5 Pemain Muda yang Direkrut Ajax pada Musim Panas 2023, Potensial!

Salah satunya bek muda Timnas Kroasia

Ajax Amsterdam mengalami penurunan prestasi di Eredivisie Belanda dalam 2 musim terakhir. Setelah menjadi juara 4 musim beruntun pada 2018/2019 hingga 2021/2022, Ajacieden hanya mampu finis di posisi ketiga dan keempat selama 2 musim berturut-turut. Hal itu tak luput dari perginya beberapa pemain andalan tiap musim.

Klub asuhan Maurice Steijn tentu ingin kembali meraih hasil maksimal pada 2023/2024. Untuk itu, juara kasta tertinggi Liga Belanda sebanyak 36 kali itu telah merekrut beberapa pemain baru pada musim panas 2023. Bahkan, sebanyak 5 dari 8 pemain baru itu masih berusia muda. Hal itu tentunya bagus untuk jangka panjang klub.

Siapa saja pemain muda yang direkrut Ajax pada musim panas 2023?

1. Diant Ramaj didatangkan dari FC Heidenheim

5 Pemain Muda yang Direkrut Ajax pada Musim Panas 2023, Potensial!Diant Ramaj (ajax.nl)

Ajax menambah pemain di posisi penjaga gawang dengan mendatangkan pemain berusia 21 tahun. Diant Ramaj diboyong dari Eintracht Frankfurt dengan biaya sebesar 4 juta euro atau sekitar Rp66 miliar. Cedera yang menimpa Gerónimo Rulli dan Remko Pasveer dari sektor penjaga gawang menjadi salah satu faktor Ajacieden merekrutnya.

Pemain berdarah Kosovo itu sendiri telah bermain untuk Eintracht Frankfurt sejak didatangkan dari FC Heidenheim pada 2021. Selama 2 musim bersama Die Adler, ia hanya mencatatkan 2 pertandingan di semua ajang. Jika ingin menjadi pilihan utama di Ajax, ia tentu harus bekerja keras hingga mampu mengambil hati pelatih.

2. Anton Gaaei diikat kontrak hingga 2028

5 Pemain Muda yang Direkrut Ajax pada Musim Panas 2023, Potensial!Anton Gaaei (ajax.nl)

Lini pertahanan juga mendapat amunisi baru dengan kedatangan Anton Gaaei. Pemain kelahiran 19 November 2002 itu direkrut dari klub Denmark, Viborg FF, dengan mahar sebesar 4,5 juta euro atau sekitar Rp74 miliar. Oleh Ajacieden, ia diikat kontrak hingga 2028.

Musim 2022/2023 merupakan musim debutnya sebagai pemain profesional. Meski begitu, ia cukup diandalkan sebagai seorang bek kanan. Selama semusim, ia total mencatatkan 37 pertandingan dan mencetak 1 gol dan 6 assist.

Baca Juga: 7 Alumni Ajax yang Pernah Bermain di Manchester United, Ada Idolamu?

3. Benjamin Tahirovic belum genap semusim bersama tim utama AS Roma

5 Pemain Muda yang Direkrut Ajax pada Musim Panas 2023, Potensial!Benjamin Tahirovic (instagram.com/b.tahirovic1)

Selanjutnya, ada pemain timnas Bosnia-Herzegovina yang digaet dari AS Roma. Benjamin Tahirovic telah mencatatkan empat pertandingan bersama tim nasional sejak debut di Piala Eropa melawan Islandia pada 23 Maret 2023. Pada pertandingan itu, ia bermain selama 82 menit sebagai gelandang.

Pemain berusia 20 tahun itu sendiri belum genap semusim bermain untuk AS Roma sejak dipromosikan dari tim U-19 pada November 2022. Meski begitu, ia mampu mendapat kepercayaan dari pelatih dan mencatatkan 13 pertandingan di semua ajang. Tahirovic lantas diboyong Ajax. Hingga pekan kedua Eredivisie 2023/2024, ia diandalkan di lini tengah dan telah mengoleksi satu assist.

4. Carlos Forbs menjadi top skor di EPL U-21 pada 2022/2023

5 Pemain Muda yang Direkrut Ajax pada Musim Panas 2023, Potensial!Carlos Forbs (instagram.com/carlos.forbs)

Carlos Forbs menjadi pemain termuda dalam daftar ini. Berusia 19 tahun, ia diboyong dari Manchester City U-21 dengan biaya sebesar 14 juta euro atau sekitar Rp233 miliar. Pemain asal Portugal itu diikat kontrak hingga 5 musim ke depan.

Forbs telah berada di akademi Manchester City sejak pindah dari Sporting CP pada 2014. Capaiannya di level junior bersama The Citizens cukup impresif. Pada 2022/2023, ia berhasil menjuarai English Premier League (EPL) U-21 sekaligus menjadi top skor dengan 21 gol.

5. Josip Sutalo direkrut setelah menjadi andalan di Dinamo Zagreb

5 Pemain Muda yang Direkrut Ajax pada Musim Panas 2023, Potensial!Josip Sutalo (instagram.com/josip.sutalo)

Yang terakhir, ada bek muda potensial asal Kroasia. Josip Sutalo menjadi andalan tim nasional dalam beberapa ajang terakhir. Bahkan, di final UEFA Nations League pada 18 Juni 2023, pemain berusia 23 tahun itu bermain penuh meski gagal memenangi trofi setelah ditumbangkan Spanyol lewat adu penalti.

Sutalo sendiri menjadi andalan di lini pertahanan Dinamo Zagreb pada 2022/2023. Selama semusim, ia mencatatkan 36 pertandingan dan mengoleksi 3 gol di semua ajang. Sebanyak tiga trofi juara kasta tertinggi Liga Kroasia juga berhasil ia menangi.

Kedatangan para pemain muda di atas tentu menjadi angin segar untuk Ajax Amsterdam. Pada usia yang masih muda, potensi mereka tentu akan berguna untuk klub dalam jangka panjang. Meski begitu, bermain untuk salah satu klub terbesar di Belanda tak akan mudah. Mereka perlu berusaha melakukan yang terbaik.

Baca Juga: 3 Pemain Ajax Amsterdam yang Pindah ke EPL pada Musim Panas 2023

Firdaus Ala Illiyyin Photo Verified Writer Firdaus Ala Illiyyin

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya