5 Pemain Terakhir yang Pensiun di Real Sociedad, David Silva Terbaru

David Silva menderita cedera serius pada sesi pramusim

Salah satu pemain Real Sociedad yang namanya pernah melambung bersama Manchester City, David Silva, mengumumkan pensiun dari dunia sepak bola. Hal ini sekaligus mengakhiri 19 tahun kariernya sebagai pesepak bola profesional. Real Sociedad pun menjadi klub terakhir yang ia bela.

Dalam beberapa tahun terakhir, terdapat beberapa pemain yang memutuskan pensiun dan menjadikan Real Sociedad klub terakhir yang mereka bela. Mereka tentunya memiliki peran dalam perjalanan Txuri-urdin berkompetisi di salah satu liga terbaik dunia, LaLiga Spanyol. Termasuk David Silva, berikut lima pemain terakhir yang pensiun di Real Sociedad.

1. Imanol Agirretxe

5 Pemain Terakhir yang Pensiun di Real Sociedad, David Silva TerbaruImanol Agirretxe (uefa.com)

Imanol Agirretxe sempat mencicipi beberapa akademi ketika junior. Pemain berpaspor Spanyol itu pernah mengasah kemampuan di akademi milik Antiguoko, Athletic Bilbao, dan Real Sociedad, yang akhirnya mempromosikannya ke tim utama pada 2007. Hingga ia pensiun pada 2018 saat berusia 31 tahun, ia tak pernah berpindah klub.

Selama sekitar 11 tahun bersama Real Sociedad, pemain yang berposisi sebagai striker itu mencatatkan 271 pertandingan dan mencetak 74 gol dan 16 assist  di semua ajang. Tak berlebihan rasanya menjadikan Agirretxe sebagai salah legenda klub. Saat ini, ia tercatat sebagai pelatih Real Sociedad U-19.

2. David Zurutuza

5 Pemain Terakhir yang Pensiun di Real Sociedad, David Silva TerbaruDavid Zurutuza saat berseragam Real Sociedad. (uefa.com)

Selain Agirretxe, David Zurutuza juga merupakan jebolan akademi Real Sociedad. Usaha kerasnya di akademi membuahkan hasil ketika ia dipromosikan ke tim utama pada 2009/2010. Sebelumnya, pada 2007/2008, ketika masih membela Real Sociedad B, ia sempat dipinjamkan ke SD Eibar.

Perjalanan panjang pemain kelahiran Rochefort, Prancis, itu bersama Real Sociedad berhenti ketika ia memutuskan pensiun pada musim panas 2020. Saat itu, ia berusia 34 tahun. Bersama Real Sociedad, ia mencatatkan 303 pertandingan dan mengoleksi 22 gol dan 22 assist sebagai gelandang.

Baca Juga: 5 Pembelian Termahal Real Sociedad Sepanjang Masa

3. Miguel Ángel Moyá

5 Pemain Terakhir yang Pensiun di Real Sociedad, David Silva TerbaruMiguel Ángel Moyá (twitter.com/ChampionsLeague)

Memulai kerier profesional bersama RCD Mallorca, Miguel Ángel Moyá malang-melintang di sepak bola Spanyol. Selain RCD Mallorca, ia juga pernah bermain untuk Valencia, Getafe, Atletico Madrid, dan Real Sociedad, yang sekaligus menjadi klub terakhirnya sebelum ia pensiun pada 2021. Saat itu, ia berusia 37 tahun.

Pemain yang memiliki nama lengkap Miguel Ángel Moyà Rumbo itu sempat menjadi penjaga gawang utama Atletico Madrid pada 2014/2015. Ia juga turut mengantarkan Los Rojiblancos menjuarai Liga Europa pada 2017/2018. Sementara itu, bersama Real Sociedad, ia meraih trofi Copa del Rey pada 2019/2020.

4. Nacho Monreal

5 Pemain Terakhir yang Pensiun di Real Sociedad, David Silva TerbaruNacho Monreal (instagram.com/nachomonreal_)

Selanjutnya ada mantan pemain Arsenal. Nacho Monreal memulai kariernya di Osasuna pada 2006/2007 saat berusia 20 tahun. Sebelum membela Real Sociedad pada 2019/2020, ia sempat bermain untuk Malaga dan Arsenal. Bersama The Gunners, ia berhasil mengoleksi 3 trofi Piala FA dan 3 trofi Community Shield.

Pemain yang biasa bermain sebagai bek kiri itu memutuskan untuk pensiun pada musim panas 2022. Selama 3 musim bersama Real Sociedad, ia mencatatkan 69 pertandingan dan mencetak 4 gol dan 1 assist di semua ajang. Sebuah trofi Copa del Rey juga berhasil ia menangi pada 2019/2020.

5. David Silva

5 Pemain Terakhir yang Pensiun di Real Sociedad, David Silva TerbaruDavid Silva (instagram.com/david21lva)

David Silva memutuskan untuk pensiun dari sepak bola profesional pada musim panas 2023. Cedera yang didapat pada sesi pramusim bersama Real Sociedad menjadi salah satu penyebabnya. Pemain berusia 37 tahun itu sebenarnya masih menyisakan kontrak selama satu tahun.

Memulai karier profesional bersama Valencia pada 2004, ia lalu menjelma menjadi salah satu pemain top dunia. Bersama Manchester City pada 2010—2020, ia berhasil meraih 4 trofi English Premier League (EPL). Capaiannya bersama Timnas Spanyol lebih hebat lagi. Pada 2010, ia berhasil meraih trofi Piala Dunia yang saat itu diadakan di Afrika Selatan.

Silva memutuskan pensiun setelah mendapat cedera ligamen lutut di sesi pramusim. Beberapa pemain top tercatat pernah menderita cedera mengerikan itu. Mereka di antaranya Ruud van Nistelrooy, Radamel Falcao, dan Zlatan Ibrahimovic.

Baca Juga: 6 Pelatih Paling Sering Mainkan David Silva di Level Klub

Firdaus Ala Illiyyin Photo Verified Writer Firdaus Ala Illiyyin

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya