5 Pencetak Gol Termuda AC Milan Sedekade Terakhir, Ada Chaka Traore!

Salah satunya kini jadi andalan Juventus

AC Milan dipastikan melaju ke babak perempat final Coppa Italia 2023/2024. Hasil itu setelah Rossoneri berhasil menyingkirkan Cagliari di babak 16 besar. Christian Pulisic dkk. berhasil menang meyakinkan dengan skor 4-1.

Empat gol AC Milan di laga itu dicetak oleh tiga pemain berbeda. Luka Jovic yang tampil penuh sebagai ujung tombak mencetak dua gol. Chaka Traore yang dipasang sebagai winger kiri mencetak satu gol. Selain itu, ada Rafael Leao yang masuk menggantikan Traore pada menit 70 turut mencatatkan namanya di papan skor dengan mencetak gol terakhir AC Milan.

Satu gol yang dicetak Chaka Traore di laga itu pantas mendapat perhatian lebih. Pasalnya, dalam laga yang digelar di San Siro tersebut, Chaka Traore masih berusia 19 tahun 10 hari. Satu golnya ke gawang Boris Radunović menjadikannya sebagai salah satu pencetak gol termuda AC Milan selama sedekade terakhir.

Termasuk Chaka Traore, siapa lagi lima pencetak gol termuda AC Milan dalam sedekade terakhir ini?

1. Lorenzo Colombo (18 tahun 6 bulan 16 hari) menjadi pencetak gol termuda AC Milan sedekade terakhir

5 Pencetak Gol Termuda AC Milan Sedekade Terakhir, Ada Chaka Traore!Lorenzo Colombo saat menjebol gawang FK Bodø/Glimt di Kualifikasi Liga Europa pada 2020. (acmilan.com)

Lorenzo Colombo masih memegang rekor sebagai pencetak gol termuda AC Milan selama sedekade terakhir. Gol itu tercipta ketika AC Milan bertemu dengan FK Bodø/Glimt di Kualifikasi Liga Europa, Kamis (24/9/2020). Pada laga itu, Rossoneri menang dengan skor 3-2.

Colombo yang kala itu masih berusia 18 tahun 6 bulan 16 hari tampil sebagai ujung tombak dan mampu mencetak satu gol. Dua gol AC Milan lainnya dicetak oleh pemain yang kini membela Inter Milan, Hakan Çalhanoğlu. Sedangkan dua gol Bodø/Glimt dicetak oleh Jens Petter Hauge dan striker yang kini membela Urawa Reds, Kasper Junker.

Baca Juga: 4 Pemain Akademi AC Milan yang Melakoni Debut Senior pada 2023/2024

2. Jan-Carlo Simic (18 tahun 7 bulan 15 hari) mencetak gol di laga debutnya bersama tim utama AC Milan

5 Pencetak Gol Termuda AC Milan Sedekade Terakhir, Ada Chaka Traore!Jan-Carlo Simic melakukan selebrasi setelah menjebol gawang AC Monza di Serie A 2023/2024. (acmilan.com)

Jan-Carlo Simic merupakan pemain yang kini membela AC Milan U-19. Ia direkrut dari Stuttgart U-19 pada musim panas 2022. Meski begitu, ia telah mencatatkan 4 penampilan dan mencetak 1 gol bersama tim utama AC Milan.

Sejauh ini, satu-satunya gol yang telah dicetak Simic untuk tim utama AC Milan tercipta dalam pertandingan melawan AC Monza di Serie A 2023/2024, Minggu (17/12/2023). Ia yang saat itu berusia 18 tahun 7 bulan 15 hari masuk sebagai pemain pengganti pada menit 24 untuk mencetak gol pada menit 41. Dalam laga yang juga merupakan debut Simic bersama tim utama AC Milan itu, Rossoneri mampu menang dengan skor 3-0.

3. Manuel Locatelli (18 tahun 8 bulan 24 hari) mencetak 1 gol ketika AC Milan menang atas Sassuolo di Serie A 2016/2017

5 Pencetak Gol Termuda AC Milan Sedekade Terakhir, Ada Chaka Traore!Manuel Locatelli (instagram.com/locamanuel73)

Manuel Locatelli merupakan pemain jebolan akademi AC Milan. Sayangnya, selama membela tim utama, ia kurang mendapat menit bermain dan lebih sering dipinjamkan ke tim lain. Kini, ia menjadi salah satu pilar andalan Juventus.

Locatelli tercatat sebagai salah satu pencetak gol termuda AC Milan selama sedekade terakhir. Gol yang menorehkan sejarah itu tercipta ketika AC Milan mengalahkan Sassuolo dengan skor 4-3 pada Serie A 2016/2017. Berusia 18 tahun 8 bulan 24 hari, ia masuk sebagai pemain pengganti dan langsung memberi sumbangsih 1 gol pada laga itu.

4. Bryan Cristante (18 tahun 10 bulan 3 hari) mencetak 1 gol ketika AC Milan mengalahkan Atalanta dengan skor 3-0 di Serie A 2013/2014

5 Pencetak Gol Termuda AC Milan Sedekade Terakhir, Ada Chaka Traore!Bryan Cristante (instagram.com/bryancristante)

Bryan Cristante adalah pemain yang telah membela AS Roma sejak 2018. Saat masih berusia 18 tahun 10 bulan 3 hari, ia masih bermain untuk AC Milan. Kala itu, ia sempat mencetak 1 gol ketika AC Milan mengalahkan Atalanta dengan skor 3-0 di Serie A 2013/2014 ketika dua gol AC Milan lainnya dicetak oleh Kaka.

Bryan Cristante sendiri memang hanya semusim membela AC Milan. Sejak hengkang pada musim panas 2014, ia sempat membela beberapa klub berbeda sebelum akhirnya merapat ke AS Roma. Deretan klub tersebut, antara lain Benfica, Palermo, Pescara, dan Atalanta. Secara total, bersama Rossoneri ia hanya tampil dalam 5 pertandingan dan mencatat 1 gol dan 1 assist.

5. Chaka Traorè mencetak gol pertama untuk AC Milan saat masih berusia 19 tahun 10 hari

5 Pencetak Gol Termuda AC Milan Sedekade Terakhir, Ada Chaka Traore!Chaka Traorè (acmilan.com)

Chaka Traorè turut membawa AC Milan lolos ke babak perempat final Coppa Italia 2023/2024. Stefano Pioli mengistirahatkan beberapa pemain andalannya di laga itu. Chaka Traore pun mendapat kesempatan emas dan bermain sejak menit pertama di sisi kiri lini serang.

Secara total bersama tim utama AC Milan, ia telah tampil dalam 3 pertandingan dan mencetak 1 gol. Jika mampu terus bermain apik, bukan tidak mungkin Pioli bakal memberikan menit bermain yang lebih banyak untuk memberinya jam terbang. Tentu ia juga perlu membuktikan diri bahwa ia memang layak bersaing dengan jajaran winger yang telah dimiliki oleh AC Milan saat ini.

Satu gol yang dicetak Traore di perempat final Coppa Italia 2023/2024 tentu menjadi modal yang apik di laga-laga selanjutnya. Beberapa nama pencetak gol termuda AC Milan dalam sedekade terakhir mampu bersinar. Apakah Chaka Traore juga berhasil mengikuti jejak mereka?

Baca Juga: Chaka Traore, Imigran Ilegal yang Bikin Debut Fantastis di AC Milan

Firdaus Ala I Photo Verified Writer Firdaus Ala I

Loving football since 6

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya