5 Pencetak Gol Terbanyak dalam Sejarah Kualifikasi Euro, Ada Lukaku!

Romelu Lukaku lewati capaian Zlatan Ibrahimović

Beberapa pemain tampil memukau sepanjang gelaran Kualifiasi Euro 2024. Tujuan utamanya tentu untuk membawa negaranya tampil di kompetisi yang akan dilaksanakan di Jerman pada Juni—Juli 2024. Romelu Lukaku menjadi salah satu pemain yang paling mencolok sepanjang Kualifikasi Euro 2024.

Striker berusia 30 tahun itu tampil tajam di lini depan Belgia. Lukaku menjadi pencetak gol terbanyak dengan 14 gol, mengungguli beberapa penyerang top, seperti Cristiano Ronaldo dengan 10 gol dan Kylian Mbappe dengan 9 gol. Dengan jumlah golnya itu, kini Lukaku berada di jajaran lima pemain dengan koleksi gol terbanyak dalam sejarah Kualifikasi Euro.

1. Cristiano Ronaldo telah mencetak 41 gol dari 44 pertandingan

5 Pencetak Gol Terbanyak dalam Sejarah Kualifikasi Euro, Ada Lukaku!Cristiano Ronaldo (fifa.com)

Cristiano Ronaldo menjadi pemuncak dalam daftar ini. Sepanjang kariernya, ia telah tampil dalam 6 edisi berbeda. Pemain Al-Nassr itu hingga kini telah mencetak 41 gol dari 44 pertandingan.

Salah satu penampilan terbaiknya di Kualifikasi Euro terjadi pada Selasa (10/9/2019). Bertandang ke markas Lithuania, ia mampu mencetak 4 dari 5 gol Portugal. Pada pertandingan itu, Ronaldo dan kawan-kawan membawa pulang tiga poin setelah menang dengan skor 1-5.

2. Harry Kane hanya mengalami 1 kekalahan dari 21 penampilan

5 Pencetak Gol Terbanyak dalam Sejarah Kualifikasi Euro, Ada Lukaku!Harry Kane (instagram.com/harrykane)

Harry Kane telah cukup lama menjadi andalan di lini depan Timnas Inggris. Sepanjang kariernya, ia telah mencetak 23 gol dari 21 pertandingan dalam ajang ini. Rekor kemenangannya dalam ajang ini juga cukup mengesankan.

Dari 21 pertandingan, striker Bayern Munich hanya mengalami 1 kekalahan. Satu-satunya kekalahan itu terjadi saat The Three Lions menghadapi Republik Ceko pada Jumat (11/10/2019). Satu gol yang ia cetak tak mampu menghindarkan dari kekalahan. Di akhir pertandingan, Republik Ceko menang dengan skor 2-1.

Baca Juga: 3 Klub Bundesliga Pertama Korban Hattrick Harry Kane

3. Robbie Keane tampil dalam 8 edisi berbeda

5 Pencetak Gol Terbanyak dalam Sejarah Kualifikasi Euro, Ada Lukaku!Robbie Keane (lagalaxy.com)

Robbie Keane merupakan mantan pemain Liverpool berkebangsaan Irlandia. Jumlah golnya dalam ajang ini sama dengan Harry Kane, yaitu 23 gol. Bedanya, jumlah penampilan Keane dalam ajang ini lebih banyak dari kapten Timnas Inggris.

Pria yang kini menjadi pelatih salah satu klub Israel itu tampil dalam 8 edisi berbeda. Sepanjang kariernya, ia tampil dalam 44 pertandingan di ajang ini. Salah satu penampilan terbaiknya terjadi pada Sabtu (11/10/2014). Dalam pertandingan melawan Gibraltar, ia mencetak 3 gol dan 2 assist dan membawa Irlandia menang dengan skor 7-0.

4. Robert Lewandowski langsung tampil impresif pada penampilan pertama di ajang ini

5 Pencetak Gol Terbanyak dalam Sejarah Kualifikasi Euro, Ada Lukaku!Robert Lewandowski (fifa.com)

Robert Lewandowski  menjadi tumpuan di lini depan Polandia di berbagai ajang. Sepanjang kariernya, ia mencatatkan 26 penampilan dalam 3 edisi berbeda di ajang ini. Sebanyak 22 gol telah ia ciptakan.

Pertandingan pertamanya dalam ajang ini menjadi salah satu penampilan terbaiknya. Melawan Gibraltar pada Minggu (7/9/2014), ia membawa Polandia menang dengan skor 0-7. Striker Barcelona itu berhasil mencetak 4 gol dan 1 assist.

5. Romelu Lukaku lewati capaian Zlatan Ibrahimović

5 Pencetak Gol Terbanyak dalam Sejarah Kualifikasi Euro, Ada Lukaku!Romelu Lukaku (instagram.com/romelulukaku)

Romelu Lukaku tampil ganas pada pertandingan terakhir grup F Kualifikasi Euro 2024. Menghadapai Azerbaijan, ia mencetak 4 dari 5 gol Belgia. Empat gol itu membawanya melampaui koleksi gol beberapa pemain sekaligus sepanjang sejarah Kualifikasi Euro, Zlatan Ibrahimović salah satunya. Kini, Lukaku telah mengoleksi 21 gol dari 24 penampilan di selama berlaga di ajang ini.

Ibrahimovic mencatatkan 19 gol dari 31 penampilan sepanjang kariernya. Selain itu, ia juga melampaui capaian mantan penyerang top Belanda, Klaas-Jan Huntelaar. Mantan pemain Real Madrid itu mengoleksi 18 gol dari 20 penampilan.

Euro 2024 akan dilaksanakan di Jerman dari Jumat (14/6/2024) hingga Minggu (14/6/2024). Deretan pemain top akan tampil dalam ajang itu, Romelu Lukaku salah satunya.

Baca Juga: Daftar Topskorer Kualifikasi Euro 2024, Lukaku Dominan

Firdaus Ala I Photo Verified Writer Firdaus Ala I

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya