5 Pemain Non-Eropa di Skuad Atalanta 2023/2024, Lookman Tajam!

Atalanta lolos ke babak final Coppa Italia

Atalanta menjadi salah satu tim Italia yang mampu tampil mengesankan di beberapa kompetisi yang mereka ikuti pada 2023/2024. Di Liga Europa, klub berjuluk La Dea itu berhasil melaju ke semifinal. Mereka bahkan sempat menyingkirkan Liverpool dengan agregat 3-1 pada perempat final. 

Selain itu, anak asuh Gian Piero Gasperini juga berpeluang meraih trofi Coppa Italia. Setelah mampu mengalahkan AC Milan pada perempat final dan Fiorentina pada semifinal, mereka akan menghadapi Juventus pada babak final.

Sementara, itu di Serie A Italia, Atalanta yang baru memainkan 33 laga berada di posisi keenam dengan torehan 57 poin. Mereka masih memiliki peluang untuk meraih tiket Liga Champions Eropa 2024/2024 lantaran hanya berjarak 2 poin dengan AS Roma di posisi kelima dan telah memainkan 34 laga.

Capaian apik itu tak terlepas dari peran lima pemain non-Eropa yang tengah membela Atalanta pada 2023/2024. Salah satunya ialah Ademola Lookman, penyerang asal Nigeria yang sejauh ini telah mengemas sebelas gol. Termasuk Lookman, berikut lima pemain non-Eropa di skuad Atalanta 2023/2024.

1. Juan Musso (Argentina) berperan penting membawa Atalanta ke semifinal Liga Europa

5 Pemain Non-Eropa di Skuad Atalanta 2023/2024, Lookman Tajam!Juan Musso (instagram.com/juanmusso)

Atalanta memiliki dua kiper andalan musim ini. Selain Marco Carnesecchi yang telah tampil dalam 27 laga, ada juga Juan Musso. Kiper yang memiliki nama lengkap Juan Agustín Musso itu telah tampil dalam 21 laga di berbagai ajang musim ini.

Kiper yang telah mencatatkan dua caps untuk Timnas Argentina itu menjadi salah satu pemain penting di balik keberhasilan Atalanta melaju ke semifinal Liga Europa. Di ajang tersebut, ia menjadi pilihan utama dan telah tampil dalam sepuluh pertandingan. Penampilan apiknya diharapkan terus berlanjut demi mampu membawa Atalanta melaju hingga ke partai puncak.

2. José Luis Palomino (Argentina) mendapat menit bermain yang minim karena cedera

5 Pemain Non-Eropa di Skuad Atalanta 2023/2024, Lookman Tajam!José Luis Palomino (instagram.com/atalantabc)

Performa José Luis Palomino pada musim ini tak begitu baik. Cedera membuatnya tak mendapat menit bermain yang cukup. Di berbagai ajang, pemain 34 tahun asal Argentina itu baru tampil dalam empat pertandingan.

Musim ini merupakan musim terakhir Palomino bersama Atalanta. Pemain yang berposisi sebagai bek tengah dipastikan akan meninggalkan La Dea lantaran kontraknya berakhir pada Juli 2024 mendatang. Hal ini sekaligus mengakhiri kerja samanya dengan Atalanta yang telah berlangsung sejak 2017.

Baca Juga: 3 Pemain Atalanta yang Menonjol saat Pecundangi Liverpool di Anfield

3. Éderson (Brasil) menjadi salah satu pemain dengan menit bermain terbanyak

5 Pemain Non-Eropa di Skuad Atalanta 2023/2024, Lookman Tajam!Ederson (instagram.com/ederson99)

Éderson menjadi salah satu pemain dengan menit bermain terbanyak di Atalanta musim ini. Sejauh ini, pemain asal Brasil itu telah mencatatkan 3.672 menit dari 46 pertandingan. Jumlah itu hanya kalah dari salah satu pemain yang berposisi sebagai bek tengah, Berat Djimsiti.

Berposisi utama sebagai gelandang, Ederson juga memiliki ketajaman yang mumpuni. Dirinya telah mencatatkan 7 gol dan 1 assist di berbagai ajang. Salah satu golnya berhasil menyelamatkan Atalanta dari kekalahan atas Udinese pada pekan ke-12 Serie A.

4. Ademola Lookman (Nigeria) tampil tajam di lini serang

5 Pemain Non-Eropa di Skuad Atalanta 2023/2024, Lookman Tajam!Ademola Lookman (twitter.com/Alookman_)

Ademola Lookman menjadi salah satu pemain yang paling bersinar di skuad Atalanta musim ini. Setelah mampu mencetak 15 gol pada musim lalu, dirinya kembali mencetak 2 digit gol pada musim ini. Dari 38 laga, bomber asal Nigeria itu telah menecetak 11 gol dan 7 assist.

Salah satu penampilan terbaiknya terjadi pada pekan ke-15 Serie A. Menjamu AC Milan, ia menjadi pahlawan kemenangan Atalanta dengan mencetak dua gol. Atalanta berhak atas tiga poin lantaran mengakhiri pertandingan dengan kemenangan 3-2.

5. Musim pertama El Bilal Touré (Mali) bersama Atalanta tak maksimal karena cedera

5 Pemain Non-Eropa di Skuad Atalanta 2023/2024, Lookman Tajam!El Bilal Touré (atalanta.it)

El Bilal Touré menjalani musim pertamanya bersama Atalanta dengan performa kurang maksimal. Pemain asal Mali itu harus beberapa kali absen lantaran cedera. Sejauh ini, dirinya baru tampil dalam 9 laga dengan torehan 2 gol dan 1 assist.

Oleh Atalanta, pemain berusia 22 tahun itu didatangkan dari UD Almería pada musim panas 2023. La Dea harus mengeluarkan biaya sebesar 29 juta euro atau 500 miliar rupiah untuk memboyongnya saat itu. Oleh Atalanta, ia diikat kontrak hingga 2027 mendatang.

Serie A Italia dipastikan akan memiliki lima wakil di Liga Champions musim depan. Dengan begitu, peluang Atalanta untuk mampu tampil di ajang tersebut cukup terbuka.

Baca Juga: Perjalanan Atalanta Bergamo Tembus Final Coppa Italia 2023/2024

Firdaus Ala I Photo Verified Writer Firdaus Ala I

Loving football since 6

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya