7 Pemain Muda Terakhir yang Pergi dari MU, Elanga Terbaru

Anthony Elanga hengkang ke Nottingham Forest

Sebagai salah satu klub top Inggris, bahkan Eropa, Manchester United selalu diisi pemain-pemain yang berada di level teratas. Mereka dituntut untuk selalu mampu menunjukkan performa terbaik, baik di luar maupun di dalam lapangan. Jika tidak begitu, maka mereka bisa saja tersingkir dan harus angkat kaki dari Old Trafford.

Hal itu berlaku juga bagi para pemain muda. Yang terbaru, jebolan Akademi, Anthony Elanga, dipastikan hengkang ke Nottingham Forest. Salah satu faktornya adalah demi mendapat menit bermain yang lebih banyak. Ia menyusul beberapa pemain lain yang hengkang dari Old Trafford meski masih berusia muda.

1. Cameron Borthwick-Jackson

7 Pemain Muda Terakhir yang Pergi dari MU, Elanga TerbaruCameron Borthwick-Jackson (premierleague.com)

Sejak dipromosikan ke tim utama pada 2015, Cameron Borthwick-Jackson lebih banyak menghabiskan waktunya di klub lain sebagai pemain pinjaman. Sempat mencatatkan sepuluh pertandingan pada 2015/2016, ia lalu dipinjamkan ke Wolverhampton Wanderers pada musim selanjutnya. Setelah itu, ia beberapa kali dipinjamkan ke klub lain, seperti Leeds United, Scunthorpe United, Tranmere Rovers, dan Oldham Athletic, yang memermanenkannya pada awal musim 2020/2021.

Saat diboyong Oldham Athletic, usia Borthwick-Jackson masih 23 tahun. Namun, pemain berpaspor Inggris itu hanya semusim berseragam Oldham Athletic. Pada musim panas 2021, ia berlabuh ke Burton Albion.

2. Angel Gomes

7 Pemain Muda Terakhir yang Pergi dari MU, Elanga TerbaruAngel Gomes (manutd.com)

Angel Gomes menghabiskan masa mudanya di akademi Manchester United. Kerja kerasnya berbuah manis saat dipromosikan ke tim utama pada 2019/2020. Saat itu, usianya masih 18 tahun.

Kerasnya persaingan di tim utama membuatnya hanya bertahan selama semusim. Pada musim panas 2020, ia hengkang ke klub Prancis, LOSC Lille, dengan status bebas transfer. Pada musim pertamanya bersama LOSC Lille, ia langsung dipinjamkan ke klub Portugal, Boavista.

3. Timothy Fosu-Mensah

7 Pemain Muda Terakhir yang Pergi dari MU, Elanga TerbaruTimothy Fosu-Mensah (instagram.com/tfosumensah)

Timothy Fosu-Mensah hengkang dari Old Trafford saat masih berusia 23 tahun. Ia berlabuh ke klub Jerman, Bayer Leverkusen, pada Januari 2021. Bersama Werkself, ia dikontrak hingga 2024.

Berposisi utama sebagai bek kanan, ia kalah bersaing dengan pemain lainnya di Manchester United. Bersama The Red Devils, ia sendiri mencatatkan 30 pertandingan dan mengoleksi 1 assist. Pemain asal Belanda itu juga sempat dipinjamkan ke klub lain, seperti Crystal Palace dan Fulham.

Baca Juga: 5 Rekrutan Nottingham Forest dari Manchester United, Ada Elanga!

4. Daniel James

7 Pemain Muda Terakhir yang Pergi dari MU, Elanga TerbaruDaniel James (manutd.com)

Selanjutnya, ada pemain Timnas Wales. Daniel James direkrut Manchester United dari Swansea pada musim panas 2019 dengan biaya sebesar 17 juta euro atau sekitar Rp296 miliar. Ia diikat kontrak hingga 2024.

Pada musim pertamanya bersama The Red Devils, ia menjadi andalan dan mencatatkan 46 pertandingan dan mencetak 4 gol dan 7 assist di semua ajang. Pada musim panas 2021, ia hengkang ke Leeds United saat usianya 23 tahun.

5. Tahith Chong

7 Pemain Muda Terakhir yang Pergi dari MU, Elanga TerbaruTahith Chong (instagram.com/tahithchong)

Tahith Chong mampu menembus tim utama Manchester United pada 2019/2020. Sebelumnya, ia telah mengasah kemampuan di akademi mulai pada 2016. Saat itu, ia dipromosikan bersama beberapa pemain muda lainnya, termasuk Mason Greenwood.

Selama membela The Red Devils, Chong lebih banyak menghabiskan waktunya sebagai pemain pinjaman ke klub lain. Birmingham lebih dulu meminjamnya sebelum dipermanenkan pada September 2022, saat usianya masih 22 tahun. Pada musim panas 2023, ia hengkang ke klub yang baru saja promosi ke English Premier League (EPL), Luton Town.

6. Zidane Iqbal

7 Pemain Muda Terakhir yang Pergi dari MU, Elanga TerbaruZidane Iqbal (manutd.com)

Zidane Iqbal telah menyelesaikan kepindahannya ke klub Belanda, FC Utrecht, pada musim panas 2023. Ia ditebus dengan biaya sebesar 1 juta euro atau sekitar Rp16 miliar. Pemain berusia 20 tahun tersebut dikontrak hingga 2027.

kebersamaan Iqbal dengan tim utama The Red Devils hanya berlangsung selama setengah musim. Sejak dipromosikan pada Januari 2023, ia mencatatkan satu pertandingan. Itu terjadi saat The Red Devils bersua BSC Young Boys di Liga Champions Eropa.

7. Anthony Elanga

7 Pemain Muda Terakhir yang Pergi dari MU, Elanga TerbaruAnthony Elanga (instagram.com/officialnffc)

Kebersamaan Anthony Elanga dengan Manchester United dipastikan usai. Pemain berusia 21 tahun itu diboyong Nottingham Forest dengan mahar sebesar 17,5 juta euro atau sekitar Rp290 miliar. ia diikat kontrak hingga 5 musim ke depan.

Catatan Elanga bersama tim utama The Red Devils sebenarnya tak terlalu buruk. Sejak dipromosikan pada Januari 2022, ia mencatatkan 55 pertandingan dan mengoleksi 4 gol dan 4 assist. Namun, sebagai pemain muda, ia perlu memperbanyak jam terbangnya.

Anthony Elanga ingin bermain maksimal untuk Nottingham Forest. Potensi yang ia miliki diharapkan mampu berkembang di klub asal Notthingham, Inggris, itu. Mampukah ia memberi pengaruh kepada klub berjuluk The Tricky Trees tersebut?

Baca Juga: 5 Transfer Pemain Inggris Termahal di Luar EPL, Dominasi Pemain Muda!

Firdaus Ala Illiyyin Photo Verified Writer Firdaus Ala Illiyyin

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya