5 Pemain Termuda yang Digaet Klub EPL pada Musim Panas 2023

Dua pemain merupakan rekrutan Chelsea

Bursa transfer musim panas 2023 berlangsung seru di Eropa. Itu termasuk pergerakan klub-klub English Premier League (EPL). Klub Inggris tak hanya bersaing di dalam lapangan, tetapi juga di luar lapangan. Persaingan mereka untuk mendapatkan pemain terbaik demi skuad yang berkualitas tidak kalah dari siapa pun.

Sejumlah pemain berhasil didatangkan klub EPL pada musim panas 2023 untuk mengarungi musim 2023/2024. Selain pemain top, beberapa pemain yang masih berusia muda juga patut mendapat perhatian. Berikut lima pemain termuda yang digaet klub EPL pada musim panas 2023.

1. Adrian Mazilu akan bergabung dengan Brighton & Hove Albion pada pertengahan musim

5 Pemain Termuda yang Digaet Klub EPL pada Musim Panas 2023Adrian Mazilu (instagram.com/adimazilu10)

Pergerakan transfer Brighton & Hove Albion pada musim panas 2023 tampak cukup aktif. Setelah mampu tampil apik di Premier League 2022/2023, The Seagulls ditinggal beberapa pemain pentingnya. Meski begitu, klub asuhan Roberto De Zerbi itu telah merekrut sejumlah pemain baru.

Adrian Mazilu menjadi salah satu rekrutan terbaru Brighton pada 2023/2024. Meski telah  sepakat untuk hengkang ke Brighton, pemain kelahiran 13 September 2025 ini baru akan bergabung dengan Kaoru Mitoma dan kawan-kawan pada pertengahan musim. Oleh The Seagulls, penyerang sayap ini direkrut dari klub kasta tertinggi Romania, FCV Farul Constanta.

2. Ashley Phillips diikat kontrak Tottenham Hotspur hingga 2028

5 Pemain Termuda yang Digaet Klub EPL pada Musim Panas 2023Ashley Phillips (instagram.com/ashphillips05)

Tottenham Hotspur berhasil mendapatkan tanda tangan bek Inggris U-19. Ashley Phillips direkrut dari klub kasta kedua Inggris, Blackburn Rovers. The Lilywhites mengikatnya dengan kontrak jangka panjang, yang berlaku hingga 2028.

Musim 2022/2023 merupakan musim pertamanya merumput sebagai pemain profesional. Pemain kelahiran 25 Juni 2025 ini dipromosikan ke tim utama Blackburn Rovers dari tim U-18 pada musim panas 2022. Selama semusim itu, ia berhasil mencatatkan 19 pertandingan di berbagai ajang.

Baca Juga: 5 Pemain Termuda yang Direkrut Real Madrid Sedekade Terakhir

3. Deivid Washington direkrut Chelsea dari Santos seharga 16 juta euro

5 Pemain Termuda yang Digaet Klub EPL pada Musim Panas 2023Deivid Washington (instagram.com/deividwashington_)

Chelsea melakukan perombakan skuad pada musim panas 2023. Dari banyaknya pemain yang didatangkan The Blues, Deivid Washington salah satunya. Ia direkrut dari klub asal Brasil, Santos, dengan biaya sebesar 16 juta euro atau sekitar Rp262 miliar.

Pemain berusia 18 tahun ini baru dipromosikan ke tim utama Santos pada April 2023. Belum genap semusim membela tim utama, ia telah mencatatkan 16 pertandingan di berbagai ajang. Berposisi utama sebagai striker, ia juga mengoleksi dua gol yang salah satunya berhasil dicetak ke gawang Vasco da Gama.

4. Enso Gonzalez digaet Wolverhampton Wanderers dari klub Paraguay

5 Pemain Termuda yang Digaet Klub EPL pada Musim Panas 2023Enso González (wolves.co.uk)

Wolverhampton Wanderers menambah kedalaman skuad dengan mendatangkan seorang pemain berusia 18 tahun. Enso Gonzalez direkrut dari klub Paraguay, Libertad. Wolves memboyongnya dengan biaya sebesar 6 juta euro atau sekitar Rp98 miliar dengan durasi kontrak hingga 2029.

Bersama Libertad pada 2022/2023, Enso mendapat menit bermain yang cukup banyak sebagai pemain muda. Selama semusim, ia mencatatkan 30 pertandingan dan mencetak 3 gol dan 2 assist. Berposisi utama sebagai penyerang sayap, ia juga beberapa kali dimainkan di lini tengah sebagai seorang gelandang.

5. Angelo dipinjamkan Chelsea kepada klub Ligue 1 Prancis

5 Pemain Termuda yang Digaet Klub EPL pada Musim Panas 2023Angelo (instagram.com/angelogabriel)

Selain Deivid Washington, Chelsea juga merekrut Angelo dari Santos. Pemain kelahiran 21 Desember 2024 ini diboyong dengan harga sebesar 15 juta euro atau sekitar Rp246 miliar. Pemain yang biasa bermain sebagai penyerang sayap ini telah membela tim utama Santos sejak dipromosikan pada 2021.

Meski begitu, Angelo harus menunda kesempatan untuk merumput di kasta tertinggi Inggris lantaran langsung dipinjamkan ke klub lain. Oleh The Blues, ia dipinjamkan ke klub Prancis, RC Strasbourg Alsace. Hingga pekan ketiga Ligue 1 Prancis 2023/2024, Angelo telah turun dalam tiga pertandingan.

Ketatnya persaingan di English Premier League tentu akan membuat para pemain tersebut berjuang lebih keras demi mendapat kepercayaan dari pelatih. Menjalani masa peminjaman seperti Angelo bisa menjadi opsi untuk menambah menit bermain dan lebih siap ketika kembali ke klub asal. Dari sejumlah pemain di atas, siapakah yang akan bersinar?

Baca Juga: Gavi, Pemain Termuda dengan 100 Penampilan buat Barcelona

Firdaus Ala I Photo Verified Writer Firdaus Ala I

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya