang berseragam Manchester United selama 8 musim. Luis Nani direkrut dari Sporting CP pada musim panas 2007 dengan biaya sebesar 25,5 juta euro atau sekitar Rp419 miliar. Nilai yang cukup besar pada saat itu. Berbagai gelar juara sukses ia raih, termasuk 4 trofi EPL dan 1 trofi UEFA Champions League (UCL).

Sempat dipinjamkan ke Sporting CP pada 2014/2015, ia kemudian hengkang ke Fenerbahce pada musim panas 2015. Hanya semusim membela Sarı Kanaryalar, ia mencatatkan 47 pertandingan mencetak 12 gol dan 13 assist. Sempat membela beberapa klub dan mencicipi liga di berbagai negara, termasuk Australia, ia kembali ke Turki pada musim panas 2023 setelah menerima pinangan Adana Demirspor.

Baca Juga: 5 Pemain Aktif Fenerbahce yang Diboyong dari Klub Italia, Ada Dzeko!

3. Juan Mata direkrut Galatasaray secara gratis pada musim panas 2022

5 Pemain MU Diboyong Klub Turki Sedekade Terakhir, Bailly TerbaruJuan Mata (instagram.com/juanmatagarcia)

Juan Mata juga merupakan rekrutan klub Turki dari Manchester United dalam kurun waktu sedekade terakhir. Dirinya direkrut Galatasaray pada September 2022 secara gratis setelah kontraknya dengan The Red Devils berakhir. Selama semusim membela klub berjuluk Cimbom Aslan, ia mencatatkan 18 penampilan dan mencetak 3 gol dan 2 assist.

Pemain asal Spanyol ini tercatat membela Manchester United selama lebih dari 8 musim. Berposisi utama sebagai gelandang serang, total ia mencatatkan 285 penampilan dan mencetak 51 gol dan 47 assist di berbagai ajang. Ia juga berhasil memenangi trofi UEFA Europa League pada 2016/2017.

4. Fred diboyong Fenerbahce setelah membela MU selama 5 musim

5 Pemain MU Diboyong Klub Turki Sedekade Terakhir, Bailly TerbaruFred (instagram.com/fred08oficial)

Kebersamaan Fred dengan The Red Devils akhirnya usai. Ia resmi hengkang dari Old Trafford setelah menerima pinangan dari Fenerbahce. Oleh klub berjuluk Sarı Kanaryalar, Fred diboyong dengan harga 9.7 juta euro atau sekitar Rp160 miliar dengan durasi kontrak hingga 2027.

Pemain asal Brasil ini memulai kariernya di Internacional dan sempat membela Shakhtar Donetsk sebelum akhirnya digaet Manchester United dengan biaya yang tidak murah pada musim panas 2018. The Red Devils mengeluarkan dana sebesar 59 juta euro atau sekitar Rp969 miliar untuknya yang saat itu berusia 25 tahun. Untuk The Red Devils, total ia mencatatkan 213 pertandingan dan mencetak 14 gol dan 19 assist  di berbagai ajang.

5. Eric Bailly bergabung dengan Besiktas usai tersingkir dari skuad MU

5 Pemain MU Diboyong Klub Turki Sedekade Terakhir, Bailly TerbaruEric Bailly (manutd.com)

Kerja sama antara Manchester United dan Eric Bailly resmi berakhir. Sempat tersingkir dari skuad dan dipinjamkan ke Marseille pada 2022/2023, ia akhirnya menerima tawaran Besiktas. Oleh Kara Kartallar, dirinya diikat kontrak hingga 2024.

Selama 6 musim berseragam Manchester United, Bailly mencatatkan 113 penampilan. berposisi utama sebagai pemain bertahan, dirinya juga mengoleksi 1 gol dan 1 assist. Satu-satunya gol ia ciptakan ke gawang Swansea di EPL 2017/2018.

Nama besar Manchester United menjadi salah satu faktor beberapa klub Turki tertarik untuk merekrut beberapa nama tersebut. Pengalaman berlaga di salah satu liga terbaik di dunia, EPL, juga menjadi pertimbangan. Setelah tersingkir dari skuad Manchester United, mampukah Bailly kembali menunjukkan kemampuan terbaiknya dan sukses bersama Besiktas?

Baca Juga: Eric Bailly Tuduh MU Istimewakan Pemain Asal Inggris

Firdaus Ala I Photo Verified Writer Firdaus Ala I

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya