5 Pemain Terakhir Lakoni Debut Timnas Inggris, Ada Rico Lewis

Timnas Inggris baru saja lolos ke babak final Euro 2024

Inggris menjalani dua laga pada November 2023. Dari 2 laga yang merupakan Kualifikasi Euro 2024 tersebut, The Three Lions berhasil meraih 1 kemenangan dan 1 hasil seri. Setelah mampu mengungguli Malta dengan skor 2-0, Harry Kane dan kawan-kawan ditahan imbang oleh Makedonia Utara dengan skor 1-1.

Terdapat fakta menarik dari komposisi pemain Inggris dalam dua pertandingan itu. Ada Cole Palmer yang melakoni debut dalam laga melawan Malta, ada juga pemain muda Manchester City, Rico Lewis, yang diberi kesempatan oleh Gareth Southgate untuk mencatatkan menit pertamanya bersama The Three Lions dalam laga melawan Makedonia Utara. Dengan begitu, mereka menyusul 3 nama lain yang lebih dulu melengkapi 5 pemain terakhir yang debut bersama Timnas Inggris. Siapa saja mereka?

1. Eberechi Eze bermain selama 20 menit dalam laga debutnya

5 Pemain Terakhir Lakoni Debut Timnas Inggris, Ada Rico LewisEberechi Eze (instagram.com/eze)

Eberechi Eze merupakan gelandang serang yang saat ini bermain untuk Crystal Palace. Permainan impresifnya bersama klub berjuluk The Eagles tersebut mampu membuat Gareth Southgate terkesan. Pemain yang pernah menimba ilmu di akademi Arsenal itu pun mendapat kesempatan untuk debut bersama The Three Lions saat laga melawan Malta pada, Jumat (16/6/2023).

Eze bermain selama 20 menit dalam laga itu. Ia masuk pada menit 70 menggantikan James Maddison. Kala itu, dua gol yang dicetak Harry Kane dan Callum Wilson membawa The Three Lions meraih kemenangan.

Baca Juga: 4 Pemain Crystal Palace yang Kini Aktif Membela Timnas Inggris

2. Levi Colwill bermain penuh pada laga debutnya saat Inggris mengalahkan Australia dengan skor 1-0

5 Pemain Terakhir Lakoni Debut Timnas Inggris, Ada Rico LewisLevi Colwill (instagram.com/levicolwill)

Brighton & Hove Albion mampu tampil mengesankan pada 2022/2023. Beberapa pemain pun mampu mencuri perhatian. Levi Colwill salah satunya. Terkesan dengan performanya di level klub, Gareth Southgate pun memberinya debut bersama Timnas Inggris.

Debut pemain yang kini membela Chelsea itu terjadi pada, Jumat (13/10/2023). Dalam laga persahabatan melawan Australia itu, ia tampil penuh selama 90 menit. Three Lions berhasil menang dengan skor 1-0 lewat gol dari Ollie Watkins saat itu.

3. Eddie Nketiah belum mendapat kesempatan bermain lagi sejak debut

5 Pemain Terakhir Lakoni Debut Timnas Inggris, Ada Rico LewisEddie Nketiah (instagram.com/eddienketiah)

Eddie Nketiah menjadi salah satu nama dalam daftar ini. Striker Arsenal itu mencatatkan debut bersama The Three Lions dalam laga melawan Australia pada, Jumat (13/10/2023). Dalam laga itu, ia bermain sebagai pemain pengganti.

Pemain berusia 24 tahun itu masuk pada menit 73. Ia menggantikan satu-satunya pemain yang mencetak gol di pertandingan tersebut, Ollie Watkins. Sayangnya, ia belum diberi kesempatan lagi untuk membela The Three Lions. Dalam ajang Kualifikasi Euro 2024, Gareth Southgate masih mengandalkan Harry Kane sebagai sosok penyerang tengah.

4. Bermain apik di level klub, Cole Palmer catatkan debut dalam ajang Kualifikasi Euro 2024

5 Pemain Terakhir Lakoni Debut Timnas Inggris, Ada Rico LewisCole Palmer (instagram.com/colepalmer10)

Cole Palmer sejatinya bermain cukup baik dalam beberapa laga ketika masih membela Manchester City. Meski begitu, ia menerima tawaran Chelsea demi mendapat menit bermain reguler. Keputusan itu tampaknya tak sia-sia. Di bawah asuhan Mauricio Pochettino, ia tampil impresif hingga dipanggil untuk membela The Three Lions.

Menit pertamanya bersama The Three Lions datang dalam laga melawan Malta pada, Jumat (17/11/2023). Ia masuk dari bangku cadangan menggantikan Marcus Rashford pada menit 61. Jika mampu terus bermain apik bersama Chelsea, Gareth Southgate tentu tak akan ragu untuk terus memberinya menit bermain bersama tim nasional.

5. Rico Lewis jalani debut di usia 18 tahun 11 bulan 30 hari

5 Pemain Terakhir Lakoni Debut Timnas Inggris, Ada Rico LewisRico Lewis (mancity.com)

Rico Lewis menjadi pemain terbaru yang melakoni debut bersama Timnas Inggris. Pada laga terakhir di ajang Kualifikasi Euro 2023 melawan Makedonia Utara, Senin (20/11/2023), ia bermain selama 90 menit sebagai bek kiri. Usianya saat itu masih 18 tahun 11 bulan 30 hari.

Bersama Manchester City di musim ini, ia telah tampil dalam 10 pertandingan dan mengoleksi 2 assist. Prestasinya ketika bermain untuk kelompok umur juga cukup mentereng. Bersama Manchester City U-21, ia pernah menjuarai Premier League sebanyak 2 kali.

Dua laga pada November 2023 tersebut sekaligus mengantarkan Timnas Inggris lolos ke babak final Euro 2024. Kompetisi tersebut akan dilaksanakan di Jerman. Timnas Inggris yang saat ini dipenuhi beberapa pemain bintang tentu berambisi untuk meraih trofi juara pada turnamen edisi kali ini. Mampukah mereka menuntaskan impian tersebut?

Baca Juga: 5 Pemain Muda Berpotensi jadi Andalan Timnas Inggris

Firdaus Ala I Photo Verified Writer Firdaus Ala I

Suka nonton Highlight Ajax Amsterdam sewaktu kecil, tapi jadi fans MU pada akhirnya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya